Soal dan Jawaban Materi “Peyebaran Biji” Bab Perkembangbiakan Tumbuhan IPAS kelas 4 Kurikulum Merdeka

Kontenjempolan.id -Soal dan Jawaban Materi “Peyebaran Biji” Bab Perkembangbiakan Tumbuhan IPAS kelas 4 Kurikulum Merdeka. Hai.. Generasi Pancasila. Kali ini Kakak akan membahas Jawaban Materi “Peyebaran Biji”. Bacaan ini bisa kalian temukan pada buku Bab Perkembangbiakan Tumbuhan IPAS kelas 4 Kurikulum Merdeka.

Penyebaran Biji

Sama seperti proses penyerbukan, tumbuhan perlu untuk menyebarkan bijinya. Dalam proses ini tumbuhan pun membutuhkan bantuan untuk menyebarkan bijinya. Jika tidak disebar, maka tumbuhan baru akan tumbuh dekat pada tanaman induknya dan bisa terjadi persaingan dalam mendapatkan air, nutrisi dari tanah, serta ruang gerak untuk tumbuh. Tanaman baru juga bisa tertutupi oleh induknya sehingga sulit mendapatkan Matahari. Selain itu makhluk hidup lain yang membutuhkan tumbuhan sebagai sumber makanan dan tempat berlindung juga mendapat manfaat dengan adanya penyebaran biji.

Proses penyebaran biji dan penyerbukan memperlihatkan interaksi antara sesama makhluk hidup dan komponen abiotik di suatu ekosistem. Ada beberapa cara penyebaran biji di alam yaitu dengan bantuan hewan, angin, dan air. Gravitasi juga berperan dalam penyebaran biji. Buah yang sudah matang akan semakin berat, sehingga tangkainya tidak lagi kuat menahan, akhirnya buah jatuh ke bawah.

Perjalanan Penyebaran Biji

Ada bebrapa contoh metode perjalanan biji dalam proses penyebaran biji:

1. Cara 1 ( bantuan hewan)

Hewan memakan buah-buahan. Bagian yang dimakan adalah daging buahnya. Hewan ini akan membuang biji yang tidak dimakannya.

2. Cara 2 (bantuan hewan)

Biji-biji yang berjarum kecil mudah menempel di hewan yang berbulu. Ada beberapa jenis hewan yang suka masuk ke semak-semak tumbuhan. Saat hewan ini bergerak dan berlari, biji akan jatuh dan tersebar.

3. Cara 3 ( bantuan hewan)

Contoh kali ini adalah gajah. Gajah hewan pemakan tumbuh-tumbuhan. Badannya yang besar membuatnya juga memerlukan makanan yang banyak. Biji buah akan keluar bersama kotorannya. Saat itu gajah sudah berada di tempat yang lain dan biji tersebar dari induknya. Contoh lain adalah burung atau hewan pemakan tumbuhan dan buah-buahan yang berpindah pindah.

4. Cara 4 (bantuan angin)

Bunga dandelionatau semua jenis tanaman yang memiliki biji-biji yang ringan. Biji-biji itu akan tertiup terbawa angin dan jatuh di tempat lain.

5. Cara 5 (bantuan air)

Tumbuhan yang hidup di tempat berair seperti pantai, danau, sungai, dibantu oleh air untuk penyebaran bijinya. Buah kelapa akan terbawa oleh arus air laut dan terdampar di tempat yang lain.

Setelah mengetahui proses penyebaran biji, diharapkan adik adik dapat merefleksikannya dengan melihat keteraturan yang sudah diciptakan oleh Sang Pencipta dan sikap apa yang perlu ditunjukkan oleh kita untuk menjaga keteraturan ini.

JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI!

1. Mengapa tumbuhan perlu menyebarkan bijinya?

Jawab:

Agar bisa tumbuh di lingkungan yang baik, tidak mengalami persaingan dengan induknya, dan mendapatkan akses ke cahaya Matahari.

2. Apa manfaat bagi makhluk hidup lain dengan adanya penyebaran biji?

Jawab:

Sumber makan untuk hewan-hewan tersebar di banyak tempat. Hewan-hewan juga bisa menggunakan tumbuhan sebagai tempat berlindung. Manusia bisa mendapat udara segar.

3. Apa saja yang membantu tumbuhan menyebarkan bijinya?

Jawab:

Hewan, angin, air, dan tumbuhan itu sendiri (pecahnya kulit biji/buah)

4. Setelah mempelajari penyerbukan dan penyebaran biji, menurutmu apa yang dibutuhkan oleh tumbuhan dari manusia?

Jawab:

Merawat dan menjaga keteraturan yang sudah ada. Manusia juga bisa membantu penyebaran biji dan penyerbukan. Maksudnya keteraturan adalah tanpa campur tangan manusia alam sudah memiliki cara sendiri untuk bertahan hidup. Manusia dengan akal yang diberikan perlu mencari cara agar keteraturan ini tetap terjaga.

 

Demikian Soal dan Jawaban Materi “Peyebaran Biji” Bab Perkembangbiakan Tumbuhan IPAS kelas 4 Kurikulum Merdeka yang bisa Kontenjempolan.id bagikan. Semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk kalian.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.