Logo Kabupaten Blitar PNG

Logo Kabupaten Blitar PNG Download Gratis

Konten Jempolan – Download Logo Kabupaten Blitar Format HD, Untuk kamu yang lagi mencari Logo Blitar bisa menuju link berikut, pasalnya akan kami bagikan Link Download Logo Kabupaten Blitar dengan format PNG kualitas HD.

Kabupaten Blitar sendiri adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Pusat pemerintahan kabupaten ini berada di kecamatan Kanigoro setelah sebelumnya satu wilayah dengan Kota Blitar. Kota Blitar sekarang menjadi enklave dari Kabupaten Blitar.

Nama Blitar ini dipercaya berasal dari frasa bali dadi latar (kembali jadi halaman). Kata tersebut diteriakkan oleh Prabu Lembu Suro saat meregang nyawa di sumur yang dibuatnya sendiri sebagai mahar untuk Dewi Kilisuci.

Sejarah Hari Jadi Kabupaten Blitar

Dikutip dari Wikipedia tentang Hari Jadi Kabupaten Blitar diambil dari salah satu sumber sejarah yang paling penting yaitu prasasti karena merupakan dokumen tertulis yang asli dan terjamin kebenarannya. Prasasti dapat diartikan sebagai tulisan dalam bentuk puisi yang berupa pujian.

Enam abad lalu, tepatnya pada bulan Waisaka tahun Saka 1283 atau 1361 Masehi, Raja Majapahit yang memiliki nama Hayam Wuruk beserta para pengiringnya menyempatkan diri singgah di Blitar untuk mengadakan upacara pemujaan di Candi Penataran.

Rombongan tersebut tidak hanya singgah di Candi Penataran, tetapi juga ke tempat-tempat lain yang dianggap suci, yaitu Sawentar (Lwangwentar) di Kanigoro, Jimbe, Lodoyo, Simping (Sumberjati) di Kademangan dan Mleri (Weleri) di Srengat.

Hayam Wuruk tidak hanya sekali singgah di Blitar. Pada tahun 1357 Masehi (1279 Saka), Hayam Wuruk berkunjung kembali ke Blitar untuk meninjau daerah pantai selatan dan menginap selama beberapa hari di Lodoyo. Hal itu mencerminkan betapa pentingnya daerah Blitar kala itu, sehingga Hayam Wuruk pun tidak segan untuk melakukan dua kali kunjungan istimewa dengan tujuan yang berbeda ke daerah ini.

Pada tahun 1316 dan 1317, Kerajaan Majapahit carut marut karena terjadi pemberontakan yang dipimpin oleh Kuti dan Sengkuni.

Kondisi inilah yang memaksa Raja Jayanegara untuk menyelamatkan diri ke desa Bedander (sekarang Dander, Kabupaten Bojonegoro). dengan pengawalan pasukan Bhayangkara dibawah pimpinan Gajah Mada.

Berkat siasat yang dimiliki Gajah Mada, Raja Jayanegara berhasil kembali naik tahta dengan selamat. Adapun Kuti dan Sengkuni berhasil diringkus dan kemudian dihukum mati.

Oleh karena sambutan hangat dan perlindungan ketat yang diberikan penduduk Desa Bedander, maka Jayanegara pun memberikan hadiah berupa prasasti kepada para penduduk desa tersebut.

Tidak diragukan lagi bahwa pemberian prasasti ini merupakan peristiwa penting karena menjadikan Blitar sebagai daerah swatantra di bawah naungan Kerajaan Majapahit.

Peristiwa bersejarah itu terjadi pada hari Minggu Pahing bulan Srawana tahun Saka 1246 atau 5 Agustus 1324 Masehi, sesuai dengan tanggal yang tercantum pada prasasti. Tanggal itulah yang akhirnya diperingati sebagai hari jadi Kabupaten Blitar setiap tahunnya.

Link Download Logo Kabupaten Blitar PNG

Logo Kabupaten Blitar PNG
Logo Kabupaten Blitar PNG

Supaya dapat mengunduh logo Kabupaten Balitar dengan format PNG di atas Kamu bisa mengklik kata bertuliskan download di bawah :

Download Disini

Cara Download Logo Kabupaten Blitar

Cara menggunakan dan proses unduh logo yang bisa digunakan untuk ucapan Selamat HUT atau Hari Ulang Tahun Kabupaten Blitar di atas dan cara mendownloadnya bisa sobat liat dibawah ini :

Pertama Klik link mengarah ke logo dibawah.

Setelah masuk kedalam website, langsung saja unduh.

Download hasil Logo.

Itulah tadi link download logo png bisa digunakan untuk peringatan Hari Lahir Blitar yang bisa sobat pakai dan Jangan lupa untuk share artikel ini ke saudara, keluarga, maupun sahabat supaya lebih banyak lagi yang dapat ikut menggunakan logo untuk memeriahkan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Blitar di Tahun ini.

Selalu pantau dan tunggu berbagai logo yang akan kami bagikan selanjutnya.

Terima kasih dan sehat selalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.