Kunci Jawaban Uji Pemahaman halaman 43 ” Peluang dan Tantangan Pancasila di Lingkunagn Pelajar” PPKn SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Uji Pemahaman halaman 43 ” Peluang dan Tantangan Pancasila di Lingkunagn Pelajar” PPKn SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Uji Pemahaman

Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman kalian tentang unit ini, jawablah pertanyaan berikut.

a. Saat era digital seperti sekarang ini, bagaimana peluang Pancasila diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di kalangan pelajar seperti kalian?

Jawaban:

Kemajuan teknologi dan era digital yang melanda dunia sekarang ini telah membawa berbagai perubahan bagi masyarakat. kemudahan untuk mengakses berbagai informasi tanpa batas dapat dilakukan dengan mudah, kejadian apapun di belahan bumi manapun dapat diakses dan diketahui dalam sekejap tanpa ada yang membatasi.

Kemajuan zaman dan teknologi memiliki pengaruh positif dan negatif. Meskipun banyak anak bangsa yang memanfaatkan teknologi untuk hal-hal yang berguna namun pengaruh negatifnya juga telah terlihat nyata. Saat ini dampak negatif yang nyata terlihat adalah berkembangnya budaya asing atau budaya barat yang telah menjadi biasa di Indonesia, telah menggeser budaya luhur bangsa sendiri. Budaya asing sudah merajalela masuk dalam pola kehidupan sehari-hari menjadi hal yang lumrah dapat ditemui dimana-mana, mulai dari kebiasaan berpakaian, berbicara, berprilaku dan sebagainya.

Walaupun peluang diterapkannya nilai Pancasila sangat berat akan tetapi hal ini harus dilakukan dan perlu di perketat lagi dalam penerapannya. Perlu di perketat lagi penerapannya dari tingkat atas ke tingkat yang paling rendah, dari pemerintah sampai ke rakyatnya. Pancasila yang merupakan dasar Negara yang mengandung Nilai-nilai luhur yang harus melekat dan menjadi ciri bangsa Indonesia, harus mampu tercermin dalam aktivitas kehidupan sehari-hari di semua golongan. Pancasila merupakan pondasi, azas dan pandangan serta pedoman hidup bangsa Indonesia. Pancasila memuat nilai-nilai luhur yang yang mengatur tatanan kehidupan dan menjadi ciri bangsa yang dimiliki oleh rakyat Indonesia.

Peluang Pancasila dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di kalangan pelajar, yaitu dengan bantuan teknologi informasi, kita dapat mengkampanyekan nilai-nilai Pancasila ke seantero dunia dengan mudah dan cepat. Tak hanya itu, praktik kehidupan kita yang berlandaskan Pancasila juga dapat menjadi inspirasi bagi bangsa-bangsa di dunia.

Berikutnya penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di kalangan pelajar :

1. Menerapkan nilai-nilai pancasila.

2. Mengetahui dan melaksanakan makna butir-butir pancasila.

3. Menghormati guru.

4. Giat belajar.

5. Saling bersikap terbuka dn toleransi.

b. Selain itu, apa saja yang menjadi tantangan bagi para pelajar dalam menerapkan Pancasila pada era digital seperti saat ini?

Jawaban:

Yang menjadi tantangan bagi para pelajar dalam menerapkan Pancasila pada era digital seperti saat ini, yaitu para pelajar dapat terpengaruh hal-hal buruk dari luar yang tidak sesuai dengan Pancasila dan tradisi kita. Karena teknologi informasi pula, hoaks dan ujaran kebencian menyebar sangat masif di media sosial. Tak jarang, informasi yang kita terima bukan saja tidak benar tetapi juga seringkali merugikan.

Dengan teknologi informasi pula, ideologi-ideologi yang bertentangan dengan Pancasila dapat menyebar dengan cepat dan tentu berpengaruh terhadap kehidupan berbangsa. Ide-ide yang mengarah kepada radikalisme dan terorisme bertebaran di jagat maya dan dapat mempengaruhi kita. Dengan teknologi informasi, narkoba juga dapat menyebar dengan cepat hingga ke desa dan perkampungan.

Selain itu, tantangan bagi para pelajar dalam menerapkan Pancasila pada era digital seperti saat ini :

1. Tawuran.

2. Narkoba.

3. Kecanduhan digital.

4. Melakukan pemberontakan.

5. Melakukan aksi domokrasi.

Baca Juga Kunci Jawaban Aktivitas Belajar 3 halaman 50 ” Gotongroyong” PPKn SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Demikian yang dapat kami bahas, semoga dapat menjadi reverensi belajar adik-adik dalam memahami Peluan dan Tantangan Pancasila di Lingkungan Pelajar.

Jawaban di atas hanya digunakan untuk memandu atau reverensi sumber belajar.

Untuk mencari pembahasan Soal materi Kurikulum Merdeka yang lain dapat di akses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.