Kunci Jawaban Mari Kita Periksa halaman 162 Garis Sejajar dan Luas Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka
kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Mari Kita Periksa halaman 162 Garis Sejajar dan Luas Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka.
Hallo Adik-adik, kontenjempolan.id kali ini akan membahas materi Matematika SMP Kelas 8 halaman 162. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 5 Segitiga dan Segi Empat.
Garis Sejajar dan Luas
Q. Jika ℓ // m pada gambar di kanan, dan dengan memindahkan titik A dari ∆ABC searah tanda panah pada garis ℓ, maka apa yang tidak berubah meskipun bentuk segitiganya berubah?
Jawaban:
Tinggi dan luas dengan ruas garis BC sebagai alasnya.
Untuk ∆ABC, ∆A’BC, dan ∆A”BC pada gambar di atas, alas BC merupakan alas persekutuan dan tingginya sama dengan jarak antara garis sejajar ℓ dan m. Dengan demikian, luas dari ketiga segitiga ini sama besar.
Soal 1
Jika kita misalkan O adalah titik potong antara kedua diagonal dari trapesium ABCD, dengan AD//BC, maka jawablah pertanyaan berikut.
(1) Tentukan segitiga-segitiga mana saja yang berturut-turut memiliki luas yang sama dengan ∆ABC dan ∆ABD.
Jawaban:
Untuk BC dan AD // BC, maka luas ΔABC = luas ΔDBC
Untuk AD dan AD // BC, maka luas ΔABD = luas ΔACD
(2) Buktikan bahwa luas ∆ABO = luas ∆DCO.
Jawaban:
Luas ΔABO = luas ΔABC – luas ΔOBC ①
Luas ΔDCO = luas ΔDBC – luas ΔOBC ②
Dari ⑴, luas ΔABC = luas ΔDBC ③
Dari ①, ②, ③, maka luas ΔABO = luas ΔDCO
Contoh 1
Buatlah sebuah segitiga yang memiliki luas yang sama dengan segi empat ABCD pada gambar di sebelah kanan.
Cara
Pandang AC sebagai alas ∆DAC, dan pindahkan titik D tanpa mengubah luas. Bila tiga titik B, C, dan D terletak pada satu garis, maka segi empat ABCD menjadi sebuah segitiga.
Proses
(1) Buat diagonal AC.
(2) Buat garis yang melalui D dan sejajar AC. Misalkan D’ titik potong dengan perpanjangan BC.
(3) Hubungkan titik A dan D’.
Soal 2
Pada Contoh 1 , buktikan bahwa luas segi empat ABCD = luas segi empat ∆ABD’.
Jawaban:
Luas persegi panjang ABCD = luas ΔABC + luas ΔDAC
Luas ΔABD’ = luas ΔABC + luas ΔD’ AC
Karena ΔDAC dan ΔD’AC memiliki sisi AC yang sama dan merupakan AC // DD’, maka luas ΔDAC = luas ΔD’AC
Oleh karena itu, luas segi empat ABCD = luas segi empat ABCD’.
Soal 3
Pada Contoh 1 , buat diagonal BD, dan buat suatu segitiga yang memiliki luas yang sama dengan segi empat ABCD.
Jawaban:
Soal 4
Seperti ditunjukkan pada gambar di sebelah kanan, suatu tanah dibagi ke dalam dua bagian a dan b dengan garis PQR sebagai batasnya. Tanpa mengubah luas tanah, buat garis yang melalui P untuk membuat batas lainnya.
Jawaban
(1) Hubungkan titik P dan titik R.
(2) Gambarkan garis yang melewati titik Q dan sejajar dengan PR, dan anggap Q’ adalah perpotongan dengan sisi bawah.
(3) Batas lainnya adalah garis yang diperoleh dengan ‘menghubungkan P dan Q’.
Mari Kita Periksa
1. Garis Sejajar dan Luas
Pada gambar di kanan, jika AD//BC dan BM = CM, tentukan segitiga-segitiga yang memiliki luas yang sama dengan ∆ABM.
Jawaban:
Luas ΔABM = luas ΔDBM
(BM-nya sama, maka AD // BM)
Luas ΔABM = luas ΔDMC = luas ΔAMC
(Alasnya sama, yaitu BM = CM, tingginya sama, dan AD // BC) maka jawabannya adalah luas ΔDBM, luas ΔDMC, luas ΔAMC
Disclaimer:
Kunci Jawaban pada unggahan kontenjempolan tidak mutlak kebenarannya dan unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
Demikian pembahasan Matematika Kelas 8 Mari Kita Periksa halaman 162 Garis Sejajar dan Luas. Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat mengakses melalui kontenjempolan.id.