Jawaban Dari

Soal dan jawaban ” Sebutkan Jenis kaca menurut posisi dan cara pemasangnya! “

Soal dan jawaban ” Jelaskan Jenis kaca menurut posisi dan cara pemasangnya! ”

Pertanyaan:

Jelaskan Jenis kaca menurut posisi dan cara pemasangnya!

Jawaban:

Jenis kaca menurut posisi dan cara pemasangnya:

Windshield

Windshield (Kaca Depan Kendaraan)terbuat dari kaca yang aman dan terdiri dari dua lapisan yang didalamnya terdapat lapisan plastik yang sangat kuat atau sering disebut dengan laminated safety glass.

Windshield terpasang pada bodi kendaraan depan menerima beban yang disebabkan oleh angin sebagai akibat dari aerodinamika kendaraan. Semakin cepat laju kendaraan, maka beban yang diterima windshield juga semakin besar. Untuk kendaraan yang telah dirancang untuk kecepatan tinggi, desain dari kaca kendaraan dibuat landai, sehingga hambatan yang diterima kendaraan secara keseluruhan juga dapat dikurangi, sebagai konsekuensi volume ruang dalam kendaraan juga berkurang.

Ada beberapa komponen yang terdapat pada kaca depan, yaitu windshield glass, molding, spacer,retainers, baut-baut dan ada juga yang dilengkapi dengan weatherstrip.

Pemasangan:

a) Pemasangan kaca depan, diawali dengan memasang karet kaca pada kaca depan, dan dengan menggunakan bantuan obeng memasukkan tambang ke rongga karet.

b) Panjang tambang sampai ujung bagian bawah tengah kaca depan masih sisa kurang lebih 10 cm setelah sekelilingnya dipasangkan tambang.

c) Dengan bantuan seorang dari luar, tahan kaca depan sambil menempatkan ke alur kaca pada bodi dan tekan kaca ke dalam. Titik tengah kaca depan tepat dengan titik tengah pembuka kaca depan.

d) Kemudian pasangkan kaca depan dengan menarik ujung tambang dibagian tengah kaca dari bagian dalam bodi hingga karet kaca terkait ke alur kaca pada bodi kendaraan sepenuhnya.

e) Apabila kaca telah terpasang pada tempatnya, ketuklah kaca dari luar bodi dengan palu karet agar kaca masuk kedalam tempatnya sekitar 0-70 mm menjauhi karet kaca.

f) Setelah itu membersihkan perekat kaca yang tersisa. Setelah pemasangan, tunggulah sekitar 3 jam untuk mengetahui hasil pemasangan dari kemungkinan melengkung.

Kaca Belakang

Bentuk dari kaca belakang kendaraan mobil yang satu dengan lainnya memiliki berbagai perbedaan, baik dalam hal ukuran dan permukaannya. Ada yang datar, ada yang melengkung, ada yang lebar, ada yang kecil. Ada yang terdiri dari 2 bagian, tetapi ada yang hanya satu bagian seperti pada kaca depan.

Cara pemasangannya juga beraneka macam, seperti halnya dengan windshield (kaca depan). Ada yang menggunakan lem khusus, ada juga yang menggunakan karet. Begitu juga cara melepas dan memasang kaca belakang juga hampir sama dengan cara yang dilakukan pada windshield.

Untuk beberapa kendaraan tertentu, ketika melepas atau memasang kaca belakang tidak bisa dikerjakan pada sisi bagian dalam kendaraan, karena konstruksi bodi misalnya. Oleh karena itu diperlukan alat bantu untuk memegang kaca dari bagian luar, yaitu dengan vacuum cup. Selain itu pada saat melepas dan memasang kaca belakang, beberapa kendaraan dilengkapi dengan defogger (elemen pemanas untuk menghilangkan kabut kaca belakang yang akan mengganggu pandangan pengemudi terhadap benda/ kendaraan dibelakangnya).

Komponen ini dipasang menempel pada kaca yang dihubungkan dengan kabel di bagian tepi dari kaca belakang kendaraan. Jadi sebelum kaca dilepas, kabel ini terlebih dahulu harus dilepaskan, karena kabel disembunyikan dalam trim kendaraan. Ketika akan melepas kaca belakang yang memiliki defogger, Anda harus yakin bahwa komponen ini tidak aktif yang akan membahayakan jika dipegang dengan tangan.

Kaca Samping

Kaca samping kendaraan memiliki beberapa jenis, ada yang bisa dibuka, namun ada juga yang bersifat tetap, atau terpasang tetap. Kaca samping yang terdapat pada bagian pintu biasanya dapat dibuka. Sedangkan kaca yang terpasang pada bodi kendaraan yang lain, bisa dipasang tetap, atau juga ada yang bisa dibuka.

Kaca kendaraan yang bersifat tetap misalnya pada quarter window, yaitu kaca diatas quarter panel. Konstruksi pada bagian ini adalah, kaca, pembatas serta sekrup. Sedangkan kaca yang dapat bergerak misalnya pada pintu kendaraan. Berikut ini konstruksi dari kaca kendaraan pada bagian pintu depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.