Pembahasan Soal Lembar aktivitas 4 halaman 117 Perbedaan dan Keragaman Identitas IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Pembahasan Soal Lembar aktivitas 4 halaman 117 Perbedaan dan Keragaman Identitas IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Lembar Aktivitas 4

Petunjuk kerja:

• Kerjakan tugas secara berkelompok (tiga atau empat orang)

• Gunakan berbagai sumber untuk mengerjakan tugas ini termasuk melakukan pengamatan dan melakukan wawancara dengan teman.

• Tulis laporan tugas dalam berbagai media (misalnya poster, film, infografis dan lain-lain)

• Sampaikan temuan melalui diskusi kelas.

Tugas:

• Amati dan temukan identitas teman-teman kalian baik di kelas maupun di sekolah kalian. Misalnya 10 teman.

• Lakukan wawancara untuk mengetahui identitas teman kalian.

• Identifikasi dan buatlah pengelompokkan identitas mereka berdasarkan asal daerah, suku, jenis kelamin, agama, kegemaran dan pembeda lainnya.

• Analisislah, mengapa terdapat perbedaan dan keragaman identitas?

• Temukan, tantangan apa yang paling sering terjadi berikut kelebihan dari adanya perbedaan identitas.

• Buatlah solusi dari tantangan yang ada dan tulislah kebaikan-kebaikan yang patut untuk dilestarikan.

• Tulislah refleksi singkat dalam satu paragraf temuan kalian.

• Presentasikan temuan kalian.

• Tulislah temuan atau kesimpulan kalian dalam satu paragraf pada buku tulis atau media lain.

Jawaban:

♦Perbedaan dan Keragaman Identitas

Perbedaan dan keragaman identitas di masyarakat banyak dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti:

1. Pebedaan iklim atau cuaca yang menyebabkan beragamnya profesi di Indonesia.

2. Pengaruh budaya asing yang menyebabkan beragamnya latar belakang agama.

3. Adanya isolasi geogarfis yang menyebabkan beragamnya ras dan suku bangsa di Indonesia.

♦Tantangan dan Kelebihan adanya Perbedaan Identitas

Perbedaan identitas seringkali memicu konflik sosial, yaitu pertentangan yang terjadi karena adanya perbedaan identitas antara pihak-pihak yang berkonflik. Hal ini merupakan tantangan yang harus diatasi oleh masyarakat yang memiliki perbedaan identitas.

Pada beberapa kasus, perbedaan identitas seseorang dapat berakibat pada adanya konflik sosial. Misalnya, konflik antarumat beragama karena adanya perbedaan identitas agama yang dimiliki, konflik ras karena perbedaan latar belakang identitas berdasarkan ciri fisik (ras), dan lain sebagainya.

Kelebihan adanya perbedaan identitas

1. Keberagaman di Indonesia Adalah Berkah

2. Membingkai Keberagaman di Indonesia

3. Jadi Identitas Negara

4. Membentuk Masyarakat yang Toleran Antar Sesama

5. Menarik Wisatawan

6. Aneka Budaya Membuat Masyarakat Kaya Akan Pengetahuan

7. Manfaat Keberagaman Sebagai Peluang Usaha Daerah Setempat

♦Solusi dari tantangan yang ada dan tulislah kebaikan-kebaikan yang patut untuk dilestarikan

Keberagaman Agama

Di Indonesia ada enam agama yang diakui negara. Dengan adanya banyak agama dapat memicu konflik antar agama. Akan tetapi di Indonesia sudah ada UUD Negara Indonesia yang mengatur tentang umat beragama sehingga dapat menekan konflik agama.

Indonesia adalah negara yang religius. Hal itu dibuktikan dalam sila pertama Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Kebebasan dalam beragama dijamin dalam UUD 1945 pasal 29 yang menyatakan bahwa negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa dan Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.

Di Indonesia sendiri, ada enam agama yang diakui oleh negara. Agama-agama yang diakui oleh negara adalah Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan juga Konghucu. Keenam agama harus hidup berdampingan di masyarakat dengan prinsip toleransi antarumat beragama.

Kebaikan-kebaikan yang patut untuk dilestarikan

Membentuk Masyarakat yang Toleran

Toleransi adalah rasa saling menghargai, menghormati dan memberi privasi kepada orang lain. Dengan memiliki banyak keberagaman, maka hal ini akan memupuk sikap toleran pada masyarakat. Tentunya, sikap toleran tidak dapat tumbuh sendiri, melainkan harus diasah oleh setiap individu agar lebih menghargai sesama manusia.

Keberagaman hendaknya dapat terwujud di dalam kehidupan sehari-hari. Adapun contoh penerapannya yaitu sebagai berikut

• Mampu menghargai karakter dari setiap individu.

• Meningkatkan kemampuan bersosialisasi antarmasyarakat.

• Perbedaan menjadikan masyarakat menjadi saling melengkapi satu sama lain.

• Membuat masyarakat belajar untuk hidup rukun.

• Menumbuhkan jiwa nasionalisme atau cinta tanah air.

♦Refleksi singkat Perbedaan Identitas

Rasa memiliki suatu identitas tidak hanya menjadi sumber lahirnya kebanggaan dan kebahagiaan, tapi juga kepercayaan diri dan tumbuhnya kekuatan. Tidak heran bahwa gagasan tentang identitas mendapat pengakuan sangat luas.

Menurut data dari Kementrian Kebudayaan, ada 245 aliran kepercayaan/agama lokal di Indonesia, tetapi hanya 6 agama yang diresmikan. Terdapat 1.340 suku tersebar di 17.054 pulau yang terbentang dari Sabang hingga Merauke. Hal ini sudah dapat mengkategorikan Indonesia adalah negara yang masyarakatnya multikultur, dimana masyarakat yang terdiri dari berbagai ragam identitas kebudayaan, suku, kebiasaan yang hidup dalam suatu negara.

Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia sebenarnya sangat ideal bagi kondisi Indonesia. Diharapkan dapat menjadi pedoman hidup warga negara Indonesia agar tidak terpecah belah oleh konflik SARA (suku, ras, agama) yang sangat riskan terjadi pada negara multikultur seperti Indonesia.

♦Kesimpulan

Indonesia salah satu negara dengan keberagaman yang begitu banyak. Keberagaman Indonesia tidak akan berjalan dengan baik jika masyarakatnya terlalu diam. Justru, masyarakat Indonesia memiliki sifat yang memang sangat mencintai keberagaman ini. Keberagaman bukanlah penghalang untuk bisa bekerjasama dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

Ditengah situasi pandemi Covid-19 yang mewabah di Indonesia seperti ini menjadikan momen untuk masyarakat Indonesia bisa saling membantu satu sama lainnya tanpa memandang suku, agama, ras dan antar golongan. Tentunya, banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menjalin keberagaman tersebut agar tetap ada.

Berikut ini 4 tips untuk menjaga keberagaman di Indonesia agar semakin menjadikan Indonesia sebagai negara maju di masa depan.

1. Saling Menghargai

Hal utama yang paling penting untuk bisa dilakukan yaitu dengan saling menghargai. Dengan saling menghargai, maka akan memberikan manfaat yang baik. Serta, tidak terjadi permasalahan yang memang tidak diperlukan. Tidak ada manfaat dari permasalahan yang terjadi. Sebaliknya, jika saling menghargai satu sama lain maka akan sangat bermanfaat.

Cobalah untuk bisa menghargai baik Agama, suku, ras dan golongannya. Jangan jadikan hal tersebut sebagai perbedaan yang mendalam. Justru, sebaiknya bisa digunakan untuk membuktikan bahwa masyarakat Indonesia mencintai keberagaman. Dimanapun anda berada, tetaplah miliki rasa untuk bisa saling menghargai!

2. Membantu Satu Sama Lain

Sejatinya, manusia merupakan makhluk sosial yang memang membutuhkan satu sama lainnya. Termasuk dalam hal menjalin keberagaman di Indonesia. Dengan membantu satu sama lainnya akan memberikan efek yang sangat besar. Terlebih, sesama masyarakat Indonesia memang seharusnya melakukan hal ini.

Seperti saat terdapat musibah maka bisa membantu satu sama lainnya. Bersikaplah baik untuk tetap membantu lainnya. Jangan jadikan perbedaan sebagai alasan untuk tidak membantu. Tetapi, tetap berikan bantuan yang memang bisa bermanfaat untuk digunakan. Hal ini akan membuat pola kehidupan yang lebih baik.

3. Tidak Saling Menjatuhkan

Sebagaimana mestinya seorang saudara, maka tidak boleh untuk saling menjatuhkan. Terutama, untuk membuat keberagaman di Indonesia tetap berjalan. Di Negara yang lainnya, tentu tidak memiliki keberagaman yang begitu banyak. Memang, tugas masyarakat Indonesia saat ini cukup berat. Karena, harus menjaga keberagaman ini agar tetap lestari.

Sebenarnya, hal tersebut berat jika dilakukan sendiri. Sebaliknya, jika dilakukan bersama-sama tentu tidak. Justru, akan sangat menyenangkan untuk dilakukan. Mulai dengan lingkungan sekitar terlebih dahulu. Buat lingkungan masyarakat yang nyaman, tentram dan aman. Kemudian, sampaikan kepada saudara yang lainnya bahwa hal ini penting untuk dilakukan!

4. Saling Menjalin Kebersamaan

Baik dalam kondisi susah maupun senang, maka bisa untuk tetap menjalin kebersamaan. Jangan biarkan, saudara yang disana sedang susah maka tidak diberikan bantuan yang sesuai. Harus diberikan penanganan yang memang tepat. Padahal, saat ini sudah begitu banyak akses yang bisa dilakukan untuk tetap menjalin kebersamaan.

 

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kotenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.