Kunci Jawaban PKN Kelas 4 SD/ MI Tentang Gotong Royong Unit 5 Pola Hidup Gotong Royong Kurikulum Merdeka

Kontenjempolan.id – Kunci Jawaban PKN Kelas 4 SD/ MI Tentang Gotong Royong Unit 5 Pola Hidup Gotong Royong Kurikulum Merdeka. Hai Adik-adik! Kali ini Kontenjempolan.id akan membahas Kunci Jawaban PKN Kelas 4 SD/ MI Tentang Gotong Royong Unit 5 Pola Hidup Gotong Royong Kurikulum Merdeka.

1. Apakah manfaat gotong royong?
Jawaban :

Dapat meringankan pekerjaan dan cepat selesai

2. Siapa saja yang dapat mengikuti gotong royong?
Jawaban :

Setiap orang sebagai warga dalam suatu lingkungan masyarakat

3. Sebutkan dua contoh hidup rukun, saling berbagi dan saling tolong di lingkungan masyarakat?
Jawaban :

a. kerja bakti membersihkan saluran air
b. membantu tetangga yang terkena musibah

4. Bagaimana keadaan masyarakat yang gemar bergotong royong?
Jawaban :

Hidup rukun dan kuat rasa persaudaraannya

5. Mengapa kita harus bergotong royong?
Jawaban :

Karena manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain

Bacaan Siswa

Tong Sampah Cantik Hasil Gotong Royong

Ada yang berbeda setelah senam pagi Minggu ini. Warga sudah berkumpul di lapangan desa dengan membawa peralatan dan perlengkapan kebersihan. Beberapa drum bekas yang kosong, potongan bilah bambu, karung plastik, dan ember bekas nampaktersusun di sudut kanan lapangan. Di sudut lain, terlihat tumpukan bekas kaleng, kuas, dan wadah cat serta beberapa barang dan alat yang lain. Kirakira, warga akan mengerjakan apa hari ini? Pak Made dan keluarganya harus melakukan ibadah pagi terlebih dahulu di Pura pada Minggu ini. Sementara itu, warga yang lain bekerja sejak pagi bergotong royong menyiapkan tempat sampah baru. Ujang, Siti, dan Edi membantu Pak Budi bersama beberapa warga lain menganyam bilah-bilah bambu menjadi keranjang sampah organik. Keranjang ini akan menjadi tempat sampah dari kebun, seperti daun-daun kering, batang, atau buah yang berjatuhan di bawah pohon.

Jaka memilih untuk memoleskan cat dasar putih pada ember dan drum bekas bersama warga yang lain. Ada juga yang membantu warga untuk menambal lubang-lubang di karung-karung plastik bekas, agar dapat digunakan kembali menjadi tempat sampah kering. Sekitar pukul 09.00, Pak Made, Dayu, dan keluarganya sudah kembali dari kegiatan ibadah. Tong-tong sampah baru sudah hampir selesai dan siap untuk dihias. Pak Made dan istrinya, serta Dayu berkeliling membuat pola hiasan untuk tong sampah baru. Lina ikut serta membantu Dayu. Setelah itu, warga bergotong royong mengecat dan mem-perindah hiasan tempat sampah. Sebelum matahari meninggi, sudah ada 15 tong sampah baru yang dihasilkan warga secara bergotong royong. Semua barang bekas seperti drum, ember, dan karung plastik, sudah berubah menjadi keranjang anyam dan tempat sampah yang cantik.

 

Adik-adik, itulah contoh Kunci Jawaban PKN Kelas 4 SD/ MI Tentang Gotong Royong Unit 5 Pola Hidup Gotong Royong Kurikulum Merdeka. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

Disclaimer: Kunci jawaban ini merupakan panduan bagi orang tua. Siswa bisa bereksplorasi dengan jawaban lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Kontenjempolan.id tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.***

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Kunci Jawaban PKN Kelas 4 SD/ MI Tentang Gotong Royong Unit 5 Pola Hidup Gotong Royong Kurikulum Merdeka yang dipublish pada 10/05/2022 di website Konten Jempolan

Artikel Terkait