Kunci Jawaban Nilai Pendekatan dan Angka Signifikan Halaman 243 Bagaimana Menyelidiki Kecenderungan Data Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Nilai Pendekatan dan Angka Signifikan Halaman 243 Bagaimana Menyelidiki Kecenderungan Data Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Bagaimana Menyelidiki Kecenderungan Data

Nilai Pendekatan dan Angka Signifikan

Siswa dapat menyelidiki nilai-nilai pengukuran.

Nilai Pendekatan dan Galat

Q. Pada percobaan tangkap penggaris pada halaman 232 dan 233, data Yuni adalah 10,7 cm. Seberapa panjang “10,7 cm”?

Jawaban:

Karena skala penggaris minimum adalah mm, maka dapat kita katakan mewakili 10,65 cm atau lebih dan kurang dari 10,75 cm.

Ketika mengukur sesuatu seperti panjang atau berat, meskipun berbeda dengan nilai sebenarnya, kita dapat memperoleh nilai yang dekat dengan nilai sebenarnya. Nilai yang dekat dengan nilai sebenarnya disebut nilai pendekatan. Pembulatan bilangan yang telah kita pelajari di Sekolah Dasar juga merupakan nilai pendekatan. Sebagai contoh, nilai 3,14 yang kita gunakan sebagai rasio keliling juga merupakan nilai pendekatan dari rasio keliling π. Selisih yang diperoleh dengan mengurangkan nilai sebenarnya dari nilai pendekatan disebut galat.

(Galat) = (Nilai pendekatan) – (Nilai sebenarnya)

1. Ketika menggunakan pembulatan bilangan 300 untuk menyatakan banyaknya siswa SMP sebanyak 296 siswa, berapakah galatnya?

Jawaban:

Dari 300 – 296 = 4 , maka galatnya adalah 4 orang

Ketika mengukur suatu besaran dengan suatu instrumen atau alat, biasanya kita tidak dapat menemukan nilai sebenarnya, namun kita dapat menemukan rentang nilai sebenarnya. Contohnya, pengukuran 10,7 cm dapat kita pikirkan sebagai nilai pendekatan hasil pembulatan sampai dua desimal. Jadi, andaikan nilai sebenarnya adalah a cm, jangkauan dari a adalah

10,65 ≤ a < 10,75

2. Nilai-nilai pada (1) dan (2) berikut ini merupakan nilai pendekatan yang dibulatkan. Misalkan masing-masing nilai sebenarnya adalah a m, nyatakanlah jangkauan dari a menggunakan tanda pertidaksamaan. Berapakah nilai mutlak galat terbesar?

(1) 25,6 m

Jawaban:

25,55 ≤ a < 25,65

Nilai absolut galat adalah 0,05 m atau kurang

(2) 1,83 m

Jawaban:

1,825 ≤ a < 1,835

Nilai absolut dari galat adalah 0,005 m atau kurang

Angka Signifikan

Populasi Jawa Barat adalah 47.379.389 berdasarkan sensus tahun 2016. Dapat kita bulatkan menjadi nilai pendekatan 47.379.000. Angka 0 ribuan dan yang lebih kecil merupakan pembawa nilai. Adapun 4, 7, 3, 7, dan 9 di awal adalah angka-angka yang signifikan. Angka-angka tersebut dinamakan angka-angka signifikan.

3. Ketika mengukur menggunakan timbangan dengan kenaikan terkecil 10 gram, berat sebuah benda adalah 1.260 gram. Identifikasi angka-angka signifikan dalam pengukuran tersebut.

Jawaban:

Angka signifikan adalah 1, 2, 6

Karena skala minimum adalah 10 g, 1260 g adalah nilai terukur yang kita peroleh dengan membulatkan digit satuan, dan menunjukkan bahwa berat sebenarnya adalah 1255 g atau lebih dan kurang dari 1265 g.

Seringkali kita mendekati nilai pendekatan seperti “jarak bumi ke matahari adalah 149.600.000 km.” Dalam hal ini, sangat sulit untuk menyatakan berapa angka signifikannya. Oleh karena itu, untuk membuat angka signifikan jelas kita dapat menyatakan bilangan dalam bentuk baku menjadi

Sebagai contoh, nilai pendekatan 149.600.000 km yang merupakan jarak bumi ke matahari yang memiliki 5 angka signifikan 1, 4, 9, 6, 0 dapat kita nyatakan dalam bentuk baku sebagai “1,4960 × 10^8 km.”

Catatan Jika 0 adalah angka signifikan, meskipun merupakan desimal terakhir jangan kita hilangkan.

 

4. Nyatakanlah bilangan hasil pendekatan berikut dalam bentuk baku dengan memakai 2 angka signifikan.

(1) 250 g

jawaban:

2,5 × 102 g

(2) 6.000 km

Jawaban:

6,0 × 10³ km

(3) 0,80 m

Jawaban:

8,0 × 1/10 m

5. Diberikan nilai pendekatan 3,776 ×103 m. Dalam hal ini, berapakah nilai absolut galat terbesar?

Jawaban:

3,776 × 103 m = 3776 m

Saat ini, jika nilai sebenarnya adalah a m, jangkauan a adalah 3775,5 ≤ a <3776,5, oleh karena itu, nilai absolut galat adalah 0,5 m atau kurang.

 

Disclaimer:

Kunci jawaban pada unggahan kontenjempolan tidak mutlak kebenarannya dan unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

Demikian pembahasan Matematika Kelas 7 SMP halaman 243 Nilai Pendekatan dan Angka Signifikan, Bagaimana Menyelidiki Kecenderungan Data . Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Artikel Terkait