macam-macam grafik trading

Mengenal Macam-macam Grafik Trading untuk Menghasilkan Profit

kontenjempolan.id – Pada umumnya, hampir di semua platform trading, Anda perlu melihat tampilan grafik data yang bisa Anda baca dan pahami secara real time. Sehingga, Anda bisa mengetahui harga maupun peluang yang muncul pada trading forex. Oleh karena itu, trader harus bisa mengetahui apa saja macam-macam grafik  trading untuk bisa melihat progress dalam berinvestasi.

Macam-macam Grafik Trading 

Grafik trading ini berkaitan dengan analisa teknikal yang berguna untuk melihat bagaimana pergerakan harga di pasar. Selanjutnya, Pergerakan nilai di sini sesuai dengan periode yang dihendaki. Dengan adanya grafik trading bisa lebih memudahkan trader dalam membaca dan menganalisa harga sebelumnya maupun masa depan. Di bawah ini akan Kami ulas mengenai macam grafik trading :

  • Line Chart

Yang pertama ada line chart, grafik ini hanya berupa data pada nilai penutupan saja di periode tertentu dari sebuah pergerakan di bursa saham. Data-data seperti nilai harga pembukaan, nilai harga terendah maupun tertinggi tidak bisa Anda temukan pada grafik trading tipe line chart.

Maka dari itu, pembacaan grafik line chart ini cukup mudah. Jika menanjak maka sedang ada tren bullish sedangkan saat menurun maka terjadi tren bearish. Selain itu, saat line chart mendatar berarti sedang mengalami sideways.

  • Candlestick Chart

Grafik selanjutnya yaitu ada candlestick chart yang bentuknya seperti lilin dalam mempresentasikan pergerakan kurs. Candlestick chart yang berbentuk lilin ini berguna untuk memberikan informasi OHLC.

Kemudian, cara baca grafik ini yaitu bentuk sumbu lilin untuk membaca harga terendah dan tertinggi. Sedangkan batang lilin untuk mengetahui harga pembukaan dan penutupan. Jika harga penutupan lebih rendah daripada harga pembukaan maka grafik lilin tersebut akan berwarna merah sebaliknya jika harga penutupan lebih tinggi akan berwarna hijau.

  • Bar Chart

Bar Chart juga termasuk grafik OHLC bentuknya seperti batang vertikal. Grafik ini bisa memberikan data secara lengkap mulai dari harga pembukaan dan penutupuan maupun harga tertinggi dan terendah. Selain itu, Garis vertikal merupakan rentang harga pada periode tertentu. Sedangkan garis horizontal kecil di sebelah kiri itu harga pembukaan sedangkan sebelah kanan harga penutupan.

Demikianlah ulasan macam-macam grafik trading yang bermanfaat untuk melihat pergerakan saat Anda berinvestasi. Setiap grafik di atas tentu memiliki keunggulan masing-masing. Bar chart lebih banyak digunakan oleh trader Amerika, sedangkan candlestick chart informasinya lebih mudah dibaca daripada bar chart.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.