Pembahasan Pengayaan halaman 284 Jenis Angin IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Pembahasan Pengayaan halaman 284 Jenis Angin IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Pengayaan:

Kalian dapat mencari dari berbagai sumber mengenai jenis angin lain yang bertiup di Indonesia sehingga memengaruhi cuaca yang beragam antardaerah. Pengetahuan ini akan membantu mengenal daerah kalian lebih baik termasuk potensi sumber daya alam tentang angin yang dapat dimanfaatkan bagi kehidupan.

Jawaban:

Jenis Angin

1. Angin Laut

Merupakan angin yang bertiup dari laut ke darat yang terjadi ada siang hari sekitar pukul 9 pagi hingga 4 sore. Angin ini dimanfaatkan oleh para nelayan tradisional untuk pulang dari menangkap ikan.

2. Angin Darat

Bertiup dari darat ke laut pada malam hari. Angin ini mulai terasa sekitar pukul 8 malam hingga 6 pagi, dan dimanfaatkan oleh para nelayan untuk berangkat menangkap ikan.

3. Angin Lembah

Angin yang bertiup dari lembah ke puncak gunung yang terjadi saat siang hari.

4. Angin Gunung

Tiupan angin ini berarah dari puncak gunung turun ke lembah yang terjadi pada malam hari.

5. Angin Fohn

Disebut juga dengan angin jatuh, yaitu kelanjutan dari proses terjadinya hujan orografis. Setelah sampai di puncak, maka angin akan turun melalui lembah-lembah yang sifatnya kering dan panas. Angin ini sifatnya merusak, karena suhunya cukup tinggi sehingga mengakibatkan banyak tanaman-tanaman yang mati.

6. Angin Muson Barat

Mengalir dari benua Asia ke benua Australia, angin ini membawa banyak uap air karena melewati perairan dan samudra, serta mengakibatkan Indonesia mengalami musim penghujan.

7. Angin Muson Timur

Berasal dari arah benua Australia ke Benua Asia. Sifatnya kering karena melalui beberapa gurun yang mengakibatkan Indonesia mengalami musim kemarau.

8. Angin Siklon

Pergerakannya menuju tekanan udara yang minimum. Di bagian bumi utara, angin ini bergerak berlawanan dengan arah jarum jam, sebaliknya di bagian bumi selatan justru bergerak searah jarum jam.

9. Angin Antisiklon

Angin yang meninggalkan tempat bertekanan maksimum. Pergerakan angin ini di bagian utara searah jarum jam, dan di bagian selatan berlawanan dengan arah jarum jam.

Manfaat Angin

1. Tenaga angin hemat biaya

Angin skala utilitas berbasis lahan adalah salah satu sumber energi dengan harga terendah yang tersedia saat ini, dengan biaya 1-2 sen per kilowatt-jam setelah kredit pajak produksi.

2. Pembangkit listrik tenaga angin menciptakan pekerjaan

Pembangkit listrik tenaga angin di AS mempekerjakan lebih dari 100.000 pekerja, dan teknisi turbin angin adalah salah satu pekerjaan Amerika yang paling cepat berkembang.

3. Angin memungkinkan pertumbuhan industri

Proyek angin baru menyumbang investasi tahunan lebih dari $10 miliar dalam ekonomi AS. Amerika Serikat memiliki sumber daya domestik yang besar dan tenaga kerja yang sangat terampil, dan dapat bersaing secara global dalam ekonomi energi bersih.

4. Sumber bahan bakar yang bersih

Energi angin tidak mencemari udara seperti pembangkit listrik yang mengandalkan pembakaran bahan bakar fosil, seperti batu bara atau gas alam, yang mengeluarkan partikel, nitrogen oksida, dan sulfur dioksida—menyebabkan masalah kesehatan manusia dan kerugian ekonomi.

5. Angin adalah sumber energi domestik

Pasokan angin nasional berlimpah dan tidak ada habisnya. Selama 10 tahun terakhir, kapasitas tenaga angin AS telah tumbuh 15% per tahun, dan angin sekarang menjadi sumber energi terbarukan terbesar di Amerika Serikat.

6. Berkelanjutan

Angin sebenarnya adalah salah satu bentuk energi matahari. Angin disebabkan oleh pemanasan atmosfer oleh matahari, rotasi bumi, dan ketidakteraturan permukaan bumi. Selama matahari bersinar dan angin bertiup, energi yang dihasilkan dapat dimanfaatkan untuk mengirim daya ke seluruh jaringan.

7. Turbin angin dapat dibangun di pertanian atau peternakan

Ini sangat menguntungkan ekonomi di daerah pedesaan, tempat sebagian besar lokasi angin terbaik ditemukan. Petani dan peternak dapat terus menggarap lahan karena turbin angin hanya menggunakan sebagian kecil lahan.

8. Membantu tambak garam

Tambak garam di daerah Demak, Pati dan Jepara menggunakan kincir angin untuk membantu proses menaikkan air laut ke lahan.

9. Penyerbukan tanaman petani

Selain sebagai pembangkit listrik atau sumber energi terbarukan, manfaat angin lainnya adalah untuk pertanian.

10. Membantu penerbangan pesawat dan kapal laut

 

Untuk mendapatkan pembahasan Soal Kurikulum Merdeka Pelajaran Lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *