Kunci Jawaban Manfaat yang di dapat dari Kisah halaman 14 dan 15 “Wabah Tifus di Cirebon pada Masa Hindia Belanda” Sejarah SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Manfaat yang di dapat dari Kisah “Wabah Tifus di Cirebon pada Masa Hindia Belanda” Sejarah SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka. Kali ini kami akan memberikan jawaban serta penjelasan Manfaat yang dapat di ambil dari kisah bacaan dibawah ini.

Wabah Tifus di Cirebon pada Masa Hindia Belanda

Pada tahun 1911 hingga 1940 telah terjadi wabah penyakit tifus di Cirebon. Beberapa kajian dilakukan oleh dokter di Rumah Sakit Hindia Belanda untuk menemukan penyebab dari wabah. Hasil penelitian dari Dokter Grijn menyatakan wabah tifus terjadi karena faktor lingkungan yang tidak higienis sebagai akibat dari pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh Pemerintah Hindia Belanda. Air bersih yang bersumber dari Gunung Ciremai telah tercemar akibat pembangunan. Wabah semakin meluas juga dipengaruhi oleh jumlah penduduk yang semakin banyak serta terbatasnya akses penduduk pribumi untuk mendapatkan air bersih dan pelayanan kesehatan. Banyak korban jiwa berjatuhan dari peristiwa wabah tersebut.

Sosialisasi mengenai hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan menjadi salah satu program pemerintah Hindia Belanda kala itu untuk menekan agar wabah tidak semakin meluas. Beberapa catatan tentang ketidakadilan terjadi terkait penanganan wabah. Diantaranya, akses yang terbatas bagi penduduk pribumi untuk mendapatkan layanan kesehatan dan tingkat kesejahteraan yang rendah. Hal ini terjadi karena pemerintah Hindia Belanda mengabaikan kesejahteraan penduduk demi menguntungkan perusahaan asing (Eropa) kala itu.

Referensi: Emalia, Imas. (2020), “Wabah Tifus di Cirebon Masa
Hindia Belanda: Kebijakan Pemerintah dan Solusi Sehat Masyarakat”.
Jurnal Sejarah. Vol. 3(1), 2020: 111–115

Dari Kisah 1 tentang wabah tersebut, analisislah manfaat apa yang dapat kalian dapatkan?

Jawaban:

Manfaat yang didapat dari kisah wabah tifus yang terjadi di cirebon pada masa hindia belanda ialah sebagai berikut :

a. dilakukannya penelitian mengenai penyebab penyakit tersebut
b. Mengajarkan kita untuk berperilaku hidup sehat
c. Tidak membuang sampah sembarang di lingkungan sekitar
e. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat
f. Penyakit tersebut bisa menyerang siapa saja jika kita tidak peduli terhadap kesehatan
g. Perlunya penanganan serius terhadap suatu wabah penyakit

Penjelasan:

Pada masa hindia belanda terjadi penyebaran wabah tifus di wilayah cirebon yang banyak menimbulkan korban jiwa kala itu, wabah tifus menyerang penduduk kota mulai dari penduduk asing hingga penduduk lokal hal ini lah yang membuat pemerintah hindia belanda khawatir dan mulai melakukan penanganan serta penelitian penyebab penyakit tersebut terjadi di pada penduduk cirebon.

Setelah penelitian penyebab terjadinya wabah tersebut dilakukan akhirnya ditemukan beberapa faktor yang menyebabkan wabah tifus terjadi seperti :

a. Lingkungan tempat tinggal masyarakat yang kotor
b. Sampah yang dibuang sembarangan sehingga adanya sarang penyakit
c. Pola hidup yang tidak sehat
d. Meningkatnya urbanisasi penduduk yang dapat membawa penyakit ke daerah tersebut
e. Mengkonsumsi air mentah yang berpeluang adanya kuman dan penyakitan

Baca Juga Kunci Jawaban Manfaat yang di dapat dari Kisah 2 halaman 15 “Gambaran Distribusi Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas” Sejarah SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Demikian pembahasan dari kami, semoga bermanfaat. Untuk mendapat pembahasan materi lain langsung saja ketik atau klik kontenjempolan.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.