Kunci Jawaban Uji Pemahaman halaman 37 “Penerapan Pancasila dalam konteks kehidupan berbangsa” PPKn SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Uji Pemahaman halaman 37 “Penerapan Pancasila dalam konteks kehidupan berbangsa” PPKn SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

UJI PEMAHAMAN

Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman kalian tentang unit ini, jawablah pertanyaan di bawah ini.

a. Bagaimana penerapan Pancasila dalam konteks kehidupan berbangsa? Apakah sudah terimplementasi atau belum?

Jawaban :

Penerapan Pancasila dalam konteks kehidupan berbangsa adalah upaya yang harus dilakukan untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, sesuai dengan tujuan dan cita-cita Pancasila salah satunya yaitu menciptakan harmonisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sebagai dasar negara, Pancasila telah dirumuskan melalui diskusi panjang dan hati-hati oleh para tokoh di Indonesia. Pancasila Tidak hanya berfungsi sebagai ideologi saja, Pancasila juga dapat diartikan sebagai falsafah dan pandangan hidup yang merekatkan segala perbedaan, serta memiliki fungsi sentral dalam berbagai aspek kehidupan seperti aspek pendidikan, sosial, dan ekonomi bangsa.

Dalam pengimplementasian nya, menurut saya hingga hari ini belumlah terimplementasikan sepenuhnya. Kendala yang ada dalam implementasi Pancasila saat ini dapat dilihat dalam pemberlakuan Hukum. Dimana adanya semboyan hukum Indonesia, tajam kebawah tumpul keatas. Dimana masyarakat Indonesia bisa dengan mudah bebas dari jeratan hukum apabila memiliki kekayaan berlimpah seperti koruptor yang dihukum ringan, sedangkan pelanggar hukum oleh masyarakat kebawah selalu terasa tajam. Hal ini menjadi tantangan bagi bangsa Indonesia, untuk terus memerangi hukum bagi para koruptor yang dengan mudah terbebas dari hukum akibat perbuatannya yang merugikan negara.

b. Jika sudah, sebutkan contohnya. Jika belum, sebutkan hal yang menjadi tantangannya.

Jawaban:

Contoh tantangan yang ada dalam implementasi Pancasila saat ini dapat dilihat dalam pemberlakuan Hukum. Dimana adanya semboyan hukum Indonesia, tajam kebawah tumpul keatas. Dimana masyarakat Indonesia bisa dengan mudah bebas dari jeratan hukum apabila memiliki kekayaan berlimpah seperti koruptor yang dihukum ringan, sedangkan pelanggar hukum oleh masyarakat kebawah selalu terasa tajam. Hal ini menjadi tantangan bagi bangsa Indonesia, untuk terus memerangi hukum bagi para koruptor yang dengan mudah terbebas dari hukum akibat perbuatannya yang merugikan negara.

Berikutnya masih banyak ditemukannya masyarakat yang intoleran terhadap ras, suku, dan yang sering terjadi yaitu agama.

c. Apakah kehidupan masyarakat di sekitar telah sesuai dengan nilai-nilai Pancasila?

Jawaban:

Kehidupan bermasyarakat yang ada di sekitar berbeda-beda. Ada orang yang sudah mempraktikkan kehidupan bermasyarakat yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Selain itu ada juga yang belum mempraktikkan kehidupan bermasyarakat yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila.

Kehidupan masyarakat disekitar lingkungan hidup yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila adalah:

1) Perilaku masyarakat yang selalu hadir dalam kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan sekitar.

2) Perilaku masyarakat yang selalu berkerja sama dengan orang lain dalam menyelesaikan suatu masalah.

3) Perilaku masyarakat yang selalu berhubungan baik dengan tetangga.

4) Perilaku masyarakat yang adil dalam menjalankan hak dan kewajiban yang dirinya dan orang lain miliki.

Kehidupan masyarakat disekitar lingkungan hidup yang belum sesuai dengan nilai-nilai pancasila adalah:

1) Perilaku masyarakat yang tidak mau hadir dalam kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan sekitar.

2) Perilaku masyarakat yang tidak mau berkerja sama dengan orang lain dalam menyelesaikan suatu masalah.

3) Perilaku masyarakat yang gemar berkelahi atau bermusuhan dengan tetangga.

4) Perilaku masyarakat yang hanya mementingkan haknya sendiri dan merampas hak milik orang lain.

d. Apa saja karakter atau ciri-ciri kehidupan masyarakat yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila?

Jawaban:

Ciri-ciri kehidupan masyarakat yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila

1) Religius

Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.

2) Jujur

Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.

3) Toleransi

Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.

4) Disiplin

Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.

5) Kerja Keras

Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.

6) Kreatif

Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.

7) Mandiri

Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.

8) Demokratis

Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.

9) Rasa Ingin Tahu

Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.

10) Semangat Kebangsaan

Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.

11) Cinta Tanah Air

Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.

12) Menghargai Prestasi

Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.

13) Bersahabat/Komunikatif

Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.

14) Cinta Damai

Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.

15) Gemar Membaca

Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.

16) Peduli Lingkungan

Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.

17) Peduli Sosial

Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.

18) Tanggung Jawab

Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.

Baca Juga Kunci Jawaban Uji Pemahaman halaman 43 ” Peluang dan Tantangan Pancasila di Lingkunagn Pelajar” PPKn SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Demikian yang dapat kami bahas, semoga dapat menjadi reverensi belajar adik-adik dalam memahami Penerapan Pancasila dalam Konteks Kehidupan Berbangsa.

Untuk mencari pembahasan Soal materi Kurikulum Merdeka yang lain dapat di akses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.