harga ikan nila

Iniliah 5 Jenis Ikan Nila Beserta Harga Ikan Nila Terbaru

kontenjempolan.id – Ikan nila merupakan ikan air tawar yang sudah lama dibudidaya di Indonesia. Selain dijadikan sebagai ikan hias dalam kolam, ikan nila juga banyak dikonsumsi bagi kebanyakan orang karena memiliki daging yang lezat. Selanjutnya, Harga ikan nila di pasaran juga cukup terjangkau.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu membeli ikan salmon yang mahal untuk memenuhi kebutuhan protein. Tetapi, Anda cukup konsumsi ikan nila dengan harga terjangkau. Sementara itu, sudah banyak orang yang membudidaya ikan ini, karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, namun mampu mendatangkan keuntungan yang menggiurkan.

Jenis Ikan Nila beserta Harganya di Pasaran

Ikan Nila menjadi salah satu ikan yang menjadi favorit di kalangan masyarakat, selanjutnya, selain memiliki rasa yang enak, ikan ini juga mudah dicari. Selanjutnya, penduduk Indonesia juga banyak yang membudidayakan ikan nila sebagai mata pencaharian.

Di sisi lain, pertumbuhan ikan nila juga sangat cepat. Berikut ini akan Kami ulas beberapa jenis ikan nila beserta harganya :

  • Ikan Nila Lokal

Yang pertama ada ikan nila lokal, Ikan nila ini memiliki ciri tubuh berwarna hitam keabu-abuan, kemudian di bagian perut serta dadanya berwarna kekuningan atau putih. Awalnya, jenis ikan nila ini berasal dari Taiwan, kemudian berkembang di daerah Sulawesi Utara yaitu Danau Tondano.

Jika Anda tidak bisa mengolahnya, saat ini sudah banyak rumah makan yang tersedia menu masakan ikan nila yaitu mulai dari digoreng, bakar, atau dimasak santan. Sementara itu, Harga ikan nila lokal berkisar mulai Rp 22.000,-. Kemudian, jika dijual di tempat makan harga kisaran Rp 20.000,- tergantung dari ukuran ikan tersebut.

  • Ikan Nila Merah

Yang kedua yaitu ikan nila merah, permintaan pasar untuk jenis ikan ini sangat tinggi, sehingga sebagian peternak banyak yang memilih untuk membudidaya ikan nila merah. Selain itu, pertumbuhan ikan nila merah lebih cepat serta memiliki harga yang lebih tinggi daripada ikan nila lokal.

Sebagai tambahan, ikan nila merah juga sering diekspor ke Amerika dengan metode fillet kemudian dibekukan terlebih dahulu. Selanjutnya, bagi Anda yang berwirausaha dengan membudidaya ikan nila merah bisa mendatangkan keuntungan tinggi. Untuk harga ikan nila merah yaitu sebanyak 8000 ekor ukuran 2-3cm bisa terjual sekitar Rp 1.250.000,-

  • Ikan Nila Larasati

Yang ketiga ada ikan nila larasati. Berbagai jenis ikan nila sangatlah beragam, hampir semuanya bisa menjadi hiasan kolam dan dikonsumsi. Di samping itu, Ikan nila larasati ini memiliki warna yang 90% mirip dengan ikan nila merah. Namun, ikan ini memiliki daging yang lebih tebal.

Sementara itu, ikan nila larasati sering menjadi hiasan kolam karena memiliki keindahan warna yang menarik. Selanjutnya, ada ikan hias nila kumpay yang memiliki ciri ekor panjang dan lebih banyak dipelihara daripada dikonsumsi. Untuk harga ikan nilai kumpay sekitar Rp 20.000,- hingga 50.000,-

  • Ikan Nila Srikandi

Yang keempat yaitu ikan nila srikandi, Jenis dari ikan nila srikandi ini memiliki kandungan yang kaya akan omega-3, protein maupun omega-6. Di samping itu, Jenis ikan ini memiliki harga jual yang hampir sama dengan ikan nila merah yaitu sekitar Rp 25.000,- per kg.

  • Harga Ikan Nila Gesit

Yang terakhir ada ikan nila gesit yaitu ikan yang memiliki daya tahan tubuh kuat. Jenis ikan nilai ini biasanya tumbuh hingga mencapai 8 cm dengan berat sekitar 600 gram. Di samping itu, pemeliharaan ikan nila gesit hanya membutuhkan kurun waktu sekitar 5bulan. Sehingga ikan nila gesit menjadi pilihan petambak untuk dibudidaya. Selanjutnya, harga ikan gesit sekitar Rp 27.000,-

Daftar Harga Ikan Nilai Terbaru

Berikut ini harga ikan nila dari beberapa kota yang memiliki harga beragam, harga ikan nila 1 kg di pasar 2022 masing-masing kota memiliki perbedaan walaupun tidak signifikan. Di samping itu, pemeliharaan ikan nila juga berbeda dari masing-masing kota.

Kota Harga Ikan Nila Per Kg
Padang Rp 24.000,-
Makasar Rp 25.000,-
Kalimantan Rp 30.000,-
Riau Rp 29.000,-
Bali Rp 28.000,-
Banten Rp 26.000,- 
Jakarta Rp 27.000,-
Jawa Tengah Rp 25.000,-

Demikianlah ulasan mengenai jenis ikan nila beserta harganya. Dari harga ikan nila yang tercantum di atas memiliki harga yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan pemeliharaan serta perawatan setiap jenisnya berbeda pula. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.