Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh
Kontenjempolan.id – Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh. Kali ini Kontenjempolan.id akan membahas Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh.
Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh
1. Menurut Ki Hadjar Dewantara, kodrat keadaan terdiri dari…
a. kodrat alam dan kodrat zaman.
b. kodrat alam dan kodrat dunia.
c. kodrat zaman dan kodrat dunia.
d. kodrat dunia dan kodrat akhirat.
2. Apa saja yang sangat dibutuhkan murid untuk membantu mereka menguatkan kekuatan-kekuatan kodratnya?
a. Pembelajaran kontekstual dan lingkungan yang mendukung.
b. Peran guru sebagai fasilitator dan lingkungan yang mendukung.
c. Peran guru sebagai fasilitator dan pembelajaran kontekstual.
d. Keterampilan hidup dan peran guru sebagai penghubung.
3. Kebudayaan menuju arah kesatuan kebudayaan dunia (kemanusiaan) merupakan penjelasan dari…
a. kontinuitas.
b. konvensi.
c. konvergen.
d. konsentris.
4. Saat ini guru bukan lagi sebagai satu-satunya sumber belajar murid. Lalu apa yang dapat guru lakukan?
a. Guru dapat berperan sebagai sumber instruksi pembelajaran mandiri.
b. Guru dapat berperan sebagai pengawas proses belajar di sekolah.
c. Guru dapat berperan sebagai penghubung murid dengan sumber belajar di sekitar murid.
d. Guru dapat berperan menciptakan tujuan belajar murid untuk mencerdaskan bangsa.
5. Selain peran guru sebagai penghubung, hal berikut juga dibutuhkan murid untuk membantu mereka menguatkan kekuatan-kekuatan kodratnya…
a. pembelajaran mandiri.
b. pembelajaran praktis.
c. pembelajaran demokratis.
d. pembelajaran kontekstual.
6. Murid sebagai individu yang unik sejatinya mendapatkan tuntunan yang sesuai dengan….
a. minat dan potensiny
b. tuntutan masa depan.
c. target belajar di sekolah.
d. kebutuhan lingkungannya.
7. Berikut ini merupakan kemampuan yang harus dimiliki pendidik terkait potensi yang ada pada setiap murid …
a. Kepekaan dalam mengidentifikasi potensi yang ada pada setiap murid
b. Kepekaan dalam menentukan potensi untuk setiap murid
c. Menemukan dan menggali potensi kesenian yang ada pada setiap murid
d. Semangat dalam mengintervensi minat yang ada pada setiap murid
8. Berikut ini adalah contoh kegiatan yang tepat dalam merespon keunikan potensi yang ada dalam setiap murid …
a. Melakukan ujian sumatif mata pelajaran Seni Budaya
b. Memberikan ruang untuk mengembangkan keunikan potensi murid
c. Menyarankan murid untuk masuk penjurusan IPS
d. Mengharuskan murid untuk bergabung kedalam ekskul teater
9. Salah satu prinsip dalam melakukan perubahan berkaitan dengan kemajuan kebudayaan yang dilakukan secara berkesinambungan dan terus menerus. prinsip tersebut adalah…
a. Kontinyu
b. Konvensi
c. Konvergen
d. Konsentris
10. Berikut adalah manfaat pembelajar sepanjang hayat yang dapat dimiliki, kecuali..
a. mengoptimalisasi potensi diri.
b. meningkatkan kualitas hidup secara berkesinambungan.
c. hidup dengan minimalis dan secukupnya.
d. menghadapi tantangan masa depan dan mengubahnya menjadi peluang.
Semoga Bermanfaat