Kunci Jawaban Soal Penjumlahan dan Pengurangan Halaman 31 Penjumlahan dan Pengurangan Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka
kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Soal Penjumlahan dan Pengurangan Halaman 31 Penjumlahan dan Pengurangan Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.
Penjumlahan dan Pengurangan
Hitungan dengan Dua Operasi: Penjumlahan dan Pengurangan
Mempelajari hitungan yang melibatkan dua operasi penjumlahan dan pengurangan sekaligus.
Berikan kalimat matematika yang memuat dua operasi. Dapatkah kamu menemukan cara menjawabnya?
1. (+2) + (-5) – (-4) 2. (-6) – (+7) – (-6)
Jawaban:
Hitung dengan mengonversi ke rumus tambahan saja
(1) (+2) + (-5) _ (-4)
= (+2) + (-5) + (+4) = +1
(2) (-6) – (+7) – (-6)
= (-6) – (+7) + (+6) = -7
Kita dapat mengubah kalimat matematika yang mengandung penjumlahan dan pengurangan menjadi penjumlahan saja.
Pada kalimat matematika penjumlahan (+2) + (-5) + (+4), maka bilangan-bilangan yang kita jumlahkan: +2, -5, dan +4 disebut suku-suku dari pernyataan matematika tersebut. +2 dan +4 adalah suku-suku positif -5 adalah suku negatif.
1. Ubahlah pernyataan-pernyataan berikut ini menjadi kalimat penjumlahan saja. Sebutkan suku-suku positif dan negatifnya.
(1) (+4) – (-3) (2) (+7) – (+2)
(3) (-9) + (-4) – (-6) (4) (-5) – (-3) – (-8)
Jawaban:
(1) bentuk penjumlahan = (+4) + (+3)
bentuk positif +4, bentuk positif +3
(2) bentuk penjumlahan = (+7) + (-2)
bentuk positif +7, bentuk negatif -2
(3) bentuk penjumlahan = (-9) + (-4) + (+6)
bentuk positif…+6,
bentuk negatif…-9, -4
(4) bentuk penjumlahan = (-5) + (+3) + (+8)
bentuk positif..+3, +8
bentuk negatif…-5
K i t a d a p a t m e n u l i s k a n k a l i m a t m a t e m a t i k a p e n j u m l a h a n t a n p a menuliskan tanda + dalam kurung. Selain itu, jika suku pertama positif, maka tanda + bisa dihapus.
2. Ubahlah pernyataan berikut ini menjadi pernyataan penjumlahan saja, kemudian hapus tanda kurung dan sajikan dengan susunan suku-sukunya.
(1) (+10) – (+15) (2) (-7) – (-9)
(3) -1) + (-4) – (-7) (4) (+6) – (-8) – (+16)
(5) (+7) – (+3) + (-5) – (-1) (6) (-2) + (+9) – (+1) – (-4)
Jawaban:
(1) (+10) + (-15)
= 10 – 15
(2) (-7) + (+9)
= -7 + 9
(3) (-1) + (-4) + (+7)
= -7 – 4 + 7
(4) (+6) + (+8) + (-16)
= 6 + 8 – 16
(5) (+7) + (-3) + (-5) + (+1)
= 7 – 3 – 5 + 1
(6) (-2) + (+9) + (-1) + (+4)
= -2 + 9 -1 + 4
3. Nyatakan dalam menggunakan tanda + dan kurung.
(1) 6-8 (2) -14 – 13 (3) -4 + 9 – 7 (4) 7 – 8 + 6 – 2
Jawaban:
(1) (+6) + (-8)
(2) (-14) + (-13)
(3) (-4) + (+9) + (-7)
(4) (+7) + (-8) + (+6) + (-2)
4. Selesaikan Soal 2 dan Soal 3.
Jawaban Soal 2
(1) -5 (3) 3 (5) 0
(2) 2 (4) -2 (6) 10
Jawaban Soal 3
(1) -2 (3) -2
(2) -27 (4) 3
5. Hitunglah.
(1) -3 + (-2) – (-9) (2) 8 – (+7) – 5
(3) -2 – (-3) + 7 + (-4) (4) 3 + (-8) – (-5) – 1
Jawaban:
(1) 4 (3) 4
(2) -4 (4) -1
6. Hitunglah.
(1) 11 – 17 + 13 (2) -14 + 19 + 12 – 20
(3) -3,1 – 5,9 (4) -0,6 – (-1)
(5) (1/6 ) –(3/4 ) (6) (-2/7) +(6/7)– (3/7)
Jawaban:
(1) 7 (4) 0.4
(2) -3 (5) – 7/12
(3) -9 (6) 1/7
Cermati
Di Sekolah Dasar kita belum belajar bilangan lebih kecil kurangi bilangan yang lebih besar. Sebagai contoh, “6 – 8”. Dengan menggunakan bilangan-bilangan negatif, 0, dan positif, maka kita dapat melakukan pengurangan tersebut. Kita dapat memandang “6 – 8” sebagai “6 minus 8”. Berdasarkan penjelasan pada halaman 31, kita juga dapat melihatnya sebagai susunan suku-suku atau “6 plus -8”
Pada rumus (+6) + (-8), tanda positif + dan simbol aritmatika + memiliki arti yang berbeda. Oleh karena itu, operasi ini biasanya dibaca sebagai “plus 6 plus minus 8”. Ini akan lebih mudah kita pahami jika tanda ditulis lebih kecil dari simbol aritmatika dan ditulis sebagai (+ 6) + (- 8), seperti yang digunakan di beberapa negara.
Tidaklah diinginkan untuk secara tidak sadar membaca “6-8” sebagai “6 kurangi 8” atau “6 kurangi 8”. Akan tetapi, untuk mempelajari penjumlahan aljabar, ambil salah satu dari dua pembacaan tersebut.“6-8” dapat dibaca sebagai “6 kurangi 8” jika kita anggap sebagai perpanjangan dari metode pengurangan ke sekolah dasar. Di sisi lain, dalam studi tentang penjumlahan aljabar (halaman 31-33), perlu pelajari bahwa rumus penjumlahan “(+ 6) + (-8)” dapat kita tulis sebagai “6 -8” hanya dengan menyusun suku-suku. Artinya, “6-8” dapat dibaca sebagai “6 kurangi 8” dengan menganggapnya sebagai ekspresi penjumlahan. Oleh karena itu, pada tahap ini, “6-8” dapat dibaca sebagai “6 dikurangi 8” atau “6 minus 8”.
Disclaimer:
Kunci jawaban pada unggahan kontenjempolan tidak mutlak kebenarannya dan unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
Demikian pembahasan Matematika Kelas 7 SMP halaman 31 Soal Penjumlahan dan Pengurangan, Penjumlahan dan Pengurangan. Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.