Kunci Jawaban Mari Mencoba halaman 106 Percobaan Energi Potensial Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Mari Mencoba halaman 106 Percobaan Energi Potensial Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka.

Mari Mencoba

Yuk, kita lakukan beberapa percobaan untuk lebih memahami apa itu energi potensial. Perhatikan instruksinya terlebih dahulu sebelum memulai.

Energi Potensial pada Lilin

Alat dan bahan

1. Lilin 1 batang.

2. Korek api.

3. Wadah untuk menyimpan lilin.

Keamanan

Harap berhati-hati saat melakukan percobaan dengan api. Selalu fokus dan ikuti instruksi. Minta bantuan guru kalian jika merasa kesulitan.

Langkah Percobaan

1. Nyalakan lilin dengan korek api dan simpan pada wadah lilin.

2. Setelah melakukan percobaan jawablah pertanyaan berikut pada buku tugas.

a. Energi apa yang tersimpan oleh batang lilin dan korek api?

Jawaban:

Energi potensial/kimia

b. Jika keduanya dalam keadaan mati, apakah kalian melihat energi dari benda ini?

Jawaban:

Tidak bisa

c. Energi apa yang terbentuk saat korek api dan lilin dinyalakan?

Jawaban:

Energi panas dan cahaya

d. Transformasi energi apa yang terjadi pada kegiatan ini?

Jawaban:

Energi potensial/kimia menjadi energi panas dan energi cahaya.

3. Matikan lilin dan catat hasil diskusi pada buku tugas

 

Lakukan Bersama

Mari kita mencoba membuat pendulum sederhana. Kalian akan melihat bagaimana ketinggian sebuah benda dan gaya gravitasi bisa menjadi sebuah energi potensial. Kalian juga akan mengamati bagaimana energi bisa ditransfer ke benda lainnya.

Alat dan bahan

1. Tongkat (batang kayu, tongkat sapu, tongkat bambu, dan sebagainya).

2. Kertas bekas 3 lembar.

3. Batu 3 buah.

4. Tali rafia.

Langkah Percobaan

1. Buatlah bola kertas dan gunakan batu di dalamnya sebagai pemberat. Buat sampai 3 bola.

2. Lilit dan ikat bola dengan tali rafia. Sisakan ujung tali dengan panjang kurang lebih 50-75 cm.

3. Gantung ujung tali pada tongkat dan ikat dengan kuat. Pastikan bahwa panjang tali pada setiap bola yang digantung sama.

4. Posisikan agar jarak bola tidak menempel namun tidak terlalu jauh.

5. Cari tempat untuk menyimpan tongkat. Manfaatkan kursi atau meja yang ada.

6. Pegang bola di posisi ujung seperti pada gambar. Lepaskan bola dan arahkan ke bola yang diam.

7. Cobalah beberapa ketinggian dan amati apa perbedaannya.

8. Diskusikan pertanyaan berikut dengan teman kelompok.

a. Apa bentuk energi potensial pada percobaan ini? (Bacalah teks “Energi Potensial” sebagai petunjuk)

Jawaban:

Energi gravitasi.

b. Transformasi energi apa yang kalian lihat?

Jawaban:

Energi gravitasi/potensial menjadi energi gerak.

c. Apa yang membuat bola menjadi bergerak?

Jawaban:

Gaya gravitasi dan tempat yang tinggi.

d. Apa yang memengaruhi kecepatan gerak bola?

Jawaban:

Tinggi benda

e. Apa yang terjadi pada bola yang lain saat bertabrakan dengan bola yang bergerak?

Jawaban:

Ikut bergerak karena energi kinetik dari satu benda bisa dipindahkan ke satu benda yang lain.

9. Catat hasil diskusi pada buku tugas.

Mari Refleksikan

1. Apa yang dimaksud dengan energi potensial?

Jawaban:

Energi yang tersimpan pada suatu benda.

2. Energi apa saja yang termasuk ke dalam energi potensial?

Jawaban:

Energi kimia, energi pegas, dan energi gravitasi.

3. Benda-benda apa sajakah yang memiliki energi potensial di sekitar kalian?

Jawaban:

Ayunan, Pendulum, Bola bergulir menuruni lereng, Trampolin, Busur, Makanan yang kita makan, Baterai mainan

4. Perubahan energi apa saja yang dapat terjadi pada energi potensial?

Jawaban:

Perubahan energi yang terjadi pada energi potensial:

Perubahan energi potensial/gravitasi menjadi energi gerak dan energi bunyi misalnya piring yang jatuh ke lantai keramik.

Energi potensial/kimia menjadi energi panas dan cahaya saat menyalakan lilin.

Energi potensial/gravitasi pada air dalam bendungan menjadi energi gerak(turbin) dan energi listrik pada PLTA.

Energi potensial/pegas pada trampolin menjadi energi gerak pada anak yang bermain trampolin.

 

 

Disclaimer: Jawaban bersifat tidak mutlak dan terbuka sehingga dapat dikembangkan kembali untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik.

Demikian pembahasan Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial kelas 4 SD halaman 106 Mari Mencoba, Percobaan Energi Potensial. Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Artikel Terkait