Pengelolaan File dengan Sistem Operasi Microsoft Windows, Informatika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka Halaman 44, 45, 46, dan 47

kontenjempolan.id-Pengelolaan File dengan Sistem Operasi Microsoft Windows, Informatika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka Halaman 44, 45, 46, dan 47.

Pengelolaan File dengan Sistem Operasi Microsoft Windows

Windows menyediakan aplikasi untuk pengelolaan file, yang dinamakan File Explorer. Aplikasi tersebut berfungsi untuk mengelola file dan folder, yaitu membuat folder, menyalin folder, membuat file, menyalin file, menghapus file, memindahkan file maupun folder ke tempat lain, serta mencari file.

Pengelolaan file secara rinci dapat dilihat sebagai berikut.

A. Membuat Folder

Cara membuat folder pada file explorer adalah dengan menggunakan menu Home New Folder atau klik kanan → New Folder.

B. Menyalin (copy) dan memindahkan (cut) File atau folder.

Ada tiga cara menyalin/ memindahkan file, yaitu:

1. Dengan mengaktifkan objek file/folder yang akan disalin/dipindahkan, dari menu Home, gunakan tombol Copy untuk menyalin dan gunakan tombol Cut untuk memindahkan.
Selanjutnya, klik drive atau folder lain yang dijadikan tempat menempelkan hasil salinan/pemindahan file/folder tersebut. Dari menu Home, gunakan tombol Paste.

2. Dengan mengaktifkan objek file/folder yang akan disalin/dipindahkan, klik kanan, selanjutnya gunakan Copy untuk menyalin dan Cut untuk memindahkan.
Selanjutnya, klik drive atau folder lain yang dijadikan tempat menempelkan hasil salinan/pemindahan, klik kanan, gunakan perintah Paste.

3. Dengan mengaktifkan objek file/folder yang akan disalin/dipindahkan, gunakan Ctrl-C/Ctrl-X untuk menyalin/memindah.
Selanjutnya, klik drive atau folder lain yang dijadikan tempat menempelkan hasil salinan/pemindahan, gunakan Ctrl-V.

C. Mengubah (Rename) nama file atau Folder.

Pengubahan nama file/folder dapat dilakukan dengan memilih objek file/folder yang akan diubah, klik kanan, lalu gunakan perintah Rename.

D. Menghapus (Delete) file atau folder.

Penghapusan file atau folder yang sudah tidak diinginkan lagi dapat dilakukan dengan menggunakan tombol Delete dari Menu Home. Penghapusan juga dapat dilakukan dengan menekan tombol klik kanan pada file/folder yang akan dihapus, lalu memilih tombol Delete.

E. Mengubah ikon (icon) Folder

Mengubah ikon folder dapat dilakukan dengan cara berikut. Klik kanan di folder yang dipilih.

1. Pilih Properties, akan tampil jendela baru yang menginformasikan rincian tentang identitas folder.

2. Untuk mengubah ikon folder tersebut, klik menu “Customize” pada bagian atas jendela tersebut, kemudian klik “Change icon…”, lalu pilih salah satu ikon yang diinginkan, dan tekan tombol OK.

F. Mencari file dan folder.

Mencari file dan folder di File Explorer antara lain dapat dilakukan dengan cara mengetikkan kata kunci yang ingin dicari pada kolom pencarian, lalu pilih salah satu hasil pencarian yang sesuai.

G. Mengelompokkan file dan folder.

Mengelompokkan file ke dalam sebuah folder dapat dilakukan berdasarkan nama, tipe, tanggal disimpan, ukuran file, dan sebagainya. Langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Klik menu View.

2. Klik menu Group by, lalu pilih dasar pengelompokan, misalnya Type untuk mengelompokkan file berdasarkan jenis filenya.

H. Mengatur susunan file dan folder

File dan folder dapat diurutkan berdasarkan kriteria tertentu. Berikut langkah-langkahnya.

1. Klik menu View.

2. Klik menu Sort by, pilih dasar pengurutan, misalnya diurutkan berdasarkan nama dalam alphabet (name).

Baca Juga Jawaban Informatika Kelas 7  Aktivitas TIK-K7-02 Tabel Pengelolaan Folder dan File Halaman 48 Kurikulum Merdeka

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.