budidaya ikan makarel

Cara Memulai Bisnis Budidaya Ikan Makarel yang Menguntungkan

Pada umumnya, ikan makarel tidak begitu terkenal di masyarakat Indonesia. Ikan ini termasuk dalam kelompok ikan pelagis yang hidup di laut lepas. selanjutnya, ikan makarel merupakan salah satu jenis ikan laut yang memiliki kandungan protein, omega 3 yang bagus untuk tubuh. Sehingga banyak orang tertarik untuk budidaya ikan makarel.

Peluang usaha ikan makarel cukup menjanjikan dan menguntungkan. Karena permintaan ikan makarel dari waktu ke waktu selalu meningkat. Bagi Anda yang ingin mengetahui tentang bisnis ikan makarel lebih dalam bisa simak artikel ini

Pengertian Ikan Makarel

Ikan makarel merupakan sebutan dari sekelompok ikan laut berasal dari famili Scombridae. Uniknya dari ikan ini yaitu mampu menyelam dalam kedalaman lebih dari 1.000 meter. Ikan makarel sirip biru memiliki ukuran kebih besar. 

Ikan ini menaikkan suhu darahnya dengan aktivitas otot saat berada di atas suhu air. Sehingga dengan kemampuan ikan seperti itu bisa membuat ikan bertahan lebih lama. Ikan yang menjadi peluang ekonomi pasar cukup baik ini biasa untuk hidangan makanan ataupun menjadi sarden.

Ikan makarel lebih suka berada di daerah dangkal. Seperti bagian yang ada batu karangnya menjadi habitat yang cocok untuk ikan ini. Cara reproduksi ikan makarel tergantung pada suhu pada masing-masing wilayah. Contohnya di perairan Australia, pada satu musim ikan ini bisa memijah beberapa kali.

Cara Budidaya Ikan Makarel

Bisnis peternakan ikan makarel menjadi salah satu bisnis yang tidak akan mati dan menguntungkan. Untuk memulai bisnis budidaya ikan makarel tidak begitu sulit. Hal ini, bisa Anda lakukan dengan modal kecil dan lahan yang kecil pula ikan ini sudah bisa dibudidaya.

  • Perawatan Anakan Ikan Makarel

Hal penting sebelum akan budidaya ikan makarel yaitu dengan melakukan proses perawatan anakan. Anda bisa mendapat benih ikan ini dengan menagkap ikan makarel di alam. Kemudian, Anda bisa membudidaya dengan pembesaran ikan makarel anakan.

Perlu mendapat perhatian yang bagus saat ikan makarel berada pada kolam, karena hal ini berpengaruh dengan tingkat kandungan lemak yang ada pada ikan hingga nanti ikan siap untuk dibudidaya dan bisa menghasilkan ikan makarel dengan rasa yang sedap.

  • Mempersiapkan Kolam

Setelah melakukan perawatan anakan ikan makarel, langkah selanjutnya yaitu persiapan media kolam. Selanjutnya, cara merawat kolam ikan makarel yaitu menggunakan media jaring apung yang biasanya diletakkan pada bagian dasar kolam yang menjadi alat pemeliharaan ikan makarel. 

Selain itu, Anda bisa menggunakan kolam resirkulasi tertuup yang bertujuan agar ikan makarel tidak bisa lolos. Namun, bagi sebagian pembudidaya kolam resirkulasi ini menggunakan listrik sehingga menambah ongkos cukup banyak.

  • Pemberian Pakan Ikan

Setelah merawat kolam ikan, hal lain yang menjadi perhatian khusus yaitu pemberian pakan ikan makarel. Dalam pemberian pakan ikan harus dilakukan dengan benar karena hal ini bertujuan agar ikan cepet tumbuh dan ukurannya bisa membesar.

Jenis pakan ikan yang bisa Anda gunakan saat budidaya ikan makarel yaitu berupa ikan teri. Sehingga, pakan ikan bisa Anda berikan secara rutin setidaknya tiga kali sehari yaitu pada waktu pagi, siang dan sore. Selanjutnya, pastikan agar ikan tidak memakan terlalu banyak, karena jika ikan makan terlalu banyak bisa menyebabkan ikan mati.

  • Proses Pemanenan Ikan

Proses pemanenan ikan merupakan tahap terakhir saat Anda budidaya ikan makarel. Kemudian, proses pemanenan bisa Anda lakukan dengan turun langsung ke kolam dengan menyiapkan keramba jaring tancap. 

Anda bisa melakukan proses pemanenan hingga ikan makarel tinggal sedikit. Setelah panen, Anda bisa melakukan pemilihan ikan makarel sesuai ukuran agar lebih mudah saat dijual untuk menentukan harganya.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai budidaya ikan makarel, semoga bisa dijadikan wawasan bagi Anda yang belum mengetahui gambaran tentang ikan makarel dan bisa dijadikan pengetahuan sebelum membudidaya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.