Kunci Jawaban Makna dan Simbol Lambang Burung Garuda SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka Unit 1 Pancasila Sebagai Nilai Kehidupan

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Makna dan Simbol Lambang Burung Garuda SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka Unit 1 Pancasila Sebagai Nilai Kehidupan.

Perhatikanlah gambar berikut, lalu jelaskan makna pada simbol dan sampaikan di depan kelas!

jawaban :

Simbol dan Arti makna Simbol

Pancasila yang dilambangkan Burung Garuda dengan lima perisai memiliki makna sebagai berikut:

A. Burung Garuda Melambangkan kekuatan dan gerak dinamis

Dapat dilihat dari sayapnya yang mengembang dan siap terbang ke angkasa. Hal itu melambangkan dinamika dan semangat untuk menjunjung tinggi nama baik bangsa dan negara Indonesia.

B. Cengkeraman Kaki Burung Garuda Dua kaki

Burung Garuda kokoh mencengkeram pita putih bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika. Seloka atau peribahasa yang berasal dari buku Sutasoma karangan Empu Tantular ini memiliki arti berbeda-beda tapi satu jua. Slogan ini menjadi kekuatan bangsa Indonesia yang terdiri dari beragam suku, agama, budaya, dan lain sebagainya.

C. Warna Emas Garuda Pancasila memiliki warna dominan kuning emas yang melambangkan keagungan.

Ini menunjukkan bahwa Indonesia selalu menjunjung tinggi martabat bangsa yang bersifat agung dan luhur.

D. Jumlah Bulu Garuda Pancasila memiliki bulu dengan jumlah yang merepresentasikan kemerdekaan Indonesia.

Sebanyak 17 helai bulu sayap kanan dan kiri menandai tanggal kemerdekaan. Kemudian terdapat 19 helai bulu pangkal ekor dan 45 helai bulu leher yang menunjukan tahun kemerdekaan. Sementara 8 helai bulu ekor mewakili bulan kemerdekaan.

E. Perisai

Perisai adalah lambang perjuangan dan perlindungan karena sering dibawa oleh prajurit ke medan perang untuk melindungi diri dari serangan musuh. Garis melintang yang membagi perisai melambangkan garis khatulistiwa yang membelah Kepulauan Indonesia.

Lima simbol gambar pada dada Lambang Burung Garuda

1. Simbol bintang

Sila pertama yang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa dilambangkan dalam bentuk bintang. Simbol bintang menggambarkan sebuah cahaya Tuhan yang diberikan kepada seluruh umat manusia. Simbol bintang berwarna kuning ini memiliki lima sudut dengan latar belakang warna hitam pada bagian tengah perisai yang memiliki makna sebagai bangsa yang religius, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

2. Simbol Rantai

Rantai dengan latar belakang warna merah menjadi simbol sila kedua Pancasila, yaitu Kemanusiaan yang adil dan beradab. Rantai tersebut berjumlah 17 dengan mata rantai yang berbentuk segi empat dan lingkaran yang sambung menyambung tidak terputus. Simbol ini melambangkan generasi penerus yang turun temurun memiliki keterkaitan, saling membutuhkan, dan membantu satu sama lain.

3.Simbol pohon beringin

Selanjutnya ada simbol pohon beringin yang terletak pada bagian atas sebelah kiri gambar bintang yang dijadikan sebagai dasar Persatuan Indonesia. Pohon beringin yang melambangkan tempat berteduh atau berlindung ini dijadikan sebagai lambang sila ketiga Pancasila.

4.Simbol kepala banteng

Simbol kepala bintang terletak pada bagian atas gambar bintang. Gambar kepala banteng dijadikan sebagai dasar Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan. Kepala banteng memiliki makna sebagai tenaga rakyat yang dijadikan sebagai lambang sila keempat dalam Pancasila.

5.Simbol padi dan kapas

Kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Indonesia dilambangkan melalui simbol padi dan kapas. Simbol padi dan kapas dijadikan sebagai dasar Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Simbol padi dan kapas terletak pada sebelah kanan bawah gambar dan dijadikan sebagai tambang sila kelima dalam Pancasila.

 

SEMOGA BERMANFAAT

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.