Olahraga Sunnah

kontenjempolan.id-Olahraga Sunnah. Kali ini kontenjempolan.id akan menyajikan tentang Olahraga Sunnah kaum Muslimin. Olahraga Sunnah berkuda, berenang dan memanah dapat memberikan kesehatan jasamani dan rohani. Semoga pembahasan ini mejadikan kita kaum muslimin untuk giat berolahraga khususnya berkuda, berenang, dan memanah.

Olahraga Sunnah

Agama islam merupakan agama yang mendukung pemeluknya agar menjadi manusia yang kuat dan sehat baik jasmani maupun rohani.8 Tubuh yang sehat dan kuat dapat menjadi modal untuk beramal soleh dan aktivitas baik dalam urusan agama maupun urusan dunia. Allah berfirman dalam QS Al baqarah 26.

Untuk meningkatkan kebugaran jasmani manusia membutuhkan olahraga, hal ini dapat dilakukan dengan melakukan aktivitas rangkaian olahraga pada tubuh. Setiap manusia membutuhkan olahraga sebagai kebutuhan hidup, karena dengan olahraga akan membawa dampak baik bagi perkembangan jasmani. Olahraga tidak hanya membawa dampak bagi jasmani manusia saja tetapi juga berdapak baik bagi rohani manusia. Olahraga bagi tubuh yakni dapat berpengaruh pada sistem tubuh seperti sistem peredaran darah, sistem pernafasan dan sistem pencernaan.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam pernah mengalahkan sahabat dan Aisyah RA ketika berlari. Dalam hadits yang diriwayatkan Umar bin Al Khaththab RA beliau SAW memerintahkan kepada kaum muslimin agar mengajari anak-anaknya renang, panahan dan menunggang kuda. Hadis Riwayat bukhari tentang mukmin yang lebih baik akan dicintai oleh Allah dari mukmin yang lemah.

Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahuanhu bahwa Rasulullah SAW bersabda,: “Segala sesuatu yang di dalamnya tidak mengandung dzikrullah merupakan perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan, kecuali empat (perkara), yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan mengajarkan renang.” (HR. An-Nasa’i).

Adapun manfaat olahraga berkuda, berenang, dan memanah diantaranya yaitu:

1. Berkuda

Berkuda adalah olahraga yang dilakukan oleh seseorang yaitu menunggang kuda tidak hanya sekedar menunggang kuda tetapi yang dimaksud olahraga berkuda yaitu dapat mengetahui teknik-teknik berkuda dengan tepat dan alangkah lebih baiknya apabila dalam olahraga berkuda dapat mengikuti pertandingan. Manfaat berkuda bagi jasmani baik bagi otot karena dengan berkuda otot akan terbentuk dengan baik. Selain itu berkuda juga memberikan manfaat bagi manusia dari segi rohani seperti dapat melatih keseimbangan dalam tubuh, kelincahan, dan kesabaran.

2. Berenang

Makna berenang menurut KBBI adalah menggerakan badan melintas (mengapung, menyelam) dia air dengan menggunakan kaki, tangan, sirip, ekor, dan sebagainya. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam memerintahkan olahraga berenang karena membawa banyak manfaat bagi tubuh manusia, bagi jasmani manfaat renang dapat menyehatkan jantung dan paru-paru.

Selain itu manfaat berenang bagi rohani adalah menghilangkan stress dan membuat ketenangan batin pada seseorang yang melakukan olahraga berenang.

3. Memanah

Olahraga panahan merupakan olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam selain berkuda dan berenang, manfaat olahraga berpanah sendiri bagi jasmani yaitu meningkatkan konsentrasi, melatih fokus mata, melatih otot-otot tangan termasuk jari dan menjaga keseimbangan. Sedangkan manfaat olahraga berpanah untuk rohani adalah melatih kesabaran, menghilangkan stress dan meningkatkan kekuatan tubuh. Alat peraga yang digunakan dalam olahraga ini yaitu busur dan anak panah.

Maka dari itu olahraga berkuda, berenang, memanah sangatlah baik apabila dilakukan karena dengan olahraga berkuda, berenang, memanah akan membawa manfaat bagi kita baik manfaat jasmani maupun manfaat rohani. Selain membawa manfaat jasmani dan rohani bagi tubuh olahraga berkuda, berenang, memanah merupakan sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam yang mana apabila dilakukan maka akan mendapat pahala dan mendapat manfaat. Penting bagi kita sebagai generasi muslim untuk mensyiarkan olahraga berkuda, berenang, dan memanah sebagai sunnah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam karena olahraga berenang, berkuda, dan memanah akan menjadikan generasi yang tangguh secara jasmani dan rohani serta taat kepada Allah Subhanahu wata’ala.

 

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.