Kunci Jawaban PKN Kelas 4 SD/ MI Tentang Sikap Menjaga Keutuhan Negara Unit 4 Negaraku Kurikulum Merdeka

Kontenjempolan.id – Kunci Jawaban PKN Kelas 4 SD/ MI Tentang Sikap Menjaga Keutuhan Negara Unit 4 Negaraku Kurikulum Merdeka. Hai Adik-adik! Kali ini Kontenjempolan.id akan membahas Kunci Jawaban PKN Kelas 4 SD/ MI Tentang Sikap Menjaga Keutuhan Negara Unit 4 Negaraku Kurikulum Merdeka.

1. Mengapa kita harus bangga menjadi anak Indonesia?
Jawabanya :

Rasa bangga sebagai bangsa Indonesia dapat mempertinggi harga diri bangsa. Harga diri bangsa akan rendah atau merosot jika warganya tidak mempunyai rasa bangga terhadap bangsanya sendiri.

2. Apa saja yang dapat kita banggakan dari bangsa Indonesia?
Jawabanya :

Bangsa Indonesia mempunyai kekayaan yang melimpah ruah, mempunyai ribuan pulau, terdiri dari berbagai suku bangsa dan budaya serta agama. Akan tetapi, meskipun bangsa kita terdiri dari berbagai suku bangsa, budaya serta agama, bangsa kita tidak terpecah belah dan tetap bersatu sampai sekarang.

3. Sebutkan lima contoh perilaku yang menunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia!
Jawabanya :

Harus belajar yang rajin, giat bekerja sesuai dengan kemampuan, mengembangkan bakat yang dimiliki dengan giat berlatih, mengikuti upacara bendera, menyukai barang-barang buatan Indonesia, menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, menghormati bendera Merah Putih dan lagu Indonesia Raya, menyukai lagu-lagu Indonesia, menyukai film-film Indonesia, memilih idola tokoh-tokoh Indonesia, dan bangga akan jasa para pahlawan kusuma bangsa.

4. Apa yang akan kamu lakukan jika ada negara lain yang menghina bangsa kita?
Jawabanya :

Jawaban peserta didik akan beragam tetapi setidaknya harus mencantumkan dengan sikap dan perilaku bela negara.

5. Keluarga Andi sedang berwisata di luar negeri. Andi tentunya sangat bahagia. Pada saat pergi ke pusat perbelanjaan di negara tersebut, Andi tampak tidak terlalu antusias. Andi beralasan produk-produk buatan Indonesia jauh lebih baik dibandingkan dengan barangbarang yang ada di pusat perbelanjaan itu, sehingga Andi hanya membeli barang yang benar-benar unik. Berdasarkan ilustrasi tersebut, apakah sikap Andi sudah tepat? Berikan alasannya.
Jawabanya :

Sudah, karena sikap yang ditampilkan Andi sudah mencerminkan rasa bangga sebagai warga negara Indonesia.

Bahan Bacaan Peserta Didik

Bangga Jadi Anak Indonesia

Setelah selesai menjelaskan materi mengenai keutuhan Negara Indonesia, peserta didik kelas empat diberi tugas untuk membuat karangan yang berjudul Aku Bangga Menjadi Anak Indonesia. Bu Ika menyarankan kepada seluruh peserta didiknya untuk melakukan wawancara dengan guru yang lain atau orang tua mereka untuk menambah bahan-bahan untuk karangan mereka. Para peserta didik sangat senang mendapatkan tuga

Setiap sore Yuni selalu berkumpul dengan ayah dan ibunya di teras rumah. Pada sore ini, Yuni akan memanfaatkannya dengan menanyakan beberapa pertanyaan kepada ayah dan ibunya. Waktu yang dinanti-nanti pun tiba. Yuni kembali berkumpul bersama ayah dan ibunya. “Yah, Yuni punya tugas dari Bu Guru,” kata Yuni kepada ayahnya. “Oh, ya. Tugas apa?” tanya ayah. “Tugas mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Yuni disuruh membuat karangan tentang Aku Bangga Menjadi Anak Indonesia. Makanya Yuni mau bertanya pada ayah,” jawab Yuni. “Kamu mau menanyakan apa, nak?” tanya ayah. “Yah, mengapa Yuni harus bangga menjadi anak Indonesia?” tanya ayah. “Oh itu. Bukan hanya kamu yang harus bangga, ayah dan ibu pun harus bangga menjadi warga bangsa Indonesia. Rasa bangga sebagai bangsa Indonesia dapat mempertinggi harga diri bangsa. Harga diri bangsa akan rendah atau merosot jika warganya tidak mempunyai rasa bangga terhadap bangsanya sendiri,” jawab ayah.

“Selain itu, karena kita dilahirkan di Indonesia. Jadi sudah sepantasnya kita bangga sebagai bangsa Indonesia,” kata Ibu menambahkan. “Apa saja yang dapat kita banggakan dari bangsa Indonesia, Yah?” kata Yuni melanjutkan pertanyaannya. “Banyak. Bangsa Indonesia mempunyai kekayaan yang melimpah ruah, mempunyai ribuan pulau, terdiri dari berbagai suku bangsa dan budaya serta agama. Akan tetapi meskipun bangsa kita terdiri dari berbagai suku bangsa, budaya serta agama, bangsa kita tidak terpecah belah dan tetap bersatu sampai sekarang,” jelas Ayah. “Wah, keren banget dong bangsa kita, yah?” kata Yuni girang. “Tentu saja, makanya kita wajib mempunyai rasa bangga sebagai bangsa Indonesia,” jawab ayah. “Terus, perilaku apa yang harus Yuni tampilkan sebagai bukti Yuni bangga sebagai anak Indonesia?” tanya Yuni. “Banyak sekali, diantaranya adalah kamu harus belajar yang rajin, giat bekerja sesuai dengan kemampuan, mengembangkan bakat yang dimiliki dengan giat berlatih, mengikuti upacara bendera, menyukai barang-barang buatan Indonesia, menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, menghormati bendera Merah Putih dan lagu Indonesia Raya, menyukai lagu-lagu Indonesia, menyukai film-film Indonesia, memilih idola tokohtokoh Indonesia dan bangga akan jasa para pahlawan kusuma bangsa,” jelas ayah. “Wah lengkap sekali penjelasan ayah dan ibu. Penjelasan ini sangat berguna bagi Yuni. Yuni akan membuat karangan yang paling baik. Terima kayah ya, ayahku dan ibuku yang paling baik,” kata Yuni kegirangan. “Nah, begitu dong. Anak Indonesia itu harus semangat. Nanti Ayah dan Ibu boleh baca karangan kamu kan?” kata puji ayah sambil bertanya kepada Yuni. “Tentu saja boleh. Nanti kalau sudah selesai Yuni kasihkan kepada Ayah dan Ibu,” jawab Yuni. Yuni pun segera pergi menuju ke kamar untuk mulai membuat karangan tersebut. Yuni sangat senang membuat karangan tersebut, apalagi penjelasan dari ayah dan ibunya tadi begitu lengkap.

Adik-adik, itulah contoh Kunci Jawaban PKN Kelas 4 SD/ MI Tentang Sikap Menjaga Keutuhan Negara Unit 4 Negaraku Kurikulum Merdeka. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

Disclaimer: Kunci jawaban ini merupakan panduan bagi orang tua. Siswa bisa bereksplorasi dengan jawaban lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Kontenjempolan.id tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *