Kunci Jawaban PKn Kelas 4 SD/MI Kegiatan Belajar 1 Unit 4 Negaraku Indonesia Kurikulum Merdeka

Kontenjempolan.id – Kunci Jawaban PKn Kelas 4 SD/MI Kegiatan Belajar 1 Unit 4 Negaraku Indonesia Kurikulum Merdeka. Hai Adik-adik! Kali ini Kontenjempolan.id akan membahas Kunci Jawaban PKn Kelas 4 SD/MI Kegiatan Belajar 1 Unit 4 Negaraku Indonesia Kurikulum Merdeka.

Unit 4 : Negaraku Indonesia

Kegiatan Belajar 1

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Pengetahuan dilakukan dalam bentuk tes tertulis/lisan dengan menjawab soal-soal sebagai berikut:

1. Jelaskan makna NKRI yang kalian ketahui?
Jawaban :

Negara Indonesia adalah negara kesatuan berbentuk republik yang wilayahnya merupakan kesatuan dari ribuan pulau yang terletak di antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia serta di antara Benua Asia dan Australia. Negara Indonesia merupakan negara kepulauan bercirikan nusantara.

2. Mengapa NKRI disebut negara kepulauan?
Jawaban :

Karena Negara Indonesia memiliki wilayah yang terdiri atas banyak pulau.

3. Tuliskan isi pasal 25 A UUD NRI 1945!
Jawaban :

Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara kepulauan yang berciri nusantara dengan wilayah yang batas-batas dan haknya ditetapkan undangundang.

4. Indonesia merupakan negara yang kaya. Wilayah Indonesia terkandung berbagai kekayaan alam, seperti aneka ragam bahan tambang (minyak bumi, batu bara, emas, timah, dan sebagainya), hutan hujan tropis yang luas serta berbagai kekayaan alam lainnya. Berkaitan dengan hal itu, menurut pendapat kalian apa yang seharusnya dilakukan oleh pemerintah dalam mengelola kekayaan tersebut?
Jawaban :

Jawaban peserta didik akan beragam tetapi setidaknya harus memuat pernyataan bahwa pengelolaan kekayaan alam harus ditujukan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.

Adik-adik, itulah contoh Kunci Jawaban PKn Kelas 4 SD/MI Kegiatan Belajar 1 Unit 4 Negaraku Indonesia Kurikulum Merdeka. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

Disclaimer: Kunci jawaban ini merupakan panduan bagi orang tua. Siswa bisa bereksplorasi dengan jawaban lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Kontenjempolan.id tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.***

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *