Kunci Jawaban Soal Laihan 2.1 halaman 60 Menemukan Konsep Pythagoras Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka
kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Soal Laihan 2.1 halaman 60 Menemukan Konsep Pythagoras Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka.
Hallo Adik-adik, kontenjempolan.id kali ini akan membahas materi Matematika SMP Kelas 8 halaman 60. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 2 Teorema Pythagoras.
Menemukan Konsep Pythagoras
Soal Laihan 2.1
1. Tentukan nilai variabel pada panjang segitiga sebelah kiri kemudian pasangkan pada nilai yang sesuai yang berada di samping kanan.
Jawaban:
Ayo Berpikir Kritis
2. Gambar berikut memperlihatkan tiang antena TV di atas genting. Tiang antena tersebut ditarik oleh kawat supaya kuat dan tidak goyang saat terkena angin. Biasanya kawat tersebut dipasang pada 3/4 bagian dari tinggi tiang dari permukaan atas genting.
a. Jelaskan cara kalian dalam menentukan panjang kawat tersebut tanpa mengukurnya, jika tiang antena tingginya 8 meter.
Jawaban:
Cara menentukan panjang kawat
Tinggi kawat pada tiang listrik adalah 8 x 3/4 = 6 meter
Jarak kawat dan tiang pada tanah adalah 8 meter
Karena tanah dan tiang listrik membentuk sudut siku-siku, menggunakan rumus Pythagoras dan sketsa seperti berikut.
b. Tentukan panjang kawat jika jarak antara kawat dan tiang pada tanah adalah 8 meter.
Jawaban:
Misal AC adalah panjang kawat
AC² = AB² + BC²
⇔AC² = 8² + 6²
AC² = 64 + 36
⇔AC² = 100
AC = √100
⇔AC = 10
Jadi Panjang AC = 10
3. Aldo akan menaiki tangga untuk memperbaiki jam dinding yang ditunjukkan seperti gambar di bawah ini. Jika tinggi tembok dari tumpuan tangga ke permukaan tanah adalah 3 meter. Tentukan panjang tangga yang digunakan Aldo.
Jawaban:
Tinggi tembok dari tumpuan tangga ke permukaan tanah adalah 3 meter.
Panjang tangga = √(3² + (0,4)²)
= √(9 + 0,16)
= √9,16 = 3,02
Sehingga, tinggi tangga adalah 3,02 meter
Ayo Berpikir Kritis
4. Haris merupakan salah satu siswa yang ikut terlibat dalam merencanakan pembangunan tenda tempat pengungsian. Koordinator pembangunan tenda menunjukkan gambar kerangka tenda pengungsian (tampak depan) seperti gambar di bawah.
Haris diminta untuk menentukan perkiraan panjang bambu yang digunakan sebagai penyangga tinggi tenda. Jika pada gambar di atas dijelaskan bahwa tenda akan diikatkan ke tanah dengan menggunakan tali AF dan CF yang merupakan tali lurus. Bantulah Haris mencari tinggi tenda (panjang EF).
Jawaban:
Berdasarkan ilustrasi di atas kita dapatkan dua buah segitiga yang sebangun pada halaman berikut
Kerangka tenda yang kita gambar menunjukkan bahwa sisi bangun sebelah kiri tinggi tenda akan sama dengan sisi tenda sebelah kanan, maka untuk mengetahui tinggi tenda kita dapat menghitung pada sisi salah satunya. Misalkan sesuai dengan bangun segitiga yang sebangun sebelumnya, maka didapatkan bahwa.
Jadi, tinggi tenda adalah 5 m
5. Arjuna berada di lantai atas gedung paling tinggi yang memiliki tinggi bangunan 120 meter. Dia melihat mobil berwarna hijau dan mobil berwarna merah. Jika gedung tempat Arjuna berada terletak segaris dengan kedua mobil, maka jarak mobil hijau dan mobil merah adalah …
Jawaban:
Tinggi bangunan = 120 meter
Jarak gedung ke mobil hijau
⇔ =√(130² – 120²)
= √(16900 – 14400)
⇔= √2500 = 50
Jarak gedung ke mobil merah
⇔ = √(150² – 120²)
= √(22500 – 14400)
⇔ = √8100 = 90
Sehingga, jarak mobil hijau ke mobil merah adalah 90 – 50 = 40 meter.
Disclaimer:
Kunci Jawaban pada unggahan kontempolan tidak mutlak kebenarannya dan unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
Demikian pembahasan Matematika Kelas 8 Soal Laihan 2.1 halaman 60 Menemukan Konsep Pythagoras. Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat mengakses melalui kontenjempolan.id.