Menemukan Konsep Pythagoras halaman 49 Teorema Pythagoras Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Menemukan Konsep Pythagoras halaman 49 Teorema Pythagoras Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka.

Hallo Adik-adik, kontenjempolan.id kali ini akan membahas materi Matematika SMP Kelas 8 halaman 49. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 2 Teorema Pythagoras.

Teorema Pythagoras

Menemukan Konsep Pythagoras

Ayo Mengingat Kembali

1. Kuadrat suatu bilangan

Perhatikan bentuk perkalian berikut:

2 x 2 = 2² = 4

4 x 4 = 4² = 16

6 x 6 = 6² = 36

Bentuk perkalian di atas merupakan bentuk kuadrat yang biasanya tertulis a² = a x a. Bilangan kuadrat adalah bilangan yang hasilnya dari perkalian dua bilangan yang sama, seperti 4, 9, 16, 25, 36, dan seterusnya. Sementara itu, proses mengalikan dua bilangan yang sama disebut pengkuadratan. Misalkan, 2 x 2 = 2² = 4, dimana 2² merupakan bentuk kuadrat, sedangkan 4 adalah bilangan kuadrat.

2. Akar kuadrat suatu bilangan

Akar kuadrat dari a yang biasanya memiliki simbol dengan √a yang merupakan bilangan positif yang jika kita kuadratkan sama dengan a. Selanjutnya jika kuadrat dari 3 adalah 9 maka akar kuadrat dari 9 sama dengan 3 dan dan dapat kita tulis √9 = 3.

Secara umum, bilangan positif k = a² memiliki akar kuadrat positif yang dilambangkan dengan √k dan akar kuadrat negatif yang dilambangkan dengan -√k . Misalkan k = 64 , maka 64 memiliki dua akar yaitu 8 dan -8. Selanjutnya pembahasan Teorema Pythagoras berfokus pada pengukuran panjang, sehingga akar kuadrat yang berlaku berada pada akar positif. Sifat-sifat akar kuadrat dari suatu bilangan ditunjukkan di bawah ini

Contoh 2.1

1. Hitunglah nilai kuadrat bilangan-bilangan berikut.

a. 13²

b. 24²

c. 35²

d. (82,5)²

e. 119²

Jawaban:

a. 13² = 13 x 13 = 169

b. 24² = 24 x 24 = 576

c. 35² = 35 x 35 = 1225

d. (82,5)² = 82,5 x 82,5 = 6806,25

e. 119² = 119 x 119 = 14161

2. Hitunglah nilai akar kuadrat bilangan-bilangan berikut.

a. √49

b. √169

c. √256

d. √484

e.√625

Jawaban:

a. √49 = 7

b. √169 = 13

c. √256 = 16

d. √484 = 22

e.√625 = 25

Segitiga siku-siku

Coba kalian ingat kembali terkait segitiga siku-siku?

Perhatikan segitiga siku-siku ABC berikut beserta bagian-bagiannya.

Keterangan:

a. Segitiga ABC adalah segitiga dengan siku-siku di B dan besar sudutnya adalah 90° .

b. Sisi depan sudut siku-siku atau sisi C adalah sisi terpanjang yang disebut sisi miring (hipotenusa).

c. Sisi lain pembentuk sudut siku-siku (sisi AB dan sisi BC ) disebut sisi siku-siku.

 

Disclaimer:

Kunci Jawaban pada unggahan kontempolan tidak mutlak kebenarannya dan unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

Demikian pembahasan Matematika Kelas 8 Pengayaan halaman 42 Bilangan Berpangkat. Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat mengakses melalui kontenjempolan.id.

admin

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Menemukan Konsep Pythagoras halaman 49 Teorema Pythagoras Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka yang dipublish pada 06/16/2023 di website Konten Jempolan

Artikel Terkait