Kunci Jawaban Soal Membandingkan Bilangan-Bilangan Halaman 17 Bilangan Bulat Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Soal Membandingkan Bilangan-Bilangan Halaman 17 Bilangan Bulat Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Bilangan Positif dan Negatif

Membandingkan Bilangan-Bilangan

Garis Bilangan dengan Bilangan Negatif

a. Tandai titik-titik yang bersesuaian dengan 2 ; 2,5 ; 1/2 pada garis bilangan berikut ini. Bandingkan nilainya

Jawaban:

b. Apa yang dibutuhkan untuk menyajikan bilangan negatif pada garis bilangan? Jawablah menggunakan garis bilangan di atas.

Jawaban:

Perpanjang arah ke kiri dari 0 dan tentukkan skala garis bilangan sebelumnya dengan interval yang sama.

Mengenai penjelasan pertama, saat masih Sekolah Dasar kelas 3 siswa mempelajari istilah garis bilangan. Garis bilangan banyak digunakan pada pembelajaran selanjutnya. Misalnya, 3,5 adalah 3 1/2 atau 7/2 , dan 1/2 adalah 0,5, dapat dipastikan kembali bahwa hal tersebut dapat diwakilkan.

Pada penjelasan kedua, berdasarkan garis bilangan yang telah dipelajari di sekolah dasar, diperluas menjadi garis bilangan yang memuat bilangan negatif. Dengan menggunakan garis bilangan penjelasan pertama, garis bilangan diperpanjang ke kiri, saat dalam menyusun, tentukan “titik pangkal” dan “ 1 satuan panjang”, dan arahkan bilangan positif ke kanan dan bilangan negatif ke kiri.

Garis bilangan biasanya ditempatkan secara horizontal, tetapi karena sumbu koordinat juga menggunakan garis bilangan yang ditempatkan secara vertikal, cobalah menempatkan dengan vertikal, b0leh juga menggunakan skala termometer.

SOAL

1. Gambarlah garis bilangan, tandai titik-titik yang bersesuaian dengan bilangan-bilangan berikut.

+4, +0,5, -2, -5, -3,5,-3/2

Jawaban:

-3/2

2. Nyatakanlah bilangan-bilangan yang bersesuaian dengan titik A, B, C, D, dan E.

Jawaban:

A…–3,

B…–1,6 (-8/5)

C…–0,4 (-2/5)

D…+1,

E…+3,2 (+ 16/5)

Mana yang lebih besar, -2 atau -5? Jelaskan dengan menggunakan garis bilangan.

Jawaban:

Jika -2 dan -5 ditunjukkan pada garis lurus bilangan, -2 di sebelah kanan -5. Bilangan -2 lebih besar karena bilangan di sebelah kanan lebih besar begitu juga pada kasus bilangan positif.

Pada daerah bilangan-bilangan negatif, bilangan-bilangan yang letaknya semakin ke kanan adalah lebih besar, sedangkan yang letaknya semakin ke kiri adalah lebih kecil, demikian juga untuk bilangan-bilangan positif.

3. Bandingkan pasangan-pasangan bilangan berikut dengan menggunakan tanda-tanda pertidaksamaan.

a. +3 , +4

b. -4 . -6

c. +0,1 , -0,2

d. -2/3 , -1/3

e. +1 , -3 , 0

f. -2 , +5 , -5

Jawaban:

a. +3 < +4

b. -4 > -6

c. +0,1 > -0,2

d. -2/3 < -1/3

e. -3 < 0 < + 1

f. -5 < -2 < + 5

Ketika kita sajikan +4 dan +6 pada garis bilangan, bilangan manakah yang terletak lebih jauh dari titik asal?

Jawaban:

+6 lebih jauh dari titik awalnya

Jarak antara titik asal dengan titik yang bersesuaian dengan suatu bilangan yang diketahui dinamakan nilai mutlak. Sebagai contoh, nilai mutlak dari + 4 adalah 4, sedangkan nilai mutlak dari -3 adalah 3. Nilai mutlak dari 0 adalah 0.

4. Berturut-turut, tentukan nilai-nilai mutlak dari – 7 dan + 5,2

Jawaban:

Nilai mutlak -7 adalah 7

Nilai mutlak +5.2 adalah 5.2

5. Tentukanlah bilangan-bilangan yang nilai mutlaknya 10 dan 2/3 .

Jawaban:

Bilangan dengan nilai mutlak 10 adalah +10 dan -10

Bilangan dengan nilai mutlak 2/3 adalah + 2/3 dan -2/3

Ketika membandingkan dua bilangan positif +4 dan + 6, nilai mutak dari +6 lebih besar. Pada garis bilangan, +6 terletak lebih ke kanan. Jadi, untuk dua bilangan positif, bilangan yang nilai mutlaknya lebih besar merupakan bilangan yang lebih besar.

6. Ketika kita membandingkan nilai-nilai mutlak dari dua bilangan negatif, apa yang dapat kita katakan mengenai nilai-nilai mereka? Jelaskan dengan menggunakaan gambar.

Jawaban:

Jika membandingkan dua bilangan negatif -6 dan -4, -6 memiliki nilai absolut yang lebih besar sehingga pada garis bilangan -6 ada di sebelah kiri.

Jadi, dari dua bilangan negatif tersebut, bilangan yang besar adalah bilangan yang memiliki nilai mutlak yang paling kecil.

 

 

Disclaimer:

Kunci jawaban pada unggahan kontenjempolan tidak mutlak kebenarannya dan unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

Demikian pembahasan Matematika Kelas 7 SMP halaman 17 Membandingkan Bilangan-Bilangan, Bilangan Bulat. Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Kunci Jawaban Soal Membandingkan Bilangan-Bilangan Halaman 17 Bilangan Bulat Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka yang dipublish pada 02/23/2023 di website Konten Jempolan

Artikel Terkait