Lembar Aktivitas 5 halaman 250 dan 251 Peta wilayah masing-masing IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Lembar Aktivitas 5 halaman 250 dan 251 Peta wilayah masing-masing IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Lembar aktivitas 5

Petunjuk kerja:

• Kerjakan tugas dengan teman kalian

• Gunakan berbagai sumber untuk mengerjakan tugas ini. Data BPS daerah dapat kalian gunakan.

• Tulis dan sampaikan temuan kalian di kelas!

Tahapan tugas:

• Amatilah peta daerah kalian misalnya peta desa, peta kelurahan, dan peta kecamatan/distrik. Kalian dapat menggunakan peta umum atau peta tematik (baik peta biasa maupun digital dari penyedia layanan peta daring) untuk pengamatan.

• Amatilah informasi yang terdapat di peta tersebut selanjutnya amatilah pula bagaimana dengan kondisi di lingkungan yang sebenarnya!

• Temukan perbedaan informasi yang terdapat di peta dengan kondisi lingkungan yang sebenarnya! Misalnya, informasi di peta tertulis sebagai daerah kawasan hijau/lahan pertanian tetapi ternyata kondisinya dan peruntukkannya telah berubah menjadi daerah pemukiman.

• Analisislah penyebab perubahan dan perbedaan dengan kondisi lingkungan sebenarnya!

• Identifikasilah dampak dari perubahan tersebut bagi kehidupan dalam jangka pendek (5 tahun) dan jangka panjang (10 tahun)!

• Berikan solusi terkait masalah informasi tata ruang.

Penjelasan:

Jika dicermati, soal di atas termasuk tugas praktik di mana siswa diminta mengamati peta tematik di daerah tempat tinggalnya masing-masing lalu menjawab sejumlah soal sesuai dengan informasi yang didapatkan dari proses identifikasi. Oleh sebab itu, soal tentu tak bisa diwakilkan sebab tak akan mewakili kondisi siswa. Penjelasan dalam jawaban ini hanya akan membahas mengenai apa itu peta tematik dan fungsinya.

Pembahasan

Peta tematik adalah salah satu jenis peta yang di dalamnya menampilkan sebagian permukaan bumi secara khusus atau berdasarkan tema tertentu saja. Contohnya peta persebaran fauna, maka yang akan kalian jumpai pada terkait hanya wilayah-wilayah dengan persebaran fauna tertentu. Contoh lainnya adalah peta curah hujan yang hanya akan menampilkan wilayah-wilayah dengan keterangan curah hujannya.

Fungsi dari peta tematik adalah untuk memberikan gambaran persebaran suatu fenomena secara geografis sehingga bisa memberikan informasi yang memadai bagi pihak-pihak yang membutuhkan.

Untuk mendapatkan pembahasan Soal Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses di kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *