Kunci Jawaban Uji Pemahaman halaman 162 PPKn SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Uji Pemahaman halaman 162 PPKn SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Uji Pemahaman

Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman kalian tentang unit ini, jawablah pertanyaan berikut:

1. Pernahkah kamu menemukan praktik-praktik yang bertentangan dengan semangat penghargaan terhadap keragamaan di lingkungan sekolah atau tempat tinggalmu? Berikan penjelasan.

Jawaban:

Di lingkungan sekitar, berikut adalah beberapa praktik-praktik yang bertentangan dengan sikap saling menghargai terhadap keragaman:

a. Menutup tempat ibadah yang digunakan oleh agama lain meskipun tempat ibadah tersebut sudah memiliki izin yang diperlukan.

b. Adanya diskriminasi yang masih terjadi kepada etnis-etnis tertentu.

c. Adanya stereotip yang dikenakan pada suku bangsa tertentu sehingga mendorong perilaku yang cenderung diskriminatif.

Menurut saya, hal tersebut merupakan bentuk intoleransi atas keberagaman, sehingga bukan saja melanggar peraturan undang-undang, melainkan juga melanggar nilai-nilai Pancasila dan Kebhinekaan.

2. Banyak sekali budaya luar yang datang ke Indonesia dan disukai oleh anak-anak muda. Bagaimana kalian menjelaskan kenyataan ini?

Jawaban:

Banyak sekali budaya luar yang datang ke Indonesia dan disukai oleh anak-anak muda. Contoh budaya luar yang masuk seperti K-Pop dan K-Drama, kartun, anime, komik/manga, novel, sinetron, dsb.

Di tengah maraknya arus globalisasi yang masuk ke Indonesia ini, membuat dampak negatifnya sendiri bagi Bangsa Indonesia terutama bagi kalangan remaja Indonesia di bidang kebudayaan. Karena semakin terkikisnya nilai – nilai budaya kita oleh pengaruh budaya asing yang masuk ke negara kita dan sudah menghilang sedikit demi sedikit.

Salah satu contoh yang dapat dilihat dari sisi negatif kebudayaan asing yang datang ke Indonesia adalah gaya hidup orang asing, mulai dari cara berpakaian kurang sopan yang seharusnya tidak digunakan sampai dengan cara bergaul mereka.

Contoh sisi negatif lainnya yaitu, cara bergaul mereka yang terlalu bebas yang di adopsi remaja kita menyebabkan banyak sekali penyimpangan norma di Indonesia.

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka mata pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.