Kunci Jawaban Aktivitas 2.5 halaman 56 Perubahan Wujud Gas IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Aktivitas 2.5 halaman 56 Perubahan Wujud Gas IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Ayo Diskusi Aktivitas 2.5

Secara berpasangan diskusikanlah apa yang terjadi pada partikel-partikel zat cair ketika dipanaskan sehingga dapat berubah menjadi gas. Jelaskan pula mengapa gas mengembun dan apa yang terjadi pada pergerakan partikel saat gas mengembun. Kemudian ikuti petunjuk guru kalian untuk diskusi kelas tentang hal ini. Kalian dapat menggunakan gambar seperti Gambar 2.11 dalam penjelasan kalian.

Jawaban:

Bila zat cair dipanaskan, mengakibatkan partikel-partikel zat cair bergerak cepat dan gaya tarik antarpartikel menjadi lemah. Akibatnya partikel-partikel dapat berpindah tempat menyebabkan wujud zat berubah dari cair menjadi gas.

Menguap: benda cair berubah jadi benda gas Jika air terus dipanaskan, air akan habis dan berubah menjadi uap air. Salah satu contoh peristiwa penguapan di alam adalah pada sungai yang jadi kering ketika musim panas.

Mengembun merupakan peristiwa perubahan wujud zat yang terjadi ketika suatu gas melepaskan energi kalor karena adanya penurunan suhu yang terjadi.

Pergerakan Partikel yaitu Bentuknya berubah-ubah dikarenakan partikel-partikel pada zat gas berjauhan, tersusun tidak teratur, gaya tarik antar partikel sangat lemah. Volumenya berubah-ubah dikarenakan partikel pada zat gas dapat bergerak bebas meninggalkan kelompoknya.

 

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *