Kunci Jawaban Uji Kompetensi Bab 5 Halaman 251 Persamaan Garis Lurus Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Uji Kompetensi Bab 5 Halaman 251 Persamaan Garis Lurus Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka.

Hallo Adik-adik, kontenjempolan.id kali ini akan membahas materi Matematika SMP Kelas 8 halaman 251. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 5 Persamaan Garis Lurus.

Persamaan Garis Lurus

Uji Kompetensi Bab 5

A. Pilihlah jawaban pada soal berikut dengan jawaban yang benar dan tepat

1. Grafik berikut yang sesuai dengan persamaan 3x – y + 6 = 0 adalah ….

Jawaban: C

2. Persamaan Garis Lurus y = mx + c melalui titik (x1,y1) dengan kemiringan m. Coba fokuskan perhatian Kalian pada bentuk lain persamaan garis lurus dalam tabel.

Berdasarkan sajian pada tabel di atas, maka bentuk persamaan garis lurus A dan B berturut-turut adalah…..

a. y = 2x dan y = 3x – 8

b. y = 2x – 1 dan y = 3x

c. y = 2x + 1 dan y = 3x + 4

d. y = 2 x dan y = 3x – 4

Jawaban: A. y = 2x dan y = 3x – 8

3. Diagram berikut menunjukkan suatu tangga pada rumah tertentu, terdapat 14 anak tangga dengan tinggi 252 cm.

Total tinggi untuk setiap pijakan dari 14 pijakan adalah…..

a. 14 cm

b. 18 cm

c. 28 cm

d. 36 cm

Jawaban: B. 18 cm

4. Persamaan garis yang tegak lurus dengan garis y = 1/3x – 6 dan melalui titik (-2, 4) adalah ……

a. y = – 3x

b. y = 3x – 6

c. y = 3x + 4

d. y = -3x – 2

Jawaban: D. y = -3x – 2

Alternatif Pembahasan

Titik yang dilalui (–2, 4) dan m1 = 1/3

g1 g2 m1 x m2 = -1
x m2 = -1
m2 = -3

Sehingga

⇔y – y1 = m2 (x – x1) y – 4 = -3[x – (-2)]
y – 4 = -3 (x + 2)
⇔y – 4 = -3x – 6
y = -3x – 6 + 4
⇔y = -3x -2

5. Titik P(2,-1) dan R(6,2) merupakan titik sudut yang berhadapan pada sisi persegi panjang PQRS yang sejajar dengan sumbu-sumbu koordinat, maka persamaan garis yang melalui titik Q dan S adalah ….

a. 4x – 3y + 14 = 0

b. 4x + 3y – 14 = 0

c. 3x + 4y – 14 = 0

d. 3x – 4y + 33 = 0

Jawaban: C. 3x + 4y – 14 = 0

 

B. Kerjakan soal-soal berikut dengan benar

6. Cocokkan setiap persamaan garis lurus pada poin a) dengan kemiringan garis pada poin b) dengan titik potong pada sumbu-y pada poin c) dan gambar graik pada poin d).

Jawaban:

Alternatif Jawaban

a. (i) y = x – 3, kemiringan = 1, titik potong sumbu y (0, -3) pada gambar (iv)

b. (ii) y = 3x – 2, kemiringan = 3, titik potong sumbu y (0, -2) pada gambar (iii)

c. (iii) 2y – x = 4, kemiringan = 1/2, titik potong sumbu y (0, 2) pada gambar (ii)

d. (iv) 2x+y-3 = 0, kemiringan = 2, titik potong sumbu y (0, 3) pada gambar (i)

7. Persentase pembelajaran yang terjadi dengan akses internet digambarkan pada graik di samping.

a. Antara tahun 2021 dan 2023, seberapa besar laju persentase kelas yang memiliki akses internet akan berubah?

b. Tahun berapakah akan ada sebesar 90% ruang kelas yang menggunakan internet jika persentase kelas yang menggunakan internet meningkat antara tahun 2022 dan 2023?

c. Apakah graiknya akan terus naik tanpa batas? Jelaskan.

Jawaban:

a. Besar laju perubahan persentasenya adalah 26%

b. Pada tahun 2024

c. Iya, karena graiknya berupa garis lurus dengan kemiringan tetap.

8. 8. ACB adalah garis lurus. A adalah titik (0, 8), dan B adalah titik (4, 0). C adalah titik tengah AB. Garis DCE tegak lurus dengan garis ACB.

Tentukan persamaan garis DCE.

Jawaban:

“Serahkan kepada teman Guru ”

9. Kemiringan ketiga garis, l1, l2 dan l3; berturut-turut adalah 3, 4, dan 5. Sumbu-y dilalui oleh ketiga garis tersebut pada titik yang sama. Pada titik-titik di mana setiap garis memotong sumbu-x, jumlah koordinat x tersebut sama dengan 47/60. Temukan persamaan garis l1, l2 dan l3.

Jawaban:

“Serahkan kepada teman Guru ”

10. Titik A(5,-4),B(2,-8) dan C (k,-12) terdapat pada garis tertentu yang segaris.

a. Tentukan nilai k

b. Titik P berada di sumbu-x sedemikian sehingga AP = AB,

(i) Tentukan koordinat titik P.

(ii) Tentukan persamaan garis yang melalui P dan titik (0,4).

Jawaban:

a. Nilai k = 1

b. (i) Koordinat titik P adalah (8, 0)

(ii) Persamaan garis yang melalui P dan titik (0, 4) adalah x + 2y -8 = 0

 

Disclaimer:

Kunci Jawaban pada unggahan kontempolan tidak mutlak kebenarannya dan unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

Demikian pembahasan Matematika Kelas 8 Uji Kompetensi Bab 5 halaman 251 Persamaan Garis Lurus. Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat mengakses melalui kontenjempolan.id.

admin

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Kunci Jawaban Uji Kompetensi Bab 5 Halaman 251 Persamaan Garis Lurus Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka yang dipublish pada 07/13/2023 di website Konten Jempolan

Artikel Terkait