Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam SMP Kelas VII Kurikulum Merdeka Halaman 20-24, Bab I “Al-Qur’an Dan Sunah Sebagai Pedoman Hidup”

Kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam SMP Kelas VII Kurikulum Merdeka Halaman 20-24, Bab I “Al-Qur’an Dan Sunah Sebagai Pedoman Hidup”. Semoga Bermanfaat.

Contents

SOAL PILIHAN GANDA DAN ESAY

PILIHAN GANDA

1. Bagi umat Islam, Al-Qur’an merupakan pedoman hidup. Al-Qur’an merupakan pesan Ilahi untuk manusia dalam mencapai kebaikan hidup.
Al-Qur’an berfungsi untuk…..

A. Petunjuk dan penjelas bagi sesuatu yang harus diketahui, juga pembeda antara kebenaran dan kebatilan

B. Menerangkan serta menguatkan hukum-hukum yang terdapat dalam Hadis

C. Sebagai Bayān dan muhaqqiq (penjelas dan penguat)

D. Memberikan penguatan pada kehidupan sehari-hari

2. يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ أَطِيعُوا۟ ٱللَّهَ وَأَطِيعُوا۟ ٱلرَّسُولَ

lanjutan bacaan ayat tersebut adalah….

A. ذَٰلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا

B. فَإِن تَنَٰزَعْتُمْ فِى شَىْءٍ

C. وَأُو۟لِى ٱلْأَمْرِ مِنكُمْ

D. إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ

3. فَإِن تَنَٰزَعْتُمْ فِى شَىْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى ٱللَّهِ وَٱلرَّسُولِ إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ

Arti kalimat yang dicetak tebal adalah ….

A. Dan hari kemudian

B. Di kemudian hari

C. Akhir zaman

D. Hari akhir

4. Arti dari penggalan ayat وَهُدًى وَرَحْمَةً لِّقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ adalah ….

A. Dan menjadi petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman

B. Dan Kami tidak menurunkan kepadamu Al-Kitab

C. Kepada mereka apa yang mereka perselisihan

D. Melainkan agar kamu dapat menjelaskan

5. Kata yang artinya “taatilah Allah” yang tertulis di dalam Q.S. an-Nisā’/4:59 adalah terjemahan dari kata….

A. أَطِيعُوا۟ ٱللَّهَ

B. وَأَطِيعُوا۟

C. ٱلرَّسُولَ

D. وَأُو۟لِى ٱلْأَمْرِ

6. Perhatikan ayat berikut!

إِنَّمَا يُرِيدُ ٱلشَّيْطَٰنُ أَن يُوقِعَ بَيْنَكُمُ ٱلْعَدَٰوَةَ وَٱلْبَغْضَآءَ فِى ٱلْخَمْرِ وَٱلْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَن ذِكْرِ ٱللَّهِ وَعَنِ ٱلصَّلَوٰةِ فَهَلْ أَنتُم مُّنتَهُونَ

Pada ayat tersebut terdapat hukum bacaan Alif Lām Syamsiyyah sebanyak ….

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

7. Berikut menyajikan contoh hukum bacaan Alif Lām qamariyyah dan Alif Lām syamsiyah yang sering kita jumpai dalan Al-Qur’an.

اْلمَجْلِسَ 1
الضَّۤاِليّْنَ 2
اْلمُشْرِكِيْنَ 3
الرَّسُوْلَ 4

Contoh Hukum Bacaan alif lām qamariyyah dan alif lām syamsiyyah.
Yang merupakan contoh hukum bacaan Alif Lām qamariyyah….

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 2 dan 3

D. 2 dan 4

8. Pernyataan berikut merupakan contoh implementasi dari perilaku taat dalam kehidupan sehari-hari

1) Disiplin dan selalu menaati tata tertib sekolah.

2) Selalu taat kepada Allah subhanahu wata’ala, rasul dan pemimpin.

3) Senang mengikuti kompetensi yang diadakan oleh sekolah-sekolah lain.

4) Berlomba-lomba untuk mewujudkan kebersihan dan keindahan di sekolah.

5) Belajar dan berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mencapai cita-citanya.

Yang merupakan implementasi perilaku terpuji dalam kehidupan seharihari terkait dengan Q.S. an-Nisā’/4: 59 ditunjukkan pada nomor….

A. 1) dan 2)

B. 2) dan 3)

C. 3) dan 4)

D. 4) dan 5)

9. Ketika kalian menemukan permasalahan atau perselisihan pendapat, masing-masing menganggap dirinya paling benar atas pendapatnya, maka sikap kalian yang benar….

A. Tidak perlu diselesaikan karena keduanya ingin menang

B. Membela salah satu dari mereka yang dianggap benar

C. Berusaha mencari titik temu dari perbedaan tersebut

D. Melaporkan kepada pihak yang berwajib

10. Ulil amri adalah pemimpin, siapapun pemimpinnya harus kita taati selama tidak memerintahkan untuk berbuat maksiat. Yang tidak termasuk ulil amri sesuai makna Q.S. an-Nisā’/4: 59 adalah….

A. Ketua kelas

B. Kepala desa

C. Wali kota/ bupati

D. Paguyuban

SOAL ESAY

1. Kita diperintahkan untuk untuk patuh dan taat kepada Allah subhanahu wata’ala Taat kepada Allah subhanahu wata’ala adalah mengikuti ajaran Al-Qur’an, sedangkan taat kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dengan mengamalkan sunahnya, begitu pula menaati ulil amri.
Tuliskan dalil naqli yang menjelaskan kewajiban kita untuk taat kepada Allah subhanahu wata’ala, rasul dan ulil amri!

Jawaban :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ أَطِيعُوا۟ ٱللَّهَ وَأَطِيعُوا۟ ٱلرَّسُولَ وَأُو۟لِى ٱلْأَمْرِ مِنكُمْ ۖ فَإِن تَنَٰزَعْتُمْ فِى شَىْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى ٱللَّهِ وَٱلرَّسُولِ إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ ۚ ذَٰلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا

2. Mengapa sebagai seorang muslim yang baik, harus menaati ulil amri selama kebijakan mereka tidak bertentangan dengan Al-Qur’an dan Hadits?

Jawaban:

Mentaati pimpinan menjadi kewajiban orang yang beriman. Ketaatan tersebut bermanfaat yang besar untuk umat yang sesuai dengan ajaran Islam.

3. Alif lam Qamariyyah merupakan Alif lam yang berhadapan dengan salah satu huruf Alif Lām Qamariyyah. Tuliskan hukum bacaan Alif Lām Qamariyyah yang ada pada Q.S. an-Naḥl/16: 64 ! Berikan alasannya!

Jawaban:

ٱلْكِتَٰبَ karena alif lām bertemu dengan huruf kaf (كِ)

4. Buatlah peta konsep tentang perbedaan sunah, hadits, aṡar, dan khabar!

Jawaban:

PETA KONSEP

Sunah adalah semua yang bersumber dari Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam baik perkataan, perbuatan, taqrir̅ , tabiat, budi pekerti atau perjalanan hidupnya.

Hadits adalah perkataan, perbuatan, dan taqrir̅ yang bersumber Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam. Ada pula ulama yang menyamakan sunah dengan Hadits.

Khabar adalah sesuatu yang berasal atau disandarkan kepada nabi dan selain nabi.

Aṡar adalah sesuatu yang disandarkan sahabat dan tabiin.

5. Jelaskan fungsi Hadist terhadap Al-Qur’an!

Jawaban:

Fungsi hadits terhadap Al-Qur’an adalah menetapkan dan memperkuat apa yang telah diterangkan di dalam Al-Qur’an, menafsirkan terhadap ayat-ayat yang masih mutlak dan memberikan pengkhususan terhadap ayat-ayat yang masih umum, memberikan kepastian hukum Islam yang tidak ada di Al-Qur’an dan membatalkan ketentuan yang datang kemudian yang terdahulu, sebab ketentuan yang baru dianggap lebih cocok dengan lingkungannya dan lebih luas.

SEMOGA BERMANFAAT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.