Kunci Jawaban SOAL D halaman 218 219 dan 220 IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban SOAL D halaman 218 219 dan 220 IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

SOAL D

Soal diadaptasi dari sumber: UNESCO International Science, Technology & Environmental Education Newsletter, Section from an article entitled ‘The Chemistry of Atmospheric policy’, Vol. XXII, No. 2, 1997

Bacalah artikel berikut.

Atmosfer adalah samudra udara dan sumberdaya alam yang berharga untuk kehidupan di bumi. Sayangnya aktivitas manusia baik untuk kepentingan nasional maupun pribadi menyebabkan kerusakan atmosfer yaitu penipisan lapisan ozon sebagai perisai pelindung bagi kehidupan di Bumi.

Molekul ozon terdiri dari tiga atom oksigen sedangkan molekul oksigen yang terdiri dari dua atom oksigen. Jumlah molekul ozon lebih sedikit dari molekul oksigen. Setiap sejuta molekul udara hanya terdapat sepuluh molekul ozon. Kendati demikian selama hampir satu miliar tahun, kehadiran molekul ozon di atmosfer telah berperan penting dalam menjaga kehidupan di Bumi. Bergantung pada lokasinya, ozon dapat melindungi atau bahkan membahayakan kehidupan di Bumi. Molekul ozon di troposfer (hingga 10 kilometer di atas permukaan bumi) adalah ozon yang “berbahaya”. Ozon “berbahaya” ini dapat merusak jaringan paru-paru dan tumbuhan. Tapi sekitar 90 persen ozon yang ditemukan di stratosfer (antara 10 dan 40 kilometer di atas permukaan bumi) adalah ozon yang “baik”. Ozon “baik” ini berperan menguntungkan karena menyerap ultraviolet (UV B) yang berbahaya dari radiasi sinar matahari.

Tanpa lapisan ozon yang menguntungkan ini, manusia akan lebih mudah terserang penyakit tertentu. Pada dekade terakhir jumlah molekul ozon telah menurun. Pada tahun 1974-1987 para ilmuan menduga bahwa klorofluorokarbon (CFC) adalah penyebabnya. Pada September 1987 para diplomat dari seluruh dunia bertemu di Montreal (Kanada) dan mereka setuju untuk menetapkan batasan tajam penggunaan CFC bagi aktivitas industri, kantor, dan rumah tangga.

Soal 1

Tulislah rumus kimia dari molekul ozon dan rumus kimia untuk molekul oksigen.

Jawaban:

▶ rumus kimia molekul ozon adalah O3
▶ rumus kimia molekul oksigen adalah O2

Soal 2

Berdasarkan rumus kimianya istilah manakah yang paling tepat menyebut molekul ozon maupun molekul oksigen? Untuk menjawab ini Kalian dapat mempelajari ulang Bab 3 (Gambar 3.6).

A. Atom

B. Molekul

C. Unsur

D. Molekul unsur

E. Molekul senyawa

Jawaban:

D. Molekul unsur

Alasan: sebab baik ozon maupun molekul oksigen disusun dari gabungan atom sejenis yaitu atom oksigen. Rumus kimia ozon adalah O3 dan rumus kimia gas oksigen adalah O2.

Soal 3

a. Berapakah jumlah elektron, proton, dan neutron pada atom oksigen?

Jawaban:

Jumlah elektron = 8

Jumlah proton = 8

Jumlah neutron = 16 – 8 = 8

b. Tentukan jumlah kulit, elektron valensi, konfigurasi elektron menurut model atom Bohr pada atom Oksigen.

Jawaban:

Jumlah kulit = 2

Jumlah elektron valensi = 6

Konfigurasi elektron menurut model atom Bohr = 2.6

c. Berdasarkan konfigurasi elektronnya, terletak pada golongan dan periode berapakah unsur Oksigen dalam tabel SPU?

Jawaban:

Golongan VI A

Periode ke-2

d. Bagaimana kecenderungan jari-jari atom Oksigen jika dibandingkan jari-jari atom pada unsur-unsur logam alkali dan alkali tanah yang sama periodenya?

Jawaban:

Jika dibandingkan jari-jari atom pada unsur-unsur logam alkali dan alkali tanah yang sama periodenya maka jari-jari atom Oksigen lebih pendek ketimbang jari-jari atom logam Litium (Li) dan logam Berilium (Be). Argumentasi untuk jawaban ini adalah karena atom Oksigen mempunyai jumlah proton dalam inti atom yang lebih banyak ketimbang dua unsur logam tersebut. Proton bermuatan positif sehingga menimbulkan gaya tarik-menarik dengan elektron valensi pada atom tersebut. Jumlah proton yang lebih banyak sementara jumlah kulit sama maka akan memberikan gaya tarik menarik yang lebih kuat antara inti atom dan elektron valensi. Gaya tarik-menarik yang lebih kuat menyebabkan jari-jari atom Oksigen lebih pendek dari kedua atom logam tersebut.

Soal 4

Ozon juga terbentuk selama terjadi petir. Ini menyebabkan bau khas setelah petir berlalu. Berdasarkan artikel tersebut, ozon yang manakah yang terbentuk saat badai petir ini (apakah ozon “baik” atau ozon “berbahaya”) dan mengapa demikian? Pilihlah jawaban paling tepat yang didukung oleh teks pada artikel tersebut.

A. Ozon yang “berbahaya” karena dibentuk selama cuaca buruk berlangsung.

B. Ozon yang “berbahaya” karena dibentuk pada lapisan troposfer.

C. Ozon yang “baik” karena dibentuk pada lapisan stratosfer.

D. Ozon yang “baik” karena menimbulkan aroma yang enak.

Jawaban:

(B) merupakan ozon yang “berbahaya” sebab dibentuk pada lapisan troposfer.

Soal 5

Tulislah persamaan reaksi kimia kemungkinan reaksi CFC dengan ozon di stratosfer. Kalian dapat mengacu pada materi Bab 8 (Penggunaan Freon dalam Kehidupan Sehari-hari) untuk menjawab pertanyaan ini.

Jawaban:

Cl (g) + O3 (g) → ClO (g) + O2 (g) (persamaan 1)

ClO (g) + O (g) → Cl (g) + O2 (g) (persamaan 2)

ClO (g) + ClO (g) → O2 (g) + 2 Cl (g) (persamaan 3)

(dengan bantuan sinar uv)

 

Untuk Mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *