Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 23 Aktivitas Individu halaman 185 IPS SMP Kelas 7 Kurukulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 23 Aktivitas Individu halaman 185 IPS SMP Kelas 7 Kurukulum Merdeka.

Lembar Aktivitas 23 Aktivitas Individu

• Berikan satu contoh penyalahgunaan status sosial yang dilakukan oleh seseorang!

Jawaban:

Status sosial adalah tempat atau posisi seseorang dalam suatu kelompok sosial, dalam arti lingkungan pergaulan sehari hari, memiliki hak hak serta kewajiban kewajibannya. Manusia hidup secara sosial dan membutuhkan orang lain. Dalam suatu wilayah ada pemimpin yang memiliki status sosial yang lebih tinggi daripada yang lain. Namun, apabila pemimpin itu tidak melakukan kewajibannya dengan baik dan benar maka ia telah melakukan penyalahgunaan status sosial, seperti melakukan korupsi yaitu mengambil hak milik orang lain, dan perbuatan tersebut merugikan banyak pihak.

Jadi, satu contoh penyalahgunaan status sosial yang dilakukan oleh seseorang adalah pejabat atau pemimpin daerah yang melakukan korupsi, yaitu mengambil hak milik orang lain yang sifatnya merugikan.

• Mengapa Individu cenderung menyalahgunakan status sosialnya?

Jawaban:

Individu cenderung menyalahgunakan status sosialnya karena  semakin kuat status sosial seorang individu maka dia akan semakin bebas melakukan tindakan apapun.

Penyalahgunaan wewenang adalah tindakan yang cacat oleh badan atau pejabat pemerintahan, yaitu mereka melaksanakan wewenangnya untuk mencapai tujuan yang berbeda dari tujuan yang seharusnya diberikan wewenang tersebut.

Contohnya ketika kita memiliki jabatan yang tinggi baik di tingkat pemerintahan ataupun swasta kita akan dengan mudah untuk memberikan perintah kepada bawahan, oleh karena itulah jabatan yang tinggi bisa membuat individu lupa diri dan menyalahkan gunakan wewenang atau amanat yang sudah dimandatkan oleh dirinya.

 

Untuk Mendapatkan Pembahasan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *