Breaking News
Langkah Sistem Operasi dalam Mengelola Prosesor, Informatika SMA Kelas 10 Bab 4 Sistem Komputer Kurikulum Merdeka

Langkah Sistem Operasi dalam Mengelola Prosesor, Informatika SMA Kelas 10 Bab 4 Sistem Komputer Kurikulum Merdeka

Kontenjempolan.id-Langkah Sistem Operasi dalam Mengelola Prosesor, Informatika SMA Kelas 10 Bab 4 Sistem Komputer Kurikulum Merdeka.

Dalam artikel yang ada di Kontenjempolan ini akan membahas kunci jawaban dari pertanyaan atau soal “Penjelasan Lengkap Langkah Sistem Operasi dalam Mengelola Prosesor” Pertanyaan ini dapat kamu temukan di dalam buku Informatika SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka Bab 4 Sistem Komputer halaman 74-75.

Pembahasan kali ini dapat kamu simak dan bisa digunakan untuk mencocokan dengan jawaban yang telah kamu kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri yaa..

Pertanyaan/Soal:

Sebutkan Langkah Sistem Operasi dalam Mengelola Prosesor

Jawaban

Mengelola prosesor.

Sistem Operasi juga mengelola CPU. Saat sebuah program aplikasi diaktifkan, Sistem Operasi memuat program tersebut ke memori (RAM) dan CPU akan mengeksekusinya (penjelasan detail mengenai eksekusi program akan dijelaskan dalam pembahasan tentang mesin konseptual sederhana).

CPU kemudian diinstruksi oleh Sistem Operasi untuk menjalankan program. Jadi, SO bekerja sama dengan CPU untuk menjalankan sebuah program.

Pada saat multitasking (menjalankan banyak program sekaligus), Sistem Operasi mengatur penggunaan waktu prosesor dengan menggilir pekerjaan. Bagian Sistem Operasi yang mengelola penggiliran CPU disebut scheduler (penjadwal).

Disclaimer:

  1. Kunci jawaban yang ada dalam unggahan Kontenjempolan tidak mutlak kebenarannya
  2. Unggahan ini bisa kamu gunakan sebagai salah satu acuan atau bahan pembelajaran dalam mengerjakan soal bukan sebagai jawaban utama
  3. Kunci jawaban dalam unggahan ini bisa saja memiliki perbedaan dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka lainnya dapat kamu akses dalam Kontenjempolan.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *