Kunci Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian halaman 213 dan 214 Urutkan Nama Planet IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian halaman 213 dan 214 Urutkan Nama Planet IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Mari Uji Kemampuan Kalian

1. Setelah menyelesaikan subbab tentang Sistem Tata Surya, kalian akan mengurutkan planet-planet berdasarkan aspek-aspek tertentu. Kalian dapat menggunakan data-data dari penjelasan sebelumnya atau mencari dari sumber-sumber lain yang bisa kalian temukan. Tuliskan sumber-sumber informasi itu, agar kalian dapat mengunjunginya kembali jika diperlukan.

a. Urutan Planet dari yang Paling Panas

Tabel 7.12 Urutan Planet dari yang Paling Panas


Jawaban:

Urutan Planet Terpanas Hingga Terdingin dalam Tata Surya

1) Venus

Suhu rata-rata planet venus mencapai 471 derajat celsius. Ini menjadikan planet yang dijuluki bintang fajar dan bintang senja ini sebagai planet terpanas dalam tata surya.

Ciri-ciri planet Venus adalah ia mempunyai jarak 108 Juta kilometer dari matahari. Waktu rotasinya adalah 243 hari dan waktu revolusinya 225 hari.

Planet ini juga memiliki diameter sekitar 12.104 kilometer.

2) Merkurius

Suhu planet Merkurius yang menghadap Matahari bisa mencapai 430 derajat celsius dan bagian yang membelakangi Matahari bersuhu 180 derajat celsius.

Ciri-ciri planet Merkurius adalah ia mempunyai jarak dengan Matahari sekitar 58 Juta kilometer. Waktu rotasinya adalah 59 hari dan waktu revolusinya 88 hari.

Planet yang paling dekat dengan Matahari ini berdiameter sekitar 4.879 kilometer

3) Bumi

Suhu rata-rata Bumi sebenarnya adalah 15 – 16 derajat celsius. Namun, di Bumi kita bisa merasakan suhu yang lebih tinggi dari itu.

Ciri-ciri planet Bumi adalah ia mempunyai jarak dengan Matahari sekitar 150 Juta kilometer. Waktu rotasinya adalah 24 jam dan waktu revolusinya 365 hari.

Bumi memiliki diameter 12.742 kilometer.

4) Mars

Rata-rasa suhu di Mars adalah -28 derajat celsius.

Ciri-ciri planet Mars adalah ia mempunyai jarak 218,54 Juta kilometer dari matahari. Waktu rotasinya adalah 25 jam dan waktu revolusinya 687 hari.

Planet mars memiliki diameter sekitar 6.779 kilometer.

5) Jupiter

Suhu rata-rata permukaan Jupiter adalah -108 derajat celsius.

Ciri-ciri planet Jupiter adalah ia mempunyai jarak dengan Matahari sekitar 776,43 Juta kilometer. Waktu rotasinya adalah 10 jam dan waktu revolusinya 11 tahun.

Diameter Jupiter adalah 139.820 kilometer.

6) Saturnus

Rata-rata suhu Saturnus adalah -138 derajat celsius.

Ciri-ciri planet Saturnus adalah ia mempunyai jarak 1,4 miliar kilometer dari matahari. Waktu rotasinya adalah 11 jam dan waktu revolusinya 29 tahun.

Planet Saturnus memiliki diameter sekitar 116.460 kilometer.

7) Uranus

Suhu rata-rata permukaan Uranus adalah -195 derajat celsius.

Ciri-ciri planet Uranus adalah ia mempunyai jarak dengan Matahari sekitar 2,9 miliar kilometer. Waktu rotasinya adalah 17 jam dan waktu revolusinya 84 tahun.

Diameter Uranus adalah 50.724 kilometer.

8) Neptunus

Rata-rata suhu Neptunus adalah -201 derajat celsius.

Ciri-ciri planet Neptunus adalah ia mempunyai jarak 4,4 miliar kilometer dari matahari. Waktu rotasinya adalah 16 jam dan waktu revolusinya 165 tahun.

Planet Neptunus memiliki diameter sekitar 49.224 kilometer.

b. Urutan Planet dari yang Paling Ringan Massanya

Jawaban:

Urutan Planet dari yang Paling Ringan Massanya

1) Saturnus (0,687 g/cm³)

Berada di urutan pertama planet dengan massa jenis teringan adalah Saturnus. Saturnus yang merupakan planet kedua terbesar ternyata memiliki massa jenis yang sangat ringan. Dilansir dari Earth How, hal tersebut karena Saturnus adalah raksasa gas yang sebagian besar terbentuk dari hidrogen cair dan gas helium. Adapun, hidrogen dan helium memiliki massa jenis paling rendah dalam tabel periodik. Saturnus memiliki massa jenis sebesar 0,687 gram per sentimeter kubik. Hal tersebut membuat planet Saturnus massa jenisnya lebih ringan daripada air.

2) Uranus (1,27 g/cm³)

Uranus memiliki massa jenis 1,27 g/cm³ yang menjadikannya planet teringan massa jenisnya atau planet paling tidak pada kedua di Tata Surya. Hal tersebut karena Uranus adalah raksasa es yang terbentuk dari cairan dan es (terbuat dari air, metana, dan amonia) dengan inti berbatu yang sangat kecil.

3) Jupiter (1,33 g/cm³)

Menduduki posisi ketiga planet dengan massa jenis teringan adalah Jupiter. Dilansir dari NASA Solar System Exploration, Jupiter dua kali lebih besar daripada semua planet lain di Tata Surya digabungkan menjadi satu. Namun, Jupiter adalah raksasa gas yang terbentuk dari hidrogen dan helium. Hal tersebut kembuat Saturnus menjadi salah satu planet paling tidak pada di Tata Surya.

4) Neptunus (1,64 g/cm³)

Hampir sama dengan Uranus, Neptunus adalah raksasa es yang terdiri dari cairan dan es dengan inti padat yang kecil. Hal tersebut membuat kerapatan atau massa jenis Neptunus kecil, yaitu sekitar 1,64 gram per sentimeter kubik.

5) Mars (3,93 g/cm³)

Tidak seperti raksasa gas (Saturnus dan Jupiter) atau raksasa es (Uranus dan Neptunus), Mars memiliki permukaan yang padat. Mars terbentuk dari material seperti besi, nikel, magmesium, kalsium, belerang, alumunium, dan kalium yang memiliki massa jenis tinggi. Hal tersebut membuat Mars memiliki massa jenis sebesar 3,93 gram per sentimeter kubik.

6) Venus (5,24 g/cm³)

Planet dengan massa jenis terberat ketiga adalah Venus. Venus memiliki massa jenis sebesar 5,24 gram per sentimeter kubuk. Hal tersebut karena Venus terbentuk dari material berbatu dan hanya sedikit gas.

7) Merkurius (5,43 g/cm³)

Merkurius memiliki massa jenis sedikit lebih berat daripada Venus, yaitu 5,43 gram per sentimeter kubik. Hal tersebut membuat merkurius menjadi planet terkecil namun juga terberat kedua berdasarkan massa jenisnya.

8) Bumi (5,51 g/cm³)

Planet terberat massa jenis adalah bumi. Bumi menjadi planet terpadat di Tata Surya karena bumi mengandung berbagai unsur berat dan juga memiliki gaya gravitasi yang kuat. Sehingga, walaupun bumi 11 kali lebih kecil ukurannya dari Jupiter, namun memiliki massa jenis empat kali lebih besar dari Jupiter.

c. Urutan Planet dari yang Paling Sedikit Satelitnya

Jawaban:

1) Venus: 0

2) Merkurius: 0

3) Bumi: 1 bulan (terkonfirmasi)

4) Mars: 2 bulan (terkonfirmasi)

5) Neptunus: 14 bulan (terkonfirmasi)

6) Uranus: 27 bulan (terkonfirmasi)

7) Jupiter: 79 bulan ( 53 terkonfirmasi, 26 sementara)

8) Saturnus: 82 bulan ( 53 terkonfirmasi, 29 sementara)

2. Pilihlah salah satu kategori benda langit yang sudah kalian pelajari. Buatlah infografik mengenai benda langit tersebut, lengkapi dengan informasi-informasi yang kalian dapatkan dari sumber lainnya.

 

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.