Kunci Jawaban Soal Pengurangan Halaman 26 Penjumlahan dan Pengurangan Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Soal Pengurangan Halaman 26 Penjumlahan dan Pengurangan Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Penjumlahan dan Pengurangan

Pengurangan

1. Melanjutkan permainan kartu pada , isilah tabel berikut ini dengan kalimat pengurangan untuk menghitung banyaknya langkah perpindahan pada giliran kedua.

Jawaban:

b (+1) – (+4)

a (+2) – (-3)

c (-6) – (-2)

Permainan matematika dengan mengungkapkan apa yang dibahas di Q dengan operasi pengurangan. Dengan kata lain, jika pergerakkan kedua adalah ? hubungan ini dapat ditunjukkan dengan bentuk operasi berikut

(+2) + ( ) = +5

Di sini, karena pengurangan adalah operasi kebalikan dari penjumlahan,

(+5) – (+2) = ( )

Perhatikan bagaimana mengurangi bilangan dengan bilangan lain pada garis bilangan. +5 adalah satuan ke arah positif dari +2. Jadi, banyaknya langkah pada giliran kedua adalah +3. Sehingga kita peroleh.(+5) – (+2) = +3

2. Jelaskan bagaimana menghitung (-6) – (-2) dengan menggunakan garis bilangan.

Jawaban:

-6 adalah, dari -2 bergerak 4 ke arah negatif, maka gerakkan keduanya adalah -4.

3. Hitunglah menggunakan garis bilangan.

Operasi pengurangan bilangan positif dan negatif juga disebut pengurangan dan hasilnya disebut selisih.

Jawaban:

(1)


(+2) – (+4) = -2

(2)


(+3) – (-6) = +9

(3)


(-1) – (+3) = -4

(4)


(-4) – (-5) = +1

Hubungan antara Penjumlahan dan Pengurangan

Diberikan soal-soal pengurangan 1 – 4 , di sebelah kiri dan pernyataan penjumlahan 1 – 4 di sebelah kanan. Untuk setiap kalimat pengurangan, pilihlah kalimat penjumlahan yang hasilnya sama. Kemudian isilah . Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, diskusikan hasil pengamatanmu.

Jawaban:

(1) 2 (+3) + (-5)
(2) 1 (+3) + (+5)
(3) 4 (-3) + (-5)
(4) 3 (-3) + (+5)

Dari , kita dapat menyimpulkan sebagai berikut.

“mengurangi +5” sama hasilnya dengan “menambah -5”.
“mengurangi -5” sama hasilnya dengan “menambah +5”.

4. Ubahlah kalimat pengurangan berikut ini menjadi kalimat-kalimat matematika penjumlahan. Selanjutnya hitunglah hasilnya.

(1) (+5) – (+12)                (2) (+3) – (-8)

(3) -15) – (+10)                (4) (-7) – (-7)

Jawaban:

(1) (+5) + (-12) = -7
(2) (+3) + (+8) = +11
(3) (-15) + (-10) = -25
(4) (-7) + (+7) = 0

Pertanyaan Serupa

Hitung pengurangan berikut dengan mengubahnya menjadi penjumlahan.

(1) (+7) – (+3)

(2) (+9) – (-4)

(3) (-8) – (+2)

(4) (-10) – (-3)

Jawaban:

(1) (+7) + (-3) = +4
(2) (+9) + (+4) = +13
(3) (-8) + (-2) = -10
(4) (–10) + (+3) = -7

Pengurangan Bilangan Positif dan Negatif

Pengurangan dari bilangan positif dan negatif caranya adalah dengan mengubah tanda bilangan yang dikurangkan, kemudian menambahkannya.

5. Hitunglah.

(1) 0 – (+3)                  (2) 0 – (-5)

Jawaban:

(1) -3                                 (2) +5

Mengurangkan bilangan dari 0 sama dengan mengubah tanda bilangan tersebut. Mengurangkan bilangan dengan 0, maka selisihnya adalah bilangan itu sendiri.

(+8) – 0 = +8, (-1) – 0 = -1

6. Hitunglah.

(1) (+8) – (+2)                      (2) (+3) – (+7)                    (3) (+5) – (-4)

(4) (-12) – (+9)                     (5) (-27) – (-15)                   (6) (-16) – (-16)

(7) (+38) – (-12)                   (8) (-10) – 0                          (9) 0 – (-24)

Jawaban:

(1) +6                           (6) 0
(2) -4                            (7) +50
(3) +9                           (8) -10
(4) -21                          (9) +24
(5) -12

7. Berdasarkan prakiraan cuaca di Jawa Barat pada halaman 13, jawablah pertanyaan berikut ini. Susunlah kalimat matematika untuk menentukan suhu pagi dan siang hari di Bekasi, kemudian tentukan jawabanmu.

Lakukan seperti soal nomor (1) untuk suhu di Cirebon pada siang dan dini hari.

Jawaban:

(1) (-5) – (-2) = -3

(2) 0 – (-3) = +3

Pengurangan Bilangan Desimal dan Pecahan

8. Hitunglah.

(1) (-2,7) – (-3,4)                (2) (-1) – (+0,8)

(3) (1/5 )–(-4/5)       (4) (-3/4)–(-1/2)

(5) (- 0,75) –(-3/4)     (6) (-7/4)– (+0,4)

Jawaban:

(1) +0,7                (4) -5/4

(2) -18                   (5) 0

(3) +1                    (6) -5/4

Mari Mencoba

Kereta Api Argo Bromo Anggrek dari Jakarta ke Surabaya berhenti di beberapa stasiun. Tabel ini menunjukkan beberapa stasiun yang dilalui dan jarak antarstasiun di kedua kota berturutan. Stasiun Gambir ditetapkan sebagai titik awal 0 km, dan arah dari Gambir ke Surabaya adalah arah positif.

Jika Kota Pekalongan sebagai titik pangkal, bagaimana kita menyatakan jarak antardua stasiun berturutan? Gunakan bilangan positif dan negatif. Isilah tabel berikut ini dengan bilangan yang sesuai.

Jawaban:

Dari sebelah kiri tabel -356, -137, +254, +357

Penjelasan

Saat titik pangkal 0 km adalah dari Stasiun Gambir. Kita dapat mencari tahu jawabannya dengan metode pengurangan jarak-jarak dari Strasiun Pekalongan.

Sebagai penerapan dari masalah ini, perlu dipikirkan bagaimana mengungkapkannya ketika titik pangkal 0 km dari Stasiun Semarang Tawang ke dilakukan perubahan arah ke Stasiun Gambir menjadi arah positif.

Cermati

Menghitung dengan Menggunakan Kartu

Saya bermain kartu bilangan. Kartu hitam mewakili bilangan positif, dan kartu merah mewakili bilangan negatif. Permainan terdiri atas empat ronde. Hitunglah total nilai (skor) untuk masing-masing ronde?

Jawaban:

1. +8                   3. +2
2. +2                  4. +8

 

Disclaimer:

Kunci jawaban pada unggahan kontenjempolan tidak mutlak kebenarannya dan unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

Demikian pembahasan Matematika Kelas 7 SMP halaman 26 Soal Pengurangan, Penjumlahan dan Pengurangan. Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Kunci Jawaban Soal Pengurangan Halaman 26 Penjumlahan dan Pengurangan Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka yang dipublish pada 02/24/2023 di website Konten Jempolan

Artikel Terkait