Kunci Jawaban Proyek halaman 71 Biosolar B30 IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Proyek halaman 71 Biosolar B30 IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Proyek

Petunjuk melakukan Aktivitas Proyek:

1. Carilah informasi dari berbagai sumber tentang biosolar B30. Catatlah sumber referensi yang Kalian baca. Ini adalah salah satu sikap jujur dan menghargai karya orang lain.

2. Analisis sumber informasi yang telah Kalian peroleh untuk menjawab pertanyaan berikut:

a) Bagaimana biosolar B30 dibuat?

b) Bagaimana perbandingannya dengan sumber energi nonbio?

c) Apakah biosolar B30 mendukung prinsip kimia hijau?

4. Kumpulkan, olah, analisis, simpulkan data informasi dari berbagai sumber tentang sumber energi terbarukan lainnya, lalu komunikasikan dalam bentuk infografis, tiktok, video singkat, atau bentuk lainnya. Postinglah informasi tersebut di akun media sosial Kalian masing-masing (Instagram, Facebook, Line, atau lainnya). Hal ini akan mengedukasi pembaca atau penonton untuk mengenal dan mendukung prinsip kimia hijau.

5. Lakukan dengan sikap

  • jujur, objektif,
  • kritis,
  • kreatif,
  • mandiri,
  • inovatif, dan
  • bergotong royong sebagai insan dalam masyarakat global.

Jawaban :

1. a. Judul : Mengenal Biosolar, Potensi Sumber Energi Alternatif Masa Depan

Sumber: https://solarindustri.com/blog/apa-itu-biosolar/

Penjelasan paling sederhana dalam menjelaskan perbedaan solar dan bio solar adalah dari bahan dasar pembuatanya. Solar atau yang dalam bahasa inggris yaitudiesel, terbuat dari bahan dasar fossil (minyak bumi). Sedangkan Biosolar terbuat dari bahan dasar yang berasal dari tumbuhan. Lebih lanjut mengenai perbedaan yang ada antara keduanya, berikut merupakan perbedaan-perbedaan lain yang perlu anda ketahui:

2. a. Bio solar B30 merupakan hasil pencampuran solar dengan minyak nabati yang berasal dari minyak kelapa sawit atau Crude Palm Oil (CPO). Bahan bakar ini memiliki komposisi perbandingan 30% bahan nabati dan 70% bahan solar.

Berikut merupakan daftar buah atau biji tanaman yang dapat diolah sebagai biosolar, antara lain:
Biji kapuk atau biji pohon randu
Kacang tanah
Nyamplung
Buah kemiri
Biji jarak pagar.

Tanaman-tanaman tersebut adalah contoh dari tanaman yang dapat dengan mudah kita tanam dan tumbuh di sekitar kita. Oleh sebab itu, dengan memperhatikan kemungkinan ketersediaanya, biosolar termasuk dalam kategori sebagai energi alternatif terbarukan untuk menggantikan penggunaan solar.

b. Penjelasan paling sederhana dalam menjelaskan perbedaan solar dan bio solar adalah dari bahan dasar pembuatanya. Solar atau yang dalam bahasa inggris yaitudiesel, terbuat dari bahan dasar fossil (minyak bumi). Sedangkan Biosolar terbuat dari bahan dasar yang berasal dari tumbuhan.

Berikut merupakan perbedaan-perbedaan lain yang perlu anda ketahui:

1) Kandungan energi

Terbuat dengan ragam bahan yang sangat berbeda, mengakibatkan kandungan energi dari keduanya memiliki perbedaan. Karena tercipta dari tumbuhan, bio solar memiliki kandungan energi yang lebih kecil daripada solar. Dengan perbandingan 11% bisa dipastikan bahwa kandungan energi dalam solar lebih banyak.

2) Kadar Sulfur

Dalam biosolar kandungan kadar sulfur jauh lebih rendah dari kadar sulfur pada solar. Hal ini membuktikan sekaligus menyebabkan bio solar memiliki kandungan energi eksplosif yang lebih rendah dari solar. Namun, karena kandungan sulfurnya lebih rendah, biosolar cenderung lebih ramah lingkungan karena kadar sulfur yang rendah menghasilkan sedikit karbondioksida. Berbeda dengan solar yang memiliki kadar sulfur yang tinggi, maka solar menghasilkan banyak karbondioksida.

3) Kekuatan proses oksidasi

Dalam pengolahan bahan bakar, oksidasi berperan dalam menciptakan sumber energi untuk melakukan pembakaran. Dikarenakan biosolar memilki kadar sulfur yang jauh lebih rendah, maka proses oksidasi dalam biosolar pun cenderung lemah. Tidak hanya itu, proses oksidasi yang lemah juga cenderung dapat mengakibatkan penyumbatan pada bagian-bagian mesin.

c. Kimia hijau (Green Chemistry) adalah suatu pendekatan pada perancangan, pembuatan, dan pemanfaatan produk-produk kimia supaya bisa mengurangi bahaya-bahaya yang ditimbulkan oleh bahan kimia terhadap lingkungan dan kesehatan. Biosolar b30 mendukung prinsip kimia hijau​ karena biosolar diselenggarakan sebagai wujud dari komitmen pemerintah dalam mengurangi GRK sebesar 29% dan dapat meningkatkan kualitas lingkungan.

4. Infografis

Baca Juga : Kunci Jawaban Ayo Cek Pemahaman halaman 73 Peningkatan Emisi Gas Rumah Kaca di Indonesia IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.