Breaking News

Kunci Jawaban Pengayaan halaman 127 Masalah Sosial IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Pengayaan halaman 127 Masalah Sosial IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Pengayaan

Penyimpangan sosial biasanya juga disebut sebagai masalah sosial. Mengapa terjadi berbagai masalah sosial?

Jawaban:

Masalah Sosial

Masalah sosial terjadi dalam hubungan antarmanusia. Masalah ini berkaitan erat dengan nilai sosial serta lembaga kemasyarakatan.

Contoh masalah sosial yang sering ditemui di lingkungan sekitar adalah kemiskinan, kriminalitas, serta kesenjangan sosial ekonomi.

Dikutip dari buku Sosiologi Suatu Pengantar (2013) karya Soerjono Soekanto, masalah sosial adalah ketidaksesuaian antara berbagai unsur kebudayaan atau masyarakat, yang dapat membahayakan kehidupan kelompok sosial. Pada dasarnya, masalah sosial dapat timbul sebagai akibat dari perbedaan yang mencolok antara nilai di masyarakat serta realitas yang terjadi.

Menurut Sriyana dalam buku Masalah Sosial: Kemiskinan, Pemberdayaan, dan Kesejahteraan Sosial (2021), ada empat faktor penyebab masalah sosial, yakni ekonomi, budaya, biologis, serta psikologis.

Faktor Penyebab Masalah Sosial

1. Faktor ekonomi (economic factors)

Merupakan faktor penyebab terbesar terjadinya masalah sosial.

Permasalahan ini didorong oleh ketidakmampuan seseorang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya secara layak. Contoh masalah sosialnya ialah pengangguran, kriminalitas, kemiskinan, anak jalanan, dan sebagainya.

2. Faktor budaya (cultural factors)

Faktor penyebab masalah sosial ini dipicu oleh ketidaksesuaian pelaksanaan norma, nilai, serta kepentingan sosial, akibat adanya perubahan sosial dan kondisi masyarakat yang heterogen. Contoh masalah sosial yang muncul akibat faktor budaya adalah kenakalan remaja, konflik antarsuku, diskriminasi gender, pernikahan dini, dan pengakuan hak milik kebudayaan lintas negara.

Selain itu, ada pula budaya di masyarakat yang bisa menjadi penyebab masalah sosial. Misalnya budaya suka menerobos. Budaya ini memberi kebiasaan kepada masyarakat untuk tidak berperilaku disiplin dan taat aturan.

3. Faktor biologis (biological factors)

Timbul karena adanya ketidaksesuaian keadaan lingkungan yang berpotensi menimbulkan ketidakstabilan kondisi biologis masyarakat. Misalnya wabah penyakit menular, virus penyakit baru, kurang gizi, dan makanan beracun. Permasalahan sosial yang disebabkan faktor biologis, biasanya juga terjadi karena minimnya fasilitas kesehatan yang layak, dan kondisi ekonomi maupun pendidikan yang tidak mencukupi.

4. Faktor psikologis (psychological factors)

Berhubungan dengan masalah pola pikir suatu masyarakat atau pribadi tertentu, yang bersinggungan dengan tatanan kehidupan sosial yang ada. Misalnya aliran sesat, gangguan jiwa, depresi, bunuh diri, dan lainnya. Faktor penyebab masalah sosial ini tidak mudah ditangani. Karena umumnya berkaitan dengan keyakinan, sehingga membutuhkan penanganan berkelanjutan dengan pendekatan yang bijak.

 

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *