Kunci Jawaban Percobaan Aktivitas 6.4 halaman 173 Ukur Suhu di Sekitar Kita IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Percobaan Aktivitas 6.4 halaman 173 Ukur Suhu di Sekitar Kita IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Percobaan Aktivitas 6.4

Ukur Suhu di Sekitar Kita

Secara berkelompok, ambil sebuah termometer. Ukur suhu di lapangan terbuka saat siang hari setelah dua menit. Jika memiliki luxmeter maka ukurlah intensitas cahayanya. Pengukuran dilakukan tiga kali kemudian rataratakan. Masuklah ke dalam ruangan yang tertutup dan memiliki sumber cahaya Matahari terbatas. Ukur suhunya dan catat datanya. Jika memiliki luxmeter maka ukurlah intensitas cahayanya. Pengukuran dilakukan tiga kali kemudian rata-ratakan.

1. Buatlah grafik hubungan antara intensitas cahaya Matahari dengan suhu.

Jawaban:

Secara grafik, hubungan antara intensitas cahaya matahari denagn suhu adalah berbading lurus dan cenderung meningkat.

Cahaya matahari memiliki suhu yang sangat tinggi jika difokuskan seperti menggunakan kaca pembesar. Sehingga saat intensitas cahaya tinggi, maka suhu juga akan semakin tinggi.

Berikut grafik yang diperoleh:

2. Apakah terdapat hubungan antara intensitas cahaya Matahari dengan suhu lingkungan?

Jawaban:

Ada hubungan

Intensitas cahaya sangat berpengaruh terhadap suhu di lingkungan sekitar. Semakin tinggi intensitas suatu lingkungan terkena matahari maka semakin tinggi pula suku lingkungan tersebut.

Selain itu ketinggian tempat juga mempengaruhi suhu ruangan. Saat intensitas matahari tinggi, suhu lingkungan akan semakin tinggi.

3. Jelaskan interaksi antara komponen abiotik dengan abiotik lainnya yang terjadi di alam.

Jawaban:

Komponen Abiotik adalah komponen dalam lingkungan yang tidak memiliki nyawa atau bisa dibilang tidak bergerak.

Komponen abiotik memiliki ikatan yang sangat erat dengan komponen biotik namun interaksi antara abiotik lain di alam juga sering terjadi.

Misalnya adalah interaksi abiotik antara angin dan tanah. Angin mampu memberikan pengikisan yang cukup sehingga tanah bisa terkikis.

Begitu juga dengan air dan tanah. Air memiliki kemampuan untuk mengikis tanah sehingga mampu merubah gerakan aliran sungai.

Interaksi antar komponen ekosistem tidak hanya terjadi antara makhluk hidup saja. Interaksi dapat juga terjadi antara komponen abiotik dengan abiotik lainnya. Pada paparan sebelumnya telah dijelaskan interaksi antara komponen biotik dengan abiotik melalui siklus biogeokimia. Interaksi antara komponen biotik dengan biotik sudah dijelaskan melalui proses rantai makanan dan jaring-jaring makanan.

 

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *