Kunci Jawaban Soal Ringkasan halaman 190 Peluang Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka
kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Soal Ringkasan halaman 190 Peluang Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka.
Hallo Adik-adik, kontenjempolan.id kali ini akan membahas materi Matematika SMP Kelas 8 halaman 190. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 6 Peluang.
Soal Ringkasan
Penggunaan Praktis
1. Heru sedang menonton acara “Tebak di manakah hadiahnya?” di TV. Permainan ini dibawakan pembawa acara dan kontestan seperti berikut.
Tebak Kotak Berhadiah
Ada tiga kotak di depan kontestan. Satu di antaranya adalah kotak berhadiah. Pembawa acara mengetahui kotak mana yang merupakan kotak berhadiah.
[Prosedur]
(1) Pertama, kontestan memilih 1 kotak.
(2) Pembawa acara membuka 1 kotak tak berhadiah dari 2 kotak yang belum dipilih.
(3) Kontestan harus memutuskan apakah akan “mengubah” atau “tidak mengubah” kotak yang ia pilih.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
(1) Jika kita putuskan untuk “tidak mengubah kotak” sejak mula-mula, prosedur 1 di atas menentukan apakah kita akan menang atau tidak. Bila 1 kotak dipilih dari 3 kotak, tentukan peluang bahwa kotak yang dipilih adalah berhadiah.
Jawaban:
1/3
(2) Heru berpikir tentang situasi di mana seseorang harus memutuskan apakah akan “mengubah kotak” dari awal atau tidak seperti berikut. Isilah [ ] dan berilah penjelasan.
Penjelasan Heru
Bila pertama kali kita memilih kotak berhadiah, tidak masalah kotak mana pun yang dibuka oleh pembawa acara, maka kotak yang belum terbuka pastilah kotak tidak berhadiah karena keduanya memang kotak tidak berhadiah.
Jika pertama kali kita memilih kotak tidak berhadiah,
[ ]
Oleh karena itu, jika kita mengubah kotak, kita akan pasti memenangi permainan.
Jawaban:
Contoh
Dua kotak yang tersisa masing-masing adalah kotak tertebak dan kotak meleset. Karena pembawa acara membuka kotak yang meleset, kotak yang tersisa selalu tertebak.
(3) Heru menduga bahwa jika keputusannya adalah “mengubah kotak” dari awal, maka kita akan memiliki kesempatan menang lebih besar. Jika kita ingin memeriksa apakah dugaan ini benar atau tidak dengan percobaan, pilihlah cara paling tepat untuk mengerjakan percobaan dari a ~ d berikut.
(a) Mainkan “ubah kotak” 3 kali dan periksa apakah akhirnya kita akan dapat memilih kotak berhadiah.
(b) Mainkan “ubah kotak” dan “tidak mengubah kotak” secara bergantian dan periksa dengan cara mana kita akan menang.
(c) Mainkan keduanya “ubah kotak” dan “tidak mengubah kotak” 3 kali, lalu bandingkan hasilnya.
(d) Mainkan keduanya ‘ubah kotak” dan “tidak mengubah kotak” 100 kali, lalu bandingkan hasilnya.
Jawaban:
(d) Mainkan keduanya ‘ubah kotak” dan “tidak mengubah kotak” 100 kali, lalu bandingkan hasilnya.
Jika masih ada waktu, penting untuk melakukan eksperimen dan menegaskan kembali pemahaman tentang arti peluang.
Meskipun di buku ajar pengerjaannya hanya sampai sini, Anda mungkin mendapati kemungkinan tertebak ketika kotak diubah di bagian akhir.
Seperti yang Anda lihat dari (2), jika kotak yang Anda pilih pertama kali meleset, Anda pasti akan menang jika Anda mengganti kotak tersebut. Oleh karena itu, karena ini sama dengan kemungkinan memilih kotak yang awalnya meleset, maka peluangnya menjadi 2/3.
Disclaimer:
Kunci Jawaban pada unggahan kontenjempolan tidak mutlak kebenarannya dan unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
Demikian pembahasan Matematika Kelas 8 Soal Ringkasan halaman 190 Bab 6 Peluang. Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat mengakses melalui kontenjempolan.id.