Profil Pelajar Pancasila Adalah

Apa itu profil pelajar Pancasila ? Tahun ajaran baru 2022 / 2023 di beberapa sekolah sudah akan diterapkan Kurikulum baru, yaitu Kurikulum Merdeka yang digagas oleh Mas mentri. Ada sesuatu hal yang menarik disini.

Di Kurikulum ini pembelajaran akan berpusat pada siswa, dan kurikulum ini diharapkan mampu menjawab tantangan di era digitali sasi sekarang ini, Artinya anak – anak kita harus secara seimbang mempelajari sesuatu hal yang baru namun tetap berpegang teguh pada Iman dan Taqwa, keluhuran budaya, gotong royong dan semua yang menjadi ciri khas bangsa kita.

Profil Pelajar Pancasila

“Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila “

Disini ada sesuatu yang menarik yaitu terkait ” Profil Pelajar Pancasila ” Apasi yang dimaksud dengan profil pelajar pancasila ?

Yuk simak beberapa penjelasan berikut ini.

Profil Pelajar Pancasila dirancang untuk menjawab satu pertanyaan besar, yaitu “Pelajar dengan profil (kompetensi)
seperti apa yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan Indonesia?”

“Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.”

Nah pernyataan diatas sebetulnya berkaitan dengan duahal, pertama disini dititik beratkan pada Kompetensi untuk menjadi seorang warga negara yang demokratis serta menjadi manuasia yang produktif serta unggul di era abad 21 ini.

Untuk jangka panjang, peserta didik kita disiapkan untuk dapat ikut serta dalam pembangunan global yang terus berkelanjutan serta memiliki mental yang tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan di kemudian hari.

Ada 6 kompetensi sebagai dimensi kunci dalam ” Profil Pelajar Pancasila “. Dari ke enam dimensi tersebut tentunya akan saling berkaitan serta saling menguatkan dan diharapkan dapat mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang utuh.

6 Kompetensi Profil Pelajar Pancasila :

6 Kompetensi Profil Pelajar Pancasila
6 Kompetensi Profil Pelajar Pancasila
  • Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan
    berakhlak mulia.
  • Berkebinekaan global.
  • Bergotong royong.
  • Mandiri.
  • Bernalar kritis.
  • Kreatif.

Dari dimensi diatas menunjukan bahwa ” Profil pelajar Pancasila ” tidak hanya berfokus ada kemampuan kognitif semata, namun juga pada sikap, perilaku sesuai jati diri bangsa Indonesia serta warga dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *