Kunci Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian halaman 137 Makhluk Hidup IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian halaman 137 Makhluk Hidup IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Mari Uji Kemampuan Kalian

1. Jelaskan karakteristik yang membedakan makhluk hidup dengan benda mati.

Jawaban:

Makhluk hidup memiliki ciri tertentu yang membedakannya dengan benda tak hidup. Adapun secara umum makhluk hidup memiliki ciri-ciri antara lain:

a. Bernapas

Bernapas atau respirasi yang merupakan proses mengambil oksigen dari lingkungan dan mengeluarkan gas karbon dioksida dari tubuh. Oksigen digunakan untuk mengubah zat makanan menjadi energi secara kimiawi. Energi yang dihasilkan digunakan untuk berbagai aktivitas tubuh.

b. Bergerak

Kita semua tahu bahwa manusia dan hewan dapat bergerak bebas atau berpindah tempat. Untuk bergerak, manusia dan hewan memerlukan sarana bantu untuk bergerak yang disebut alat gerak. Alat gerak yang digunakan manusia dan hewan berupa kaki yang digunakan untuk berlari, sirip untuk berenang, dan sayap untuk terbang.

c. Peka terhadap rangsangan

Dapat bereaksi terhadap perubahan yang terjadi di sekitarnya. Reaksi ini timbul jika ada rangsangan dari lingkungan. Rangsangan dapat berupa cahaya, panas, dingin, bau dari gas, sentuhan, gravitasi, rasa, dan lain-lain.

d. Memerlukan makanan

Makanan dan air merupakan kebutuhan bagi semua makhluk hidup. Makanan berfungsi untuk menghasilkan energi, pertumbuhan, dan mengganti sel tubuh yang rusak. Sedangkan, air berfungsi sebagai zat pelarut di dalam tubuh.

e. Tumbuh dan berkembang

Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan, mulai dari kecil hingga menjadi besar. Bayi yang kecil waktu baru lahir, akan tumbuh menjadi remaja, dan kemudian dewasa.

f. Bereproduksi

Semua yang masuk dalam kriteria makhluk hidup dapat berkembang biak. Tujuan dari berkembang biak adalah untuk melestarikan jenisnya. Seperti halnya induk kucing yang melahirkan anak kucing. Dari individu berkembang menjadi banyak individu. Itulah yang disebut berkembang biak (reproduksi).

g. Beradaptasi dengan tempat tinggalnya

Kemampuan beradaptasi membuat makhluk hidup dapat bertahan hidup di lingkungannya.

2. Jelaskan dua alasan yang menyatakan bahwa virus tidak termasuk ke dalam makhluk hidup.

Jawaban:

Dua alasan yang menyatakan bahwa virus tidak termasuk ke dalam makhluk hidup adalah:

a Virus tidak memiliki struktur sel sebagai mana makhluk hidup lainnya.

b Virus tidak dapat berkembang biak selain dengan menfinveksi sel inang.

3. Identifikasi benda-benda berikut apakah termasuk makhluk hidup atau benda mati dan berikan alasannya.

a. Padi

Jawaban:

Padi adalah makhluk hidup karena padi memiliki ciri-ciri makhluk hidup, yaitu tumbuh dan berkembangbiak, membutuhkan nutrisi, bernapas, serta melakukan metabolisme.

b. Burung

Jawaban:

Burung adalah makhluk hidup karena burung memiliki ciri-ciri makhluk hidup yaitu, bernapas, bergerak, tumbuh, berkembangbiak, membutuhkan nutrisi, peka terhadap rangsangan, serta melakukan metabolisme.

c. Pulpen

Jawaban:

Pulpen adalah benda mati, karena pulpen tidak memiliki ciri-ciri makhluk hidup.

d. Meja

Jawaban:

Meja adalah benda mati, karena meja tidak memiliki ciri-ciri kehidupan.

4. Beberapa mainan robotik menunjukkan seolah-olah mereka hidup. Misalnya, mereka menunjukkan kapan mereka membutuhkan ‘makan’.

a. Sebutkan ciri-ciri kehidupan yang mereka perlihatkan dan yang tidak mereka tunjukkan.

Jawaban:

Permainan robotik memiliki ciri kehidupan seperti membutuhkan makanan, namun yang tidak ditunjukkan oleh robotik yaitu ciri makhluk hidup yang membutuhkan oksigen untuk bernapas serta dapat tumbuh dan berkembang biak.

b. Apakah mainan tersebut termasuk makhluk hidup?

Jawaban:

Mainan robotik tidak termasuk pada makhluk hidup karena tidak memenuhi ciri-ciri dari makhluk hidup itu sendiri seperti membutuhkan oksigen untuk bernapas, dapat tumbuh dan berkembang biak, membutuhkan makanan dan bergerak serta dapat beradaptasi pada lingkungan.

 

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka mata pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *