Penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari masukan (input), proses dan keluaran (output)

Penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari masukan (input), proses dan keluaran (output) dari pembelajaran yang meliputi ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Dalam penilaian ini juga menilai kesiapan peserta didik serta proses hasil belajar secara utuh. Keterpaduan penilaian ketiga komponen (input-proses-output) tersebut akan menggambarkan kapasitas, gaya dan hasil belajar peserta didik, bahkan mampu menghasilkan dampak instruksional (instructional effects) dan dampak pengiring (nurturant effects) dari pembelajaran. Penilaian tersebut termasuk dalam penilaian …

a. Otentik
b. Sikap
c. Pengetahuan
d. Keterampilan
d. Pengalaman

Kunci Jawaban: A

Pembahasan:
Penilaian otentik cenderung fokus pada tugas-tugas kompleks dan kontekstual memungkinkan peserta didik untuk menunjukkan kompetensi mereka yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.