Modus Halaman 259 Pemusatan Data Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka
kontenjempolan.id-Modus Halaman 259 Pemusatan Data Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka.
Hallo Adik-adik, kontenjempolan.id kali ini akan membahas materi Matematika SMP Kelas 8 halaman 220. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 6 Statistika.
Statistika
Pemusatan Data
Ketika di kelas VII kalian pernah mempelajari tentang penyajian data dalam diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran. Pada bab ini kalian akan mempelajari pengukuran data. Data yang disajikan dalam berbagai bentuk penyajian data, perlu dihitung dan diinterpretasikan terhadap ukuran tertentu, yaitu pemusatan dan penyebaran data. Dengan pemusatan data, kalian dapat melihat letak dari suatu data, bagaimana dan di mana data tersebut akan mengelompok jika data tersebut diletakkan pada satu garis bilangan. Pengukuran data meliputi Modus, Median, dan Rata-rata.
Penyajian data dalam bentuk diagram akan mempermudah dalam membaca data dari pada data disajikan dalam bentuk tabel. Selanjutnya kalian akan memahami modus, median, dan rata-rata dari suatu data dalam bentuk diagram.
TEMUAN KASUS POSITIF COVID-19 BULANAN
Gambar 6.2 Temuan kasus positif Covid-19 bulanan
Sumber https://covid19.go.id
Modus
Untuk memahami modus dari suatu data, coba perhatikan data kasus Positif Covid-19 di salah satu Provinsi di Indonesia pada gambar 6.2. Dalam graik tersebut dipaparkan data kasus Covid-19 di salah satu Provinsi di Indonesia mulai bulan Maret 2020 sampai April 2022. Dari tabel tersebut terlihat jelas bahwa data terendah pada bulan Maret 2020 dan data tertinggi pada bulan Juli 2021 sebesar 9.651 kasus.
Ayo Berkomunikasi
Agar kalian lebih memahami modus, coba diskusikan dengan teman kalian untuk melengkapi tabel berikut.
Berdasarkan tabel tersebut dapat disimpulkan bahwa Modus dari suatu data adalah data yang sering muncul. Dengan demikian, kalian dapat menentukan modus pada gambar 6.3 yaitu data yang sering muncul pada bulan Juli 2021, yaitu sebesar 9.651 kasus, sehingga modus dari diagram tersebut adalah Juli 2021.
Setelah kalian dapat menentukan modus dari berbagai bentuk penyajian data, selanjutnya coba perhatikan diagram batang berikut ini. Diagram batang berikut yang menunjukkan data penjualan buku tulis di Koperasi sekolah dalam sepekan dan data yang sering muncul ada 2 yang sama. Coba temukan modus dari diagram batang berikut ini.
Dari data tersebut dapat diperoleh bahwa data yang sering muncul yaitu pada hari Senin dan Rabu masing-masing sebanyak 24 Dengan demikian modus dari diagram batang tersebut adalah Senin dan Rabu
Kesimpulannya adalah Modus tidak hanya tunggal, bisa dua, bisa tiga dan seterusnya, namun jika semua data memiliki nilai yang sama maka modusnya tidak ada, dan bukan semua nilai data menjadi modus
Selanjutnya perhatikan diagram batang pada halaman berikut. Diagram berikut menunjukkan ukuran sepatu dari 6 siswa kelas 8 di sebuah SMP dan semua data menunjukkan ukuran yang sama.
Pada diagram batang tersebut terlihat bahwa semua ukuran sepatu 6 siswa memiliki ukuran yang sama yaitu ukuran 40. Tentukan modus dari data tersebut? Apa yang dapat kalian simpulkan?
Jawaban:
Untuk menentukan modus dari diagram batang tersebut, yaitu tidak memiliki modus, karena semua data sama banyak, yaitu 40. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada kumpulan data semua sama maka tidak memiliki modus.
Untuk selanjutnya, kalian coba perhatikan kembali Gambar berikut ini.
Gambar 6.3 Kumulatif Kasus Covid19 tahun 2021
Dari Gambar 6.3 terlihat bahwa Kasus Covid-19 untuk tahun 2021 dapat ditulis dalam tabel pada halaman berikut.
Modus dari data tersebut adalah bulan Juli 2021 sebesar 9.651. Apa yang akan terjadi jika bulan Juli tidak dimasukkan dalam perhitungan modus? Coba jelaskan jawaban kalian.
Jawaban:
Modus dari data tersebut adalah bulan Juli 2021 sebesar 9651. Jika bulan Juli tidak masuk dalam perhitungan Modus , maka modusnya akan berubah pada bulan Juni. Modus dari kumpulan data ini kurang menggambarkan pemusatan data karena sebagian besar data nilainya relatif kecil, sementara yang besar hanya beberapa termasuk modus, dan perbedaan antara data yang nilai kecil dengan data yang nilainya besar sangat jauh.
Ayo Berpikir Kritis
1. Berdasarkan beberapa diagram batang dan uraian tersebut, apa yang dapat kalian simpulkan dari pemusatan data dengan menggunakan modus?
Jawaban:
1) Modus dari kumpulan data bisa hanya satu, dua, tiga dan seterusnya
2) Kumpulan data ada yang tidak memiliki modus, ketika semua data sama banyaknya
3) Jika ada kumpulan data yang nilainya sangat kecil dan hanya ada satu atau beberapa data yang nilainya besar, maka modus dari kumpulan data kurang tepat untuk menggambarkan pemusatan data karena tidak menggambarkan nilai dari keseluruhan data
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ukuran pemusatan dengan menggunakan modus masih kurang tepat.
2. Apakah kelebihan dan kekurangan Modus sebagai ukuran pemusatan data? Coba diskusikan dalam kelompok.
Jawaban:
Kelebihan dari Modus adalah mudah dalam menentukan, karena tinggal memilih data yang paling besar atau paling banyak muncul dari kumpulan data yang ada
Kelemahan dari Modus adalah tidak bisa memberikan gambaran yang menyeluruh untuk mewakili dari sekumpulan data jika data yang ada sangat heterogen (modusnya besar, sementara data yang lainnya sangat kecil), Modus kumpulan data bisa tidak ada, bisa satu, bisa dua dan seterusnya.
Oleh karena Modus memiliki kelemahan dan kurang tepat dalam menetukan ukuran pemusatan data, maka sekarang siswa diajak untuk mempelajari median sebagai ukuran pemusatan data.
Disclaimer:
Kunci Jawaban pada unggahan kontempolan tidak mutlak kebenarannya dan unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
Demikian pembahasan Matematika Kelas 8 Modus halaman 259 Pemusatan Data. Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat mengakses melalui kontenjempolan.id.