Kunci Jawaban Pengayaan halaman 176 Daur biogeokimia IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Pengayaan halaman 176 Daur biogeokimia IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Pengayaan

Bacalah intisari artikel yang berjudul Daur Biogeokimia.

Daur biogeokimia adalah siklus senyawa yang berasal dari komponen abiotik ke komponen biotik dan kembali lagi ke komponen abiotik. Ada beberapa jenis daur biogeokimia yaitu daur karbon, daur nitrogen, daur air, daur posfor dan daur belerang. Setiap organisme memiliki peran yang berbeda dalam setiap daur tersebut.

Untuk membaca detail artikel ini silahkan Kalian mengakses link https://id.wikipedia.org/wiki/Daur_biogeokimia

Secara berkelompok, analisislah peranan produsen dan konsumen dalam setiap daur materi.

Jawaban:

1. Peranan Produsen dalam Kehidupan

Produsen atau dikenal dengan istilah autotrof adalah organisme hidup yang menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi. Produsen merupakan organisme fotosentetik dan jumlahnya sangat bervairasi dalam sebuah ekosistem.

Produsen mendukung kehidupan konsumen dan dekomposer. Contoh produsen dalam kehidupan adalah ekosistem hutan lebat yang biasanya terdiri dari berbagai macam pohon dan rerumputan.

Selain itu, pada sebuah ekosistem danau atau kolam, maka produsen berbentuk akar atau tumbuhan mengapung, serta tumbuhan mikroskopik (fitoplankton). Sementara itu, di dalam sebuah eksosistem laut, alga yang mengapung berfungsi sebagai produsen.

2. Peranan Konsumen dalam Kehidupan

Konsumen adalah organisme yang mengonsumsi organisme lainnya. Organisme ini dinamakan dengan heterotrof. Konsumen berperan memakan tumbuhan serta organisme lainnya.

Konsumen dibagi menjadi tiga tingkatan, yaitu konsumen primer, konsumen sekunder, dan konsumen tersier. Konsumen primer masuk ke dalam jenis hewan herbivora, seperti jerapah, domba, tikus, sapi, kambing yang hidup di padang rumput.

Tingkatan kedua terdapat konsumen sekunder yang organisme yang berperan sebagai pemakan organisme lain yang termasuk ke dalam hewan jenis karnivora. Beberapa contoh konsumen sekunder adalah ular, burung, dan lain-lain.

Selanjutnya, istilah konsumen tersier, yaitu konsumen yang berperan sebagai pemangsa dalam ekosistem (konsumen puncak). Contoh konsumen primer adalah buaya, harimau, elang, dan hewan buas lainnya.

3. Peranan Pengurai dalam Kehidupan

Pengurai atau dekomposer adalah organisme yang memakan sampah atau sisa-sisa zat dalam lingkungan tertentu. Pengurai merupakan mikrokonsumen yang dikenal dengan istilah organisme saprobic atau saprofit.

Organisme pengurai berperan dalam menguraikan makhluk yang sudah mati untuk dipecah menjadi substansi yang lain. Contoh pengurai dalam sebuah ekosistem adalah lumut dan jamur.

 

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *