Jawaban Dari

Kunci Jawaban Sejarah SMA Kelas X Kurikulum Merdeka halaman 75-79

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Sejarah SMA Kelas X Kurikulum Merdeka halaman 75-79.  Semoga memudahkan adik-adik untuk belajar.

A. Soal pilihan ganda

1. Bacalah artikel singkat di bawah ini dengan cermat!

Dijelaskan oleh Kieven (2014), pada beberapa relief di candi
zaman peninggalan Majapahit terdapat cerita Panji yaitu sosok yang
bertopi. Cerita Panji merupakan kisah cinta antara Putra Panji dari
Kerajaan Jenggala/ Kahuripan dan Putri Candrakirana (Sekartaji) dari
kerajaan Daha/Kediri. Cerita Panji yang dikisahkan dalam bentuk
relief merupakan seni dan sastra warisan budaya Jawa yang tersebar
hingga di beberapa wilayah seperti Thailand, Kamboja, Vietnam,
Myanmar dan Laos. Nilai-nilai penting dari cerita Panji mengajarkan
tentang kesederhanaan, kesetiaan, keadilan, perjuangan meraih citacita,
dan masih banyak lagi.

Sumber artikel: Kieven, L. (2014, October). “Simbolisme Cerita Panji
dalam Relief-Relief di Candi Zaman Majapahit dan Nilainya Pada Masa
Kini” dalam Cerita Panji Sebagai Warisan Budaya Dunia, Seminar
Naskah Panji. Jakarta: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Berdasarkan bacaan di atas, apakah manfaat belajar sejarah dari cerita
Panji?

a. Memahami nilai-nilai masyarakat di masa lampau.

b. Memahami berpikir diakronis (kronologi)

c. Memahami historiografi kolonial

d. Mengetahui candi-candi peninggalan Kerajaan Majapahit

2. Bacalah artikel di bawah ini dengan cermat!

Sejarah Museum Nasional

Keberadaan Museum Nasional berawal sejak tanggal 24 April
1778, ketika pemerintah Hindia Belanda mendirikan Bataviaasch
Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (BG) yaitu lembaga
independen yang memiliki tujuan memajukan penelitan dalam
berbagai bidang ilmu pengetahuan. Inspirasi dari pendirian BG
terjadi sejak tahun 1752 di Belanda ketika berkembang perkumpulan
ilmiah Belanda. Lalu pendiri BG yaitu JCM Radermacher memberikan
rumahnya yang beralamatkan di Jalan Kalibesar untuk menyimpan
berbagai koleksi benda budaya dan buku sehingga dapat berkembang
menjadi museum dan perpustakaan. Ketika masa pemerintahan
Inggris pada tahun 1811-1816, Gubernur Sir Thomas Stamford menjabat
sebagai direktur perkumpulan ilmiah dan memindahkan koleksi di gedung baru yang terletak di Jalan Majapahit. Selanjutnya pada tahun
1862, pemerintah Hindia Belanda membangun gedung museum baru
yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat No. 12 untuk menyimpan
barang-barang koleksi museum yang terus bertambah. Pada tahun
1868 museum sudah dibuka untuk masyarakat umum. Pada tahun 1871
Raja Chulalongkorn (Rama V) dari Thailand berkunjung ke museum ini
dan memberikan hadiah patung gajah perunggu. Museum Nasional
juga disebut sebagai Museum Gajah dikarenakan patung gajah yang
terdapat di depan gedung museum. Pada masa Indonesia merdeka,
BG berubah menjadi Lembaga Kebudayaan Indonesia pada tahun
1950 yang bertujuan untuk memajukan ilmu pengetahuan tentang
Indonesia. Lalu pada tanggal 28 Mei 1979 oleh Menteri Pendidikan
dan Kebudayaan, museum ini ditetapkan sebagai Museum Nasional.

Artikel disarikan dari Profil Museum Nasional.
Sumber: museumnasional.or.id/tentang-kami/profil

Perhatikan linimasa di bawah ini, untuk menemukan jawaban yang tidak
benar!

a. 1752 Berkembangnya Perkumpulan Ilmiah Belanda

b. 1778 Berdirinya Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (BG)

c. 1862 Kunjungan Raja Thailand

d. 1979 Penetapan sebagai museum Nasional

3. Yang bukan ciri khas dari historiografi tradisional adalah

a. Berpusat pada kehidupan istana

b. Berpusat pada sejarah daerah tertentu

c. Berpusat pada agama

d. Berpusat pada Eropa

4. Perhatikan gambar Prasasti Gajah Mada di bawah ini!

Prasasti tersebut merupakan sumber sejarah sebagai….

a. Data primer

b. Data sekunder

c. Data tersier

d. Data pelengkap

5. Bacalah artikel di bawah ini dengan cermat!

Seorang siswa hendak melakukan penelitian sejarah mengenai
daerahnya. Maka dia mengunjungi museum dan mempelajari
arsip yang terkait dengan sejarah daerahnya. Selain itu dia juga
melakukan wawancara dengan pelaku sejarah yang masih hidup
untuk memperkuat sumber sejarah penelitiannya.

Tahapan penelitian sejarah yang dilakukan oleh siswa tersebut adalah…..

a. Heuristik
b. Kritik dan verifikasi
c. Interpretasi
d. Historiografi

B. Soal Esai

1. Jelaskan mengapa ilmu sejarah bersifat diakronis dan sinkronis?

Jawaban:

Karena fokus kajian sejarah adalah mempelajari berbagai peristiwa yang terjadi pada masa lampau sehingga dengan bersifat diakronis dan sinkronis akan menjelaskan dan menganalisis mengenai manusia dalam waktu dan ruang dari suatu peristiwa sejarah.
Hal ini akan membantu proses interpretasi dan penjelasan yang sesuai untuk merekonstruksi pembuktian sejarah berdasarkan sumber sejarah yang telah melalui proses kritik dan verifikasi.

2. Jelaskan mengapa arsip menjadi sumber sejarah primer?

Jawaban:

Karena keberadaan arsip yang tercipta pada waktu yang bersamaan ketika suatu peristiwa bersejarah terjadi. Arsip sebagai bukti dan rekaman untuk menginformasikan suatu peristiwa sehingga arsip menjadi salah satu sumber sejarah primer.

3. Mengapa manusia menjadi dimensi penting dalam sejarah?

Jawaban:

Karena manusia dalam sejarah adalah penggerak sejarah dengan segenap ide dan tindakan yang dilakukan dalam suatu peristiwa bersejarah. Selain itu, manusia juga menjadi pelaku dan saksi sejarah ketika suatu peristiwa bersejarah terjadi.

4. Jelaskan berdasarkan pendapat dan pengalaman kalian tentang manfaat sejarah dalam kehidupan sehari-hari? Sertakan dengan dua contoh!

Jawaban:

Sejarah memiliki fungsi yaitu pengetahuan yang dijadikan media untuk mengetahui fakta dan peristiwa yang terjadi di masa lalu. Manfaat sejarah dalam kehidupan sehari-hari adalah memperkuat rasa nasionalisme, nasionalisme yaitu mencintai bangsa dan negara, caranya dengan mematuhi hukum yang berlaku, mencintai budaya dan bangsa, sumber rekreasi maksudnya kita bisa melihat ke masa lampau melalui imajinasi dan juga sebagai sumber inspirasi melalui kisah-kisah kepahlawanan para tokoh.

5. Menurut pendapat kalian, mengapa terdapat bias sejarah?

Jawaban:

Bias sejarah adalah hal yang sulit dihindari dalam penulisan sejarah. Karena terdapat berbagai faktor misalnya beragam sumber sejarah, kondisi politik dan kondisi sosial-budaya suatu masyarakat. Biasanya terjadi pada peristiwa sejarah yang dianggap kontroversial sehingga terdapat beragam versi bagaimana sejarawan menafsirkan sejarah.

admin

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Kunci Jawaban Sejarah SMA Kelas X Kurikulum Merdeka halaman 75-79 yang dipublish pada 08/06/2022 di website Konten Jempolan

Artikel Terkait