Sebutkan Jenis-jenis Mesin Gerinda dan Mata Gerinda!

Berikut Jawaban dari pertanyaan “Sebutkan Jenis-jenis Mesin Gerinda dan Mata Gerinda!”

Pertanyaan :

Sebutkan Jenis-jenis Mesin Gerinda dan Mata Gerinda!

Jawaban :

Mesin gerinda merupakan peralatan yang digunakan sebagai tempat pemasangan dan pemutar roda gerinda, untuk melakukan pekerjaan pengikisan permukaan benda kerja. Ada beberapa jenis mesin gerinda dan jenis mata gerinda yang sering digunakan.

Jenis Mesin Gerinda

1. Mesin Gerinda Tangan

Mesin gerinda tangan merupakan mesin gerinda yang digunakan untuk memutarkan roda gerinda. Roda gerinda yang digunakan pada mesin gerinda tangan adalah sebuah piringan gerinda tipis. Mesin gerinda tangan dapat digunakan untuk mengikis permukaan benda kerja (menggerinda) maupun memotong benda kerja. Gerinda tangan biasanya digunakan untuk menghaluskan permukaan benda kerja setelah proses pengelasan, terutama pada benda kerja yang berukuran besar.

Gerinda Tangan

2. Mesin Gerinda Duduk

Serupa dengan mesin gerinda tangan, hanya saja posisi mesin gerinda dipasangkan pada dudukan. Untuk melakukan penggerindaan, benda kerja didekatkan dan ditempelkan ke roda gerinda yang berputar hingga permukaan benda kerja terkikis oleh roda gerinda. Roda gerinda yang digunakan pada mesin gerinda duduk berukuran lebih tebal dibandingkan roda gerinda pada mesin gerinda tangan. Mesin gerinda duduk banyak digunakan untuk mengasah pahat, mengikis benda kerja maupun menghaluskan permukaan benda kerja setelah proses pengelasan.

Gerinda Duduk

3. Mesin Gerinda Potong

Mesin gerinda potong (drop saw) merupakan mesin gerinda yang digunakan untuk memotong benda kerja dari bahan pelat ataupun pipa. Roda gerinda yang digunakan adalah piringan gerinda tipis yang diputarkan dengan kecepatan tinggi. Mesin gerinda potong dapat memotong benda kerja pelat ataupun pipa dari bahan baja dengan cepat.

Gerinda Potong

Jenis Mata Gerinda

Jenis mata gerinda yang umumnya sering kita gunakan:

1. cutting wheel

untuk memotong besi.

2. flap disc

Untuk mengamplas, kita biasa menggunakan mata gerinda ini untuk menghilangkan cat pada kayu atau besi karena tidak terlalu merusak permukaan benda.

3. grinding wheel

ini adalah mata gerinda yang sering kita lihat. Biasa digunakan untuk mengikis besi.

4. Sanding disc

Seperti kertas gosok/amplas biasa dengan tingkat kehalusan/kekasaran yang berbeda-beda.

5. backing pad/sanding pad

Mata gerinda ini kurang lebih penggunaannya seperti sanding disc, hanya saja permukaanya rata dan dilengkapi karet sebagai backing pad. Mata gerinda ini dapat diganti-ganti dengan kertas amplas velcro, yang dapat dengan mudah kita lepas atau pasang.

6. brush wheel

ini adalah mata gerinda berupa sikat besi yang biasa kita gunakan untuk membersihkan permukaan besi dari karat.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.