Kunci Jawaban Mari Kita Periksa dan Cermati halaman 90 Fungsi Linear Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Mari Kita Periksa dan Cermati halaman 90 Fungsi Linear Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka.

Hallo Adik-adik, kontenjempolan.id kali ini akan membahas materi Matematika SMP Kelas 8 halaman 90. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 3 Fungsi Linear.

Mari Kita Periksa

1. Penerapan Fungsi Linear

Ketika persiapan mandi, kita misalkan suhu air y°C setelah air dipanaskan selama x menit. Setelah menyelidiki hubungan antara x dan y, kita peroleh tabel di bawah. Jawablah pertanyaan berikut.

(1) Berdasarkan tabel, gambarkan pasangan titik-titik koordinat x dan y pada bidang koordinat Cartesius di sebelah kanan.

Jawaban:

(2) Mengingat y adalah fungsi linear dalam x dan grafiknya melalui dua titik (0 , 25,1), (25 , 37,6), carilah persamaan garisnya.

Jawaban:

Grafik melewati titik (0, 25,1), maka intersep yadalah 25,1. Jika kemiringannya dimisalkan a, maka persamaan garisnya adalah y = ax + 25,1.

Garis ini melewati (25, 37,6). Dengan substitusi

x = 25 dan y = 37,6, maka diperoleh

37,6 = 25a + 25,1

a = 0,5

Jadi, persamaan garis yang dicari adalah

y = 0,5a + 25,1

(3) Tentukan setelah berapa menit suhu air mencapai 42°C.

Jawaban:

Jika y = 42 disubstitusi ke persamaan garis tersebut, maka diperoleh

42 = 0,5x + 25,1
x = 33,8

Jadi, suhu air mencapai 42oC setelah 33,8 menit.

2. Penerapan Grafik

Yudi pergi ke perpustakaan yang jaraknya 1.200 m dari rumahnya. Di sana ia meminjam buku, dan kemudian pulang kembali melewati jalan yang sama. Gambar berikut menyajikan hubungan antara waktu sejak Yudi pergi dan jaraknya dari rumah. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

(1) Berapa lama Yudi berada di perpustakaan?

Jawaban:

Lamanya 25 menit

(2) Carilah kecepatan Yudi baik ketika pergi maupun ketika pulangnya.

Jawaban:

Keberangkatan 1.200 : 15 = 80 (m/menit)

Kepulangan 1.200 : 20 = 60 (m/menit)

Cermati

Diagram Perencanaan Pelayanan Kereta Api

Grafik yang menyajikan secara jelas tentang pelayanan kereta api dalam sekejap mata dinamakan diagram. Kita dapat mengetahui tidak hanya waktu keberangkatan dan kedatangan kereta api, tetapi juga waktu dan tempat saat kereta api bertemu satu sama lain atau saat kereta api tertentu melewati kereta api lain dari diagram.

Pikirkan pertanyaan 1 sampai 4 di bawah ini dengan mengacu diagram berikut.

(1) Carilah kecepatan dari kereta api 3 .

Jawaban:

Dari 360 : 1,5 = 240, maka jawabannya 240 km/jam.

(2) Kapankah kereta api 3 melewati stasiun D?

Jawaban:

Pukul 07.50

(3) Kapan dan di mana kereta api 2 melewati kereta api 4 ?

Jawaban:

Di stasiun F pukul 07.15

(4) Kapan dan di mana kereta api 1 dan kereta api 2 berpapasan?

Jawaban:

Di stasiun C pukul 07.55

Apa lagi yang dapat kamu ketahui dari diagram di atas?

Contoh:

a. Kecepatan kereta ① adalah 216 km/jam.

b. Kereta ① bertemu kereta ③ dan ④ di antara stasiun C dan D.

c. Kereta ③ akan menyusul kereta ④ di stasiun E sekitar jam 07.43.

d. Kereta ④ berhenti di setiap stasiun, setidaknya selama 5 menit.

Penjelasan dan Hal yang Perlu Diperhatikan

1. Diagram

Diagram mengacu pada ilustrasi jadwal operasi untuk transportasi kereta api. Tidak hanya untuk jadwal kereta api, alat transportasi lainnya juga dapat dibuatkan jadwalnya.

Diagram yang ditunjukkan di Buku Siswa adalah fiktif (tidak nyata). Akan tetapi, dapat diilustrasikan, misalnya jadwal kereta api dari stasiun di Surabaya ke Jakarta yang melewati Yogyakarta, Bandung, dan kota-kota lainnya.

2. Penggunaan 1

Peserta didik diharapkan memahami bahwa kecepatan merupakan tingkat perubahan, yaitu merupakan kemiringan grafik.

Karena ③ adalah garis dari titik awal ke titik akhir, maka dapat dikatakan bahwa kereta api bergerak sejauh 360 km dalam waktu 1 jam 30 menit, sehingga kecepatannya dapat dicari.

3. Penggunaan 2 , 3 , 4

Peserta didik diminta membaca grafik seperti berikut.

a. Grafik ① bergerak turun ke kanan dan berlawanan arah dengan kereta api lainnya.

b. Perpotongan grafik menunjukkan bertemunya dua kereta api.

c. Pada grafik ④, bagian yang sejajar dengan sumbu horizontal menunjukkan kereta api berhenti di stasiun selama beberapa saat.

 

Disclaimer:

Kunci jawaban pada unggahan kontenjempolan tidak mutlak kebenarannya dan unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

Demikian pembahasan Matematika Kelas 8 Mari Kita Periksa halaman 90 Fungsi Linear. Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat mengakses melalui kontenjempolan.id.

admin

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Kunci Jawaban Mari Kita Periksa dan Cermati halaman 90 Fungsi Linear Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka yang dipublish pada 05/16/2023 di website Konten Jempolan

Artikel Terkait