Kunci Jawaban Uji Pemahaman halaman 157 dan 158 PPKn SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Uji Pemahaman halaman 157 dan 158 PPKn SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Uji Pemahaman

Untuk mengetahui sejauh mana pemahamanmu tentang unit ini, jawablah pertanyaan berikut:

a. Jika ada keragaman dalam sebuah negara, apa yang perlu dilakukan agar negara itu menjadi kuat? Kolaborasi, kompetisi atau negasi?

Jawaban:

Jika ada keragaman dalam sebuah negara, yang perlu dilakukan agar negara itu menjadi kuat adalah Kolaborasi. Keberagaman bisa membuat negara unggul dan kuat jika mampu berkolaborasi. Contohnya Indonesia, karena keberagaman suku, agama dan budaya suatu bangsa memiliki karakteristik khas yang tidak dimiliki bangsa lain.

b. Mengapa kolaborasi dan kerja sama itu penting bagi sebuah bangsa?

Jawaban:

Kolaborasi dan kerja sama itu penting bagi sebuah bangsa karena kolaborasi dan kerja sama keragaman akan menyatukan beragam identitas suku, agama dan budaya. Misalnya, negara Indonesia memiliki keanekaragaman budaya dan kekayaan bahasa yang sangat banyak, dengan kekhasan yang berbeda satu sama lain, dan ketika keanekaragaman dan kekayaan itu menyatu menjadi satu bangsa akan membuat negara unggul.

c. Apa contoh atau model kolaborasi kebudayaan yang ideal menurut kalian?

Jawaban:

Menurut saya, contoh atau model kolaborasi kebudayaan yang ideal adalah mengenalkan atau mempromosikan kekayaan budaya, tradisi atau nilai-nilai yang dimiliki oleh bangsa Indonesia ke masyarakat dunia serta melakukan kolaborasi dengan kebudayaan bangsa lain.

 

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka mata pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.