Kementerian Pertanian Bersama PT. PUSRI Palembang Siap Bekerjasama dalam Peningkatan Kapasitas SDM Pertanian – Tani Modern

PALEMBANG – Dalam rangka meningkatkan pembangunan pertanian khususnya di wilayah Sumatera Selatan (Sumbagsel), Kementerian Pertanian menandatangani Perjanjian Kerjasama (PKS) melalui Balai Diklat Pertanian Lampung bekerjasama dengan PT Pupuk Sriwidjaja (PUSRI) Palembang. Meningkatkan kompetensi dan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian.

Penandatanganan PKS dilakukan langsung oleh SVP Transformasi Bisnis PT PUSRI Palembang, Fakhrurrazi, dan Kepala Balai Diklat Pertanian Lampung, Abdul Roni Lift, Kamis (14/4/2022).
Penandatanganan perjanjian kerjasama yang berlangsung di kantor pusat PT PUSRI Palembang itu juga disaksikan oleh Direktur Utama PT PUSRI, Tri Wahyudi Saleh. Turut hadir Kepala SMKN Sembawa Yudi Astoni.

Pada acara ini disepakati bahwa Kementerian Pertanian akan mendukung pengembangan SDM pertanian di Sumsel melalui Balai Latihan Pertanian (BPP) Lampung yang juga merupakan wilayah kerja Balai Latihan Pertanian Lampung. Meliputi Provinsi Lampung, Sumatera Selatan, Bengkulu dan Kepulauan Bangka Belitung.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menegaskan, sumber daya manusia memegang peranan penting dalam pembangunan pertanian Indonesia.

“Salah satu prioritas kami adalah meningkatkan kualitas SDM pertanian. Dengan SDM yang berkualitas, kita bisa membangun pertanian Indonesia yang maju, mandiri dan modern,” ujar SYL.

Hal senada disampaikan Kepala BPPSDMP Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi. Menurutnya, kata kunci pembangunan pertanian di Indonesia adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia pertanian.

“Kapasitas sumber daya manusia merupakan pengungkit pertama dan terpenting bagi Indonesia untuk swasembada pangan,” kata Dedi. Sementara itu, Kepala Balai Diklat Pertanian Lampung Abdul Roni Lift mengatakan Balai Diklat Pertanian Lampung bersedia mendukung dan bekerjasama dengan PT PUSRI Palembang untuk meningkatkan SDM pertanian.

“Kementerian Pertanian harus bekerja sama dengan semua pihak untuk meningkatkan SDM petani dan mencapai terobosan modernisasi pertanian. Kami berharap kerjasama ini dapat melahirkan kaderisasi petani muda, berdaya saing dan segar untuk menghadapi transformasi digital,” ujar Abdul Roni Lift.

Pada kesempatan ini, PT PUSRI Palembang mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dan juga Kepala BPPSDMP Kementerian Pertanian Dedi Nursyamsi atas dukungannya sehingga kerjasama ini dapat terlaksana.

“Kami berharap Dinas Pertanian bersama PT. PUSRI dapat saling mendukung untuk mencapai tujuan pembangunan pertanian dan mencapai kesejahteraan bersama,” kata Fakhrurrazi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.