pengertian pemasaran

Literatur Tentang Pemasaran dan Bisnis

Pemasaran sebagaimana diketahui, adalah inti dari sebuah usaha. Tanpa pemasaran tidak ada yang namanya perusahaan, Pengertian pemasaran menurut pakar marketing asal Amerika Serikat (AS), Phillip Kotler mengatakan Pemasaran adalah Suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk dengan pihak lain Banyak yang menganggap bidang ini identik atau sama dengan bidang penjualan. Sesungguhnya pemasaran memiliki arti yang luas daripada penjualan.

Bidang penjualan merupakan bagian dari bidang pemasaran, sekaligus merupakan bagian terpenting dari bidang pemasaran itu sendiri. Pemasaran merupakan bisnis yang dinamis karena kegiatannya meberupa gabungan hasil interaksi dari berbagai kegiatan, yang programnya di mulai dengan sebutir gagasan produk dan tidak terhenti sampai keinginan konsumen benar-benar terpuaskan setelah memahami perencanaan usaha, langkah selanjutnya mempelajari dan melatih bagaimana barang dan jasa di hasilkan itu di distribusikan atau dipasarkan.

Pengertian Bisnis dan Pemasaran

Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi sedangkan

Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Hal tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan perusahaan, di mana secara langsung berhubungan dengan konsumen. Maka kegiatan pemasaran dapat diartikan sebagai kegiatan manusia yang berlangsung dalam kaitannya dengan pasar.

Pengertian Tujuan dan Fungsi Pemasaran

Seperti kita ketahui, pemasaran adalah suatu proses yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan bisnis, yaitu suatu proses menyeluruh, terpadu, dan terencana, yang dilakukan oleh sebuah organisasi atau institusi dalam melakukan usaha agar mampu mengakomodir permintaan pasar dengan cara menciptakan produk bernilai jual, menentukan harga, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan saling bertukar tawaran yang bernilai bagi konsumen, klien, mitra, dan masyarakat umum.

pengertian pemasaran

Tujuan pemasaran secara umum adalah

1) Promosi Produk atau Layanan Jasa

Tujuan yang pertama dalam pemasaran adalah memperkenalkan atau promosi produk yang telah di produksi kepada para calon konsumen secara umum. Promosi sendiri dapat kita artikan sebagai mengiklankan suatu produk atau merek atau suatu produk atau layanan jasa. Dalam melaksanakan aktifitas promosi banyak media yang dapat digunakan dan dapat di sesuaikan dengan kebutuhan serta modal yang dimiliki.

2) Realisasi Target Penjualan Produk atau Layanan Jasa

Baik perusahaan skala besar maupun kecil tentu memiliki target yang harus terpenuhi dalam satu satuan waktu. Dengan pemasaran yang efektif maka perusahaan tentu akan memperoleh penjualan yang maksimal, namun hal ini tergantung dengan jenis trategi pemasaran apa yang digunakan.Dalam sebuah pemasaran, terdapat devisi khusus yang bertugas untuk memasarkan produk. Devisi tersebut memiliki kemampuan lebih dalam mempromosikan produk dengan komunikasi yang baik, display yanng menarik, strategi penawaran harga yang mahir, bonus dan lain sebagainya, sehingga target yang di tetapkan oleh perusahaan dapat tercapai dengan baik.

3) Mengetahui Kepuasan Konsumen

Strategi pemasaran yang baik selalu berorientasi pada kepuasan konsumen. Karna dengan begitu, para konsumen diharapkan bersedia menggunakan produknya lagi, lagi, dan lagi di lain waktu dan di masa yang akan datang.

Fungsi pemasaran dalam bisnis

Untuk dapat mencapai tujuan dari bisnis tersebut, marketing memiliki fungsi-fungsi penting dalam perusahaan yang dibagi menjadi tiga jenis. Fungsi-fungsi tersebut adalah fungsi pertukaran, fungsi distribusi fisik dan fungsi perantara.

1) Fungsi Pertukaran (Exchange)

Lewat dilakukannya pemasaran, konsumen dapat mengetahui dan membeli suatu produk yang dipasarkan oleh produsen dengan uang ataupun barang lain yang senilai. Produk yang sudah dibeli bisa digunakan untuk keperluan pribadi atau dijual lagi demi mendapat keuntungan.

Dalam fungsi pertukaran, terdapat dua fungsi lain yang mendukung fungsi pertukaran, yaitu :

a) Fungsi Penjualan

Esensi dari fungsi penjualan adalah mempertemukan penjual dan pembeli (permintaan dan penawaran) baik itu secara langsung maupun tidak langsung dengan melaui perantara seperti para agen, sales, dan lain sebagainya.

b) Fungsi Pembelian

Fungsi pembelian yaitu seluruh aktifitas atau hal yang penting untuk di perhatikan dalam rangka mendapatkan
produk atau layanan jasa yang sesuai dengan kriteria baik itu kualitas maupun kuantitas seperti yang di inginkan
konsumen. Kemudian mengusahakan produk yang sesuai kriteria tersebut siap dipergunakan pada waktu, kondisi, dan tempat tertentu dengan harga yang kompetitif.

2) Fungsi Penyimpanan dan Pendistribusian (Storage and Distribution)

Penyimpanan dan pendistribusian merupakan fungsi pemasaran yang kedua, dimana produk – produk yang telah di hasilkan oleh produsen perlu untuk di simpan dalam waktu tertentu dan kemudian di distribusikan kepada para agen – agen atau bahkan langsung kepada para konsumen, sehingga waktu dan tempat merupakan hal penting
untuk lebih di perhatikan. Fungsi yang kedua ini meliputi :

  • a) Pemrosesan (Produk di proses (pengolahan dan pengemasan) untuk siap di jual kepada konsumen)
  • b) Penyimpanan atau Penggudangan ( Menyimpan produk yang telah jadi sampai pada saat siap untuk di salurkan kepada konsumen
  • c) Penganggkutan dan Distribusi (Pemindahan produk dari produsen kepada agen – agen atau langsung ke konsumen akhir)

3). Fungsi Perantara (Intermediaries)

Fungsi terakhir yang dimiliki oleh marketing adalah fungsi perantara yang berfungsi sebagai pembiayaan, pencarian informasi, pengelompokan produk dan lain sebagainya untuk dapat menyampaikan produk kepada konsumen. Fungsi ini menghubungkan kedua fungsi lainnya yaitu fungsi pertukaran dan distribusi fisik.

Peran Pemasaran Dalam Bisnis

Setelah mengetahui fungsi dari pemasaran yaitu fungsi pertukaran, distribusi fisik dan perantara, Kalian juga harus memahami pentingnya peran marketing dalam suatu bisnis.

a. Sebagai Sales

Salah satu peran utama pemasaran dalam bisnis adalah sebagai sales atau penjualan, karena sepertinya yang kita ketahui salah satu unsur penting dari sebuah bisnis adalah laba yang didapatkan dari proses penjualan suatu barang atau jasa yang dihasilkan dari bisnis tersebut.

b. Sebagai Promosi

Marketing juga berperan untuk mempromosikan bisnis dan produk yang dihasilkan bisnis tersebut, baik berupa barang maupun jasa.

c. Riset dan Pengembangan

Selain berperan sebagai sales dan promosi, marketing juga berperanm dalam hal riset dan dan pengembangan produk agar produk yang disediakan bisnis selalu up to date dan dapat memenuhi kebutuhan pasar yang berubah-ubah. Hal ini bertujuan agar dapat meningkatkan penjualan dan laba perusahaan.

d. Implementasi dari Konsep Marketing Communication

Marketing communication atau komunikasi pemasaran merupakan suatu bidang dalam komunikasi yang bertugas menjalankan strategi komunikasi dalam mengkomunikasikan.

Aktivitas Mandiri

Cobalah kalian cari literatur tentang Pemasaran selain yang tercantum di dalam materi! Cari melalui surat kabar, majalah, internet, atau media lain. Buatlah rangkuman dari hasil studi pustaka tersebut !!.

Contoh Literatur Pemasaran dan Bisnis Dan Rangkumanya

  1. Literatur Peran Pemasaran dalam Bisnis – DOWNLOAD DISINI
  2. Literatur Fungsi Pemasaran dan Bisnis – DOWNLOAD DISINI

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.